Ternyata Gen Bisa Menentukan Tingkat Risiko Keparahan COVID-19

Kesehatan

Ternyata Gen Bisa Menentukan Tingkat Risiko Keparahan COVID-19

Para ilmuwan dan dokter di dunia sedang memahami Virus Corona yang aktif di dalam tubuh seseorang. Dalam studi baru American Society for Microbiology menunjukkan, variasi genetik dalam sistem kekebalan manusia memainkan peran besar.

Pada dasarnya, penelitian ini menemukan bahwa beberapa sistem kekebalan kurang mampu mengenali infeksi. Berkurangnya kemampuan untuk mengenali Virus Corona ini dapat membuat seseorang lebih rentan terhadap gejala-gejala yang berkembang secara umum, serta lebih mungkin mengalami gejala-gejala parah yang memerlukan rawat inap.

Penelitian ini fokus pada gen sistem kekebalan yang dikenal sebagai gen antigen leukosit manusia. Gen-gen ini sangat terlibat dalam kemampuan sistem kekebalan untuk mengenali patogen, tetapi mereka datang dalam berbagai bentuk dan bervariasi dari orang ke orang.

[Baca Juga: Test Kit qPCR COVID-19 Buatan Anak Negeri Masuk Tahap Produksi Massal]

Melansir laman Bloomberg.com (21/04/2020), Kepala deCODE Genetics, anak perusahaan dari Amgen Inc., Kári Stefánsson dari Islandia telah melakukan beberapa studi virus paling luas hingga saat ini. Ia menjelaskan, gen seseorang berperan penting dalam meresepon COVID-19.

Beberapa tipe gen membuat orang lebih rentan terhadap penyakit yang lebih parah, sedangkan beberapa gen orang lainnya dapat memberikan perlawanan terhadap Virus Corona.

Varian genetik tertentu, terutama pada gen yang memengaruhi sistem kekebalan, tampaknya membuat orang rentan terhadap sejumlah penyakit menular lainnya. Satu studi 2017 mengamati 23 infeksi umum termasuk cacar air, herpes zoster dan luka dingin dan menemukan gen yang tampaknya terkait dengan banyak dari mereka.

Ternyata Gen Bisa Menentukan Tingkat Risiko Keparahan COVID-19

Stefánsson dan ilmuwan lain menduga variasi genetik manusia mungkin memainkan peran yang sama pada orang yang menderita COVID-19. Ada beberapa indikasi awal mengenai hal ini. Reseptor yang digunakannya untuk menembus sel inang, yang disebut ACE2, dapat hadir dalam jumlah yang berbeda-beda pada orang yang berbeda berdasarkan genetika mereka dan pada faktor lingkungan, seperti obat apa yang mereka gunakan.

Sementara itu, Tim peneliti dari Oregon Health & Science University dan Portland VA Research Foundation percaya, variasi gen Human Leukocyle Antigen (HLA) dapat membuat orang tertentu lebih rentan terhadap virus corona.

Studi mereka menunjukkan, beberapa variasi gen sistem kekebalan yang terkait dengan HLA kemungkinan mempengaruhi kemampuan seseorang untuk merespons infeksi COVID-19.

[Baca Juga: BPPT Kembangkan Alat Test Kit dan Portable Ventilator]

Penulis penelitian juga percaya bahwa pasien Virus Corona dapat melakukan tes gen HLA mereka dengan cukup mudah. Ini bisa menjadi cara yang bagus untuk memprediksi pasien mana yang akan mendapatkan gejala COVID-19 yang lebih parah dan memerlukan perawatan ekstra.

Peneliti menyimpulkan, memasangkan gen tipe HLA dengan tes COVID-19, dapat dijadikan acuan untuk penilaian tingkat keparahan virus.

Ada pun setelah pengembangan vaksin untuk COVID-19, seseorang dengan tipe gen HLA berisiko tinggi dapat diprioritaskan terlebih dulu untuk vaksinasi.

Tipe gen yang kita miliki dapat memengaruhi segala sesuatu pada manusia. Dan yang paling penting, pengujian HLA dapat membantu menyelamatkan nyawa dengan cepat mengidentifikasi lebih banyak pasien yang berisiko.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.