Ternyata Ini Asal Muasal Tradisi Bahasa Betawi

Pendidikan

Ternyata Ini Asal Muasal Tradisi Bahasa Betawi

Masyarakat Betawi sebagai penduduk asli Kota Jakarta walau saat ini sudah menjadikan Bahasa Indonesia sebagai lingua franca, mereka tidak pernah melupakan identitas. Mungkin Anda bertanya-tanya identitas apa yang dimaksud di sini?

Jika Anda kerap berdialog dengan masyarakat Betawi di berbagai wilayah Ibu Kota maka Anda dapat mengetahui terdapat sedikit perbedaan di antara pengucapan mereka antara satu dengan yang lainnya. Inilah identitas tersebut, karena ternyata lokasi domisili tempat tinggal dari masyarakat Betawi menentukan ciri identitas dari dialek bahasa mereka.

Ternyata Ini Asal Muasal Tradisi Bahasa Betawi

Bila ditarik benang merahnya, tata bahasa masyarakat Betawi sebenarnya tidak terlepas dari sejarahnya. Sebagaimana dilansir dari jakarta.go.id (1/1/2017), masyarakat Betawi merupakan campuran dari berbagai suku bangsa seperti Bali, Sumatera, Tingkok, Arab, serta Portugis. Dari pembauran inilah lambat laut identitas masyarakat Betawi mulai terbentuk di abad ke-17.

Kemudian asimilasi budaya pun kembali berlanjut dengan masuknya unsur budaya Sunda, Jawa, bahkan hingga Belanda serta Jerman yang juga turut memberikan sumbangsih terhadap terbentuknya kultur dalam budaya masyarakat Betawi. Namun bila melihat bagaimana pembentukan dialeknya, ini dipengaruhi oleh profesi serta tempat tinggalnya yang akhirnya terbagi menjadi Betawi Pesisir, Betawi Tengah, dan Betawi Pinggir.

[Baca Juga: Kemendikbud Gelar Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia]

“Betawi itu ada ada Pesisir, Tengah, sama Pinggir. Bedanya di mana? Bedanya dari mata pencaharian, bahasanya, keseniannya. Kalau saya boleh cerita, Betawi Pesisir otomatis mata pencahariannya nelayan, Betawi Tengah banyak yang jadi pedagang, kalau Betawi Pinggir kayak saya dulu itu bercocok tanam atau agraria,” jelas perwakilan Unit Pengelola Kawasan Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan Bukhori kepada PingPoint.co.id (18/2/2020).

Kalau dari segi tata bahasa atau dialek, Betawi Pesisi dan Tengah disebut tidak terlalu berbeda. Dengan Betawi Tengah yang mencakup masyarakat Betawi yang tinggal di kawasan Jakarta Kota, Sawah besar, Tugu, Cilincing, Kemayoran, Senen, Senen, Kramat, sampai perbatasan Jatinegara. “Bahasanya itu kalau misalnya Betawi Tengah lebih kepada ‘e’. (Contohnya) ‘Bang mau kemane bang, mampir!’,” ucap pria yang akrab disapa Babeh itu.

[Baca Juga: Baju Sadariah Khas Betawi, Hasil Akulturasi Beragam Budaya]

Sedangkan untuk Betawi Pinggir, dulu masyarakatnya bermukim di kawasan Jatinegara menuju arah selatan, Condet, Jagakarsa, Depok, Rawa Belong, Ciputat, sampai menuju area Jawa Barat. “Kalau Betawi Pinggir itu ‘a’-nya kuat. (Contohnya) ‘Mau ke Mana? Gua bilang juga Apa!’,” sambungnya.

Selain dari segi bahasa, kesenian sampai rumahnya pun terdapat perbedaan antara Betawi Pesisir, Betawi Tengah, dan Betawi Pinggir. Karena banyaknya modernisasi di Ibu Kota, ciri ini pun lambat laut mulai tak terlihat jelas. Namun pihak Unit Pengelola Kawasan Perkampungan Budaya Betawi tidak ingin unsur budaya ini hilang. Mengingat nanti di Zona C akan diresmikan replika kampung Betawi yang mencerminkan pola kehidupan Betawi Pesisir, Betawi Tengah, serta Betawi Pinggir.


Read More

Artikel Lainnya

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW.jpg

Hobi dan Hiburan

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW

07 February 2023, 14:00

Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 nantinya tak hanya berisikan pameran otomotif tapi juga siap didampingi acara konser seru bertajuk Jakarta Concert Week 2023.

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya.jpg

Pendidikan

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya

07 February 2023, 11:00

Melalui Acer Smart School Awards 2022, Acer beri penghargaan kepada belasan sekolah dan para guru kreatif yang dipandang mendorong transformasi pendidikan Indonesia.

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus.jpg

Pendidikan

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus

06 February 2023, 14:53

Bergabung dalam UnpadSF, sejumlah mahasiswa Universitas Padjadjaran mengisi sela-sela waktunya untuk membantu serta melindungi anabul yang tinggal di sekitaran kampus Unpad.

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM.jpg

Bisnis

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM

06 February 2023, 12:51

Selain untuk berolahraga, CFD Kota Medan juga menjadi momen berkumpul bersama keluarga serta teman dan ini menjadi berkah tersendiri bagi pelaku usaha UMKM Kota Melayu Deli.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 2 years, 11 months lalu
    suki

    pingin miliki barang kesukaan tp isi dompet gak pernah tercukupi.. jangan bersedih guys....karena kamu punya partner yang bisa wujudkan impianmu segera aja ke dupa88,net dan jangan lupa join now yach... bukan hanya wujudkan impianmu tp juga bisa bikin kamu menjadi jutawan. <a href="https://dupa88.co/" rel="nofollow noopener" title="dupa88.net">Click Disini</a>