Terowongan Kendal Jadi Kanvas Mural Sister City

Berita Kawasan

Terowongan Kendal Jadi “Kanvas” Mural Sister City

Jika Anda termasuk pengguna Moda Raya Terpadu atau MRT Jakarta yang rutin turun-naik dari Stasiun Sudirman, maka Anda pasti kerap melalui Terowongan Kendal. Menariknya, terowongan yang membentang di wilayah Kelurahan Kebon Melati dan Kelurahan Menteng ini memiliki daya tarik sendiri yang kerap memicu orang berhenti sejenak untuk berfoto. Keunikan ini terlihat dari lukisan mural yang ditorehkan di temboknya yang baru-baru ini menjadi simbol sister city antara Jakarta dan Berlin.

Sekadar informasi, sister city atau kota kembar merupakan konsep yang diterapkan terhadap dua kota yang berlokasi di negara berbeda namun memiliki kemiripan dalam perihal demografi serta masalah yang harus ditangani oleh otoritasnya. Sehingga kedua kota saling bergandeng tangan untuk menjalin hubungan. Jakarta dan Berlin sendiri sudah menjalin hubungan sister city selama 20 tahun.

Terowongan Kendal Jadi Kanvas Mural Sister City

Demi merayakan persahabatan dua kota ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pun mengadakan kegiatan Mural Persahabatan. Seniman yang diundang untuk melukis mural tersebut adalah Snyder yang didatangkan langsung dari Jerman. Media utama yang ia gunakan adalah tembok di Terowongan Kendal sebagai kanvasnya dengan cat pilox berwarna-warni.

Sebagaimana dilansir dari pusat.jakarta.go.id (25/7/2019), Snyder menorehkan karyanya di Terowongan Kendal dengan konsep yang ia ambil setelah mendalami hal-hal di Indonesia. Pasalnya, ia ingin melakukan pemilihan warna yang berbeda dibandingkan saat ia membuat mural di negara asalnya.

[Baca Juga: 10 Pelukis Mural Percantik Terowongan Jalan Kendal]

Untuk gambar muralnya, Snyder memilih gambar singa yang ia deskripsikan sebagai simbol kerjasama antara Kota Berlin dan Jakarta. Simbol singa memang bisa dikatakan terbilang dekat dengan warga Jerman, mengingat lambang hewan ini memang menjadi simbol dari negara bagian Bavaria atau Freistaat Bayern.

Pihak Kelurahan Menteng juga menyambut baik dengan kegiatan ini. Lurah Menteng Agus Sulaeman menjelaskan, ia bersama jajarannya menangani keamanan, lalu lintas, serta kebersihan di Terowongan Kendal bersama Kelurahan Kebon Melati demi memastikan Mural Persahabatan ini berjalan lancar.

[Baca Juga: Mural Khas Betawi Hiasi Kolong Jalan Layang Jatinegara]

“Sambil berjalan kaki di sana, masyarakat bisa sambil melihat mural yang indah itu. Tanggapan masyarakat sangat bagus apalagi setiap Sabtu di sana juga ada live musik. Sejak ada mural, masyarakat yang lewat di sana bisa sambil foto selfie,” ucap Agus.

Ini bukan pertama kalinya ada kegiatan melukis mural di Terowongan Kendal. Pasalnya, pada akses yang menghubungkan MRT, kereta komuter, dan kereta api bandara itu, pernah diadakan kegiatan serupa pada akhir Juni 2019. Saat itu dalam rangka perayaan HUT DKI Jakarta ke-492, sejumlah mahasiswa melukis mural di tembok terowongan tersebut dengan mengambil tema Wajah Baru Jakarta.


Read More

Artikel Lainnya

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022.jpg

Kesehatan

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022

26 January 2023, 11:25

Pemkot Tangerang baru-baru ini mengungkap data yang menunjukan bahwa pihaknya telah berhasil secara perlahan menurunkan jumlah kasus stunting di wilayahnya.


Comments


Please Login to leave a comment.