PURI-KESEHATAN-TERNYATA KOPI PUNYA SEJUTA MANFAAT BAGI KESEHATAN-GALIH-1100 px X 600 px-03.jpg

Kesehatan

Ternyata Kopi Punya Sejuta Manfaat Bagi Kesehatan

Kopi, salah satu minuman paling populer di dunia. Tak terkecuali di Indonesia. Minum kopi seakan menjadi budaya sebagian masyarakat Tanah Air. Tengok saja, di beberapa kota besar, banyak berdiri coffee shop yang menawarkan beragam jenis minuman kopi.

Namun, sering kali kita menemukan pernyataan soal kebaikan dan keburukan dari kebiasaan mengonsumsi kopi bagi kesehatan. Di satu sisi, banyak pula penelitian yang mengungkapkan bahwa kopi memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh.

Dilansir dari berbagai sumber, ada lima manfaat dari minum kopi jika kita mengonsumsinya secara cukup dan tidak berlebihan. Simak selengkapnya.

Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2

Salah satu manfaat kopi bagi kesehatan adalah mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2. Seperti dilansir dari Alodokter.com, Kamis (18/10/2010), menurut studi yang dilakukan universitas ternama menyatakan bahwa mengonsumsi kopi lebih dari secangkir tiap hari selama empat tahun memiliki risiko mengidap diabetes tipe 2 lebih rendah sebesar 11 persen. Dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi kopi. Seperti diketahui, diabetes tipe 2 adalah diabetes yang disebabkan tubuh tidak efektif menggunakan insulin atau kekurangan insulin yang relatif dibandingkan kadar gula darah.

Menjaga Kesehatan Jantung

Selain mengurangi risiko diabetes, ternyata kopi juga punya manfaat yang baik bagi kesehatan jantung. Hal ini didasari oleh penelitian yang dilakukan oleh lembaga ternama di dunia. Hasil penelitian tersebut menyatakan bahwa minum kopi dalam jumlah sedang, dapat melindungi seseorang dari kemungkinan terkena gagal jantung. Jumlah sedang tersebut setara dengan dua cangkir kopi setiap harinya.

Membantu Melawan Kanker

Tak diduga, ternyata jika Anda meminum dua hingga tiga cangkir kopi setiap harinya punya manfaat membantu melawan kanker. Efek positif minum kopi adalah melakukan perlindungan terhadap sel kanker. Hal ini diperkuat oleh penelitian yang dilakukan World Cancer Research Fund menunjukkan bahwa minum kopi panas dapat melindungi Anda dari risiko kanker hati akibat penyalahgunaan alkohol. Setiap satu cangkir kopi dalam sehari, menurunkan risiko kanker hati sebesar 14 persen. Tak hanya itu, ilmuwan dari Harvard Medical School juga sempat menemukan bahwa wanita peminum kopi lebih rendah risikonya terkena kanker kulit.

Menurunkan Berat Badan

Kandungan kafein pada kopi juga memiliki khasiat membantu membakar lemak dalam tubuh. Mengapa? Seperti dilansir Tribunnews.com, pada Kamis (18/10/2018), kafein merupakan salah satu zat alami yang mengandung mineral penting seperti magnesium dan potassium yang berguna membantu tubuh manusia menggunakan insulin. Ini berfungsi sebagai pengatur gula darah dan mampu menekan nafsu makan. Nah, bagi yang ingin melakukan diet, tak ada salahnya jika rutin mengonsumsi kopi.

Membantu Lawan Depresi

Aktivitas yang tinggi, kerap kali membuat seseorang merasa jenuh. Bahkan kondisi ini bisa mengakibatkan depresi. Tahukah Anda, ternyata kopi juga bisa membantu melawan depresi. Kopi yang mengandung kafein akan membantu merangsang sistem saraf pusat dan meningkatkan produksi neurotransmitter seperti serotonin, dopamine, dan noradrenalin. Inilah yang membantu dalam melawan depresi yang kerap melanda seseorang. Demikian khasiat dari meminum kopi. Sudahkah Anda minum kopi hari ini?

Read More

Artikel Lainnya

Ideafest Kala Pandemi COVID-19 Jadi Momentum Evaluasi Industri Kreatif

Bisnis

Ideafest Kala Pandemi COVID-19 Jadi Momentum Evaluasi Industri Kreatif

29 October 2020, 18:06

Ideafest yang diselenggarakan secara virtual pada 5-15 November 2020 ini dapat memantik ide, kreativitas, dan inovasi pelaku usaha pada masa pandemi.

3 Film Indonesia Meraih Penghargaan Asian Academy Creative Awards 2020

Hobi dan Hiburan

3 Film Indonesia Meraih Penghargaan Asian Academy Creative Awards 2020

29 October 2020, 15:05

Dari ketiga film tersebut, Viu mendapatkan 14 gelar Juara Nasional dari 40 kategori, sehingga berhak mengikuti babak internasional pada bulan Desember .

UMN Kembangkan Prototipe Aplikasi Koreksi Penulisan U-Tapis

Pendidikan

UMN Kembangkan Prototipe Aplikasi Koreksi Penulisan U-Tapis

29 October 2020, 10:55

Universitas Multimedia Nusantara mengembangkan prototipe aplikasi koreksi penulisan dalam bahasa Indonesia bernama U-Tapis.

Acara Luring Pertama Selama Pandemi, Galeri Nasional gelar Pameran Imersif Affandi

Hobi dan Hiburan

Acara Luring Pertama Selama Pandemi, Galeri Nasional gelar Pameran Imersif Affandi

28 October 2020, 16:31

Melalui pameran itu, tidak hanya ketokohannya karya-karya Affandi yang luar biasa juga dapat menjadi inspirasi bagi banyak seniman.


Comments


Please Login to leave a comment.