Ternyata Masih Banyak Laporan Hoax ke Nomor Darurat Pemkot Surabaya .jpg

Berita Kawasan

Ternyata Masih Banyak Laporan Hoax ke Nomor Darurat Pemkot Surabaya

Dengan nomor darurat 112, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memberikan akses kepada masyarakat yang sedang mengalami kondisi darurat agar langsung cepat tertangani. Saat Anda menelepon 112, Anda akan langsung terhubung dengan Command Center 112 yang akan berusaha menanggapi secara cepat laporan darurat dari warga Kota Pahlawan. Namun yang disayangkan ternyata tak semua orang yang menghubungi nomor tersebut berada dalam kondisi darurat yang cenderung melakukan keisengan alias menyebarkan hoaks atau sekadar prank call.

Menurut Kepala Penanggulangan Bencana (BPB) Linmas Kota Surabaya Irvan Widyanto, Command Center 112 selalu bekerja selama 24 jam non stop untuk menanggapi situasi darurat apapun yang dialami warga Kota Pahlawan. Bahkan dedikasi Command Center ini mendapatkan apresiasi dunia pada tahun 2019 ketika Asosiasi Contact Center World memberikan penghargaan untuk Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini sebagai pemimpin terbaik dalam layanan publik pusat kontak.

Ternyata Masih Banyak Laporan Hoax ke Nomor Darurat Pemkot Surabaya.jpg

“Kami sampaikan kepada seluruh masyarakat, bahwa tidak ada biaya sepeser pun yang dikeluarkan untuk menghubungi layanan 112. Jadi kalau ada kejadian kedaruratan apapun, silahkan laporkan, telepon 112,” ucap Irvan, sebagaimana dikutip dari surabaya.go.id (2/9/2020).

Namun kesigapan dari Command Center 112 kerap kali dimanfaatkan pihak-pihak yang tak bertanggung jawab dengan melakukan aksi keisengan alias prank call. Menurut Irvan, salah satu contoh kasusnya terjadi pada pekan lalu, tepatnya 27 Agustus 2020. Saat itu ada warga yang mengaku menyaksikan kebakaran di Jalan Jetis Kulon Gang 5 pada pukul 13.49 WIB. Sontak laporan ini ditanggapi serius dengan Command Center 112 yang langsung menghubungi Dinas Pemadam kebakaran (Damkar) Kota Surabaya agar mengerahkan unit-unitnya untuk menanggapi laporan itu.

[Baca Juga: Wali Kota Risma Terus Genjot Perampungan Stadion Piala Dunia U-20 2021]

Namun ketika beberapa unit Damkar berada di lokasi, tak ada penampakan di jago merah sama sekali. Anggota Damkar yang di lapangan pun sempat mencoba menghubungi nomor pelapor untuk mengonfirmasi keberadaan kebakaran tersebut. Tapi pelapornya tidak mereponsnya dan malah memutuskan sambungan telepon dari Damkar. Padahal saat itu pihak Kepolisian Polrestabes Surabaya juga sudah menurunkan anggotanya menuju lokasi.

Mendapati itu hanyalah prank call semata, para anggota polisi yang sudah berada di lapangan pun melakukan penelusuran mencari siapa yang bertanggung jawab atas laporan hoax ke Command Center 112 Kota Surabaya itu. “Nah, ternyata pada saat itu pihak kepolisan menindaklanjuti adanya berita bohong tersebut dan pelakunya sudah diamankan,” tegas Irvan.

[Baca Juga: Tekan COVID-19, Pemkot Surabaya Terus Tegaskan Protokol Kesehatan]

Pihak Pemkot Surabaya sangat menyayangkan dengan prank call ini dan insiden tersebut bukan kali pertamanya. Sebagai gambarannya, dalam kurun waktu 27 Agustus sampai 1 September 2020 tercatat ada 704 telepon dengan laporan hoax ke Command Center 112. “Jadi, kami mohon dengan hormat kepada seluruh warga untuk tidak menelpon 112 jika itu hanya untuk iseng, karena 112 ini diperuntukkan kepada warga yang membutuhkan terutama dalam situasi darurat, sehingga siapapun yang menelpon pasti akan kami layani,” pungkas Irvan.


Read More

Artikel Lainnya

Mulai Hari Ini! Tangerang Great Sale Digelar Hingga 31 Desember 2022.jpg

Bisnis

Mulai Hari Ini! Tangerang Great Sale Digelar Hingga 31 Desember 2022

01 December 2022, 13:32

Menjelang momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, pesta diskon serta pameran UMKM bertajuk Tangerang Great Sale siap digelar sampai 31 Desember 2022.

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.com.jpg

Bisnis

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.com

01 December 2022, 10:30

Bagi Anda yang saat ini sudah bersiap untuk berbelanja kebutuhan di rumah untuk sambut momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, maka ruparupa.com dapat jadi solusi mudahnya.

Sambut Momen Akhir Tahun, realme Gelar Promo Golden Carnival.jpg

Bisnis

realme Gelar Promo Golden Carnival di Momen Akhir Tahun 2022

30 November 2022, 14:25

Dalam rangka mendekatkan diri dengan realme Fans, realme akan menggelar promo serta event dengan tema Let It Gold dalam rangka menyambut momen akhir tahun 2022.

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery.jpg

Bisnis

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery

30 November 2022, 14:24

Dalam rangka mendukung UMKM di ranah budidaya ikan, Amartha bekerjasama dengan perusahaan eFishery untuk membantu memberikan akses peminjaman modal usaha.


Comments


Please Login to leave a comment.