Ternyata Gandum dapat Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Kesehatan

Ternyata Gandum dapat Tingkatkan Kekebalan Tubuh!

Gandum dikenal sebagai salah satu makanan sehat dan cukup dianjurkan untuk dikonsumsi rutin setiap harinya. Adapun alasan mengapa gandum menjadi bahan makanan sehat adalah karena kandungannya yang kaya akan unsur katalitik.

Adapun kandungan baik yang terdapat di dalam gandum antara lain seperti mineral, kalsium, magnesium, garam, potasium, belerang, klor arsenic magnan, seng, iodide, tembaga, vitamin B hingga vitamin E. Selain itu, gandum juga memiliki jenis karbohidrat yang tinggi akan serat sehingga bermanfaat untuk menyehatkan metabolisme pencernaan.

[Baca Juga: Pilihan Jenis Karbohidrat Sehat Selain Nasi yang Wajib Anda Tahu]

1) Mencegah Masalah Batu Empedu

Salah satu manfaat gandum bagi tubuh adalah dapat mencegah terjadinya batu empedu. Melansir dari healthline.com, survei American Journal Gastroenterology memaparkan bahwa roti gandum dan sereal gandum mampu membantu mencegah terjadinya batu empedu, khususnya pada perempuan. Kandungan gandum yang kaya dengan serat larut dianggap mampu menurunkan sekresi asam empedu. Asam empedu yang berlebih merupakan faktor utama terjadinya batu empedu.

Ternyata Gandum dapat Tingkatkan Kekebalan Tubuh

2) Mengurangi Peradangan Kronis

Selain dapat menghindari masalah batu empedu, mengkonsumsi gandum juga dapat membantu mencegah peradangan kronis. Biasanya, peradangan kronis menjadi penyebab utama dari sebagian besar jenis masalah sakit rematik. Kandungan Betaine pada gandum mampu mempengaruhi sejumlah aspek dalam kimia tubuh dan menurunkan resiko peradangan kronis.

Dengan demikian, mengkonsumsi gandum dalam jumlah yang cukup dianggap dapat mengurangi gejala peradangan kronis yang dapat menyebabkan masalah rematik, Osteoporosis, Alzheimer, Diabetes tipe-2 hingga penyakit jantung.

5 Produk Ini Bisa Cegah Stunting dan Anemia Jika Dikonsumsi I-Fit Serealikan

3) Mencegah Asma Pada Anak-Anak

Melansir dari hasph.havard.edu tentang studi The American Lung Association, sekitar 20 juta orang Amerika mengalami masalah asma. Selain itu, studi ini juga menjelaskan solusi penanggulangan asma sejak dini dengan mengkonsumsi biji-bijian dan ikan secara rutin.

Maka dari itu, program diet berbasis gandum efektif untuk menurunkan kemungkinan terkena asma hingga 50%, sedangkan untuk program diet khusus gandum, biji-bijian dan ikan menunjukan 66% kemungkinan penyakit asma berkurang.

Ternyata Gandum dapat Tingkatkan Kekebalan Tubuh

4) Menjadi Antibiotik Alami

Salah satu yang menarik dari manfaat gandum adalah cara kerja kandungannya yang mampu membunuh atau memperlambat pertumbuhan infeksi tertentu. Berdasarkan penyataan dari medicalnewstoday.com, efek dari kandungan gandum dapat membantu mengobati infeksi yang resisten terhadap orang yang alergi dengan antibiotik tertentu.

Kandungan gandum yang bersifat antimikroba dapat melawan beberapa jenis infeksi Streptokus dan Lactobaccillus. Biasanya, bakteri Lactobacillus berperan dalam banyak infeksi, salah satunya adalah infeksi gigi. Dengan kata lain, gandum memiliki manfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

[Baca Juga: Diet Rendah Karbohidrat, Amankah?]

Dengan empat manfaat di atas, apakah Pointers tertarik untuk mengkonsumsi gandung secara rutin? Pastikan jika Anda ingin merasakan manfaatnya, konsumsilah gandum secara rutin.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.