PIK_BISNIS_TERTARIK PUNYA BISNIS PETSHOP INI REKOMENDASI UNTUK MEMULAINYA_EMIL_REVISI 01-01.jpg

Bisnis

Tertarik Punya Bisnis Pet Shop? Ini Tips untuk Memulainya

Di era dengan persaingan ketat dalam mencari pekerjaan seperti saat ini, membuat banyak generasi muda di Indonesia tertarik untuk membuka bisnis sendiri. Namun acap kali banyak yang terbentur dengan jenis usaha apa yang hendak dibangun. Artikel ini akan memberikan salah satu rekomendasi membangun usaha yang cocok dilakukan di area seperti Pantai Indah Kapuk Jakarta, yaitu pet shop.

Bila Anda melakukan research di dunia maya, pet shop yang mencantumkan atau mengiklankan dirinya di area Pantai Indah Kapuk bisa dikatakan dapat dihitung dengan jari. Hal ini bisa dipengaruhi dua hal. Pertama, memang hanya sedikit pet shop yang ada di sana. Kedua, para pemilik usaha tidak mengiklankan dirinya di dunia maya. Namun kedua hal ini dapat menjadi kesempatan Anda untuk mencoba memulai usahanya, apalagi jika Anda merupakan orang yang termasuk pecinta hewan.

Terdapat beberapa jenis usaha pet shop yang bisa Anda pertimbangkan untuk membangunnya. Bukan hanya yang menjual makanan serta aksesori hewan peliharaan, pet shop juga dapat berbentuk usaha yang menawarkan berbagai jasa. Sebagaimana dilansir dari enterpreneur.com, ada salah satu jenis usahanya yang cocok untuk pemula di sektor bisnis ini. adalah pet shop food & pet sitting.

Pet Shop Food & Pet Sitting

Untuk jenis usaha ini, Anda diberikan dua pilihan yaitu dapat membangun usaha yang memiliki bangunan atau hanya berbentuk toko virtual yang berada di dunia maya saja. Pasalnya, untuk menjual makanan hewan dan menjaga hewan, Anda dapat memilih rumah sebagai lokasi untuk menampung stok serta menjadi tempat menjaga mereka. Bila Anda memilih menggunakan rumah sebagai lokasi usaha maka Anda dapat memangkas biaya penyewaan toko dan fokus untuk menawarkan jenis makanan hewan yang terbaik. Namun Anda harus bisa memiliki niche atau pembeda dari apa yang ditawarkan pet shop lainnya. Dengan contoh bila ingin fokus ke makanan anjing sebagaimana dijelaskan goodhousekeeping.com, Anda dapat memilih merek Purina Pro Plan Savor Adult Dog Food yang terbilang masuk ke dalam kelas premium atau IAMS Proactive Health Adult Dry Dog Food untuk harga ekonomis. Sedangkan untuk makanan kucing, Anda bisa menawarkan produk seperti Fromm FourStar Cat Food Gamebird atau Orijen Dry Cat and Kitten Food yang cocok untuk segala usia kucing.

Selain menjual makanan hewan, Anda juga bisa menawarkan layanan pet sitting (penitipan hewan). Anda bisa memanfaatkan kesibukan para warga di Pantai Indah Kapuk Jakarta untuk membuka layanan ini. Karena dengan berbagai aktivitas yang dijalani mereka, acap kali para warga di sana tidak memiliki waktu untuk membawa jalan-jalan hewan mereka atau bahkan terpaksa meninggalkan mereka di rumah karena ada urusan di luar kota. Dengan ini maka Anda dapat menawarkan jasa penitipan hewan serta jasa mengajak jalan-jalan anjing. Rata-rata penitipan hewan peliharaan dipatok dari harga Rp80.000 hingga Rp150.000 per harinya yang tergantung dari ukuran hewannya.

Walaupun Anda tidak perlu memikirkan penyewaan bangunan, tapi bila hendak memulai usaha pet sitting, Anda tetap harus menyiapkan dana untuk berbagai hal. Dari mulai kandang-kandang yang nyaman sampai membuat area khusus untuk jenis-jenis hewan tertentu dengan contoh anjing agar mereka dapat bersosialisasi dan bermain dengan aman. Jenis usaha ini cocok untuk para pemula karena Anda tidak perlu mempertimbangkan untuk menyewa banyak pegawai serta bangunan dan toko untuk memulai petshop-nya. Kemudian jangan lupa memanfaatkan dunia maya untuk mempromosikan usaha Anda agar mudah dicari oleh para calon konsumen Anda. Apalagi bila Anda bertempat tinggal di Pantai Indah Kapuk Jakarta yang terbilang sedikit persaingannya dalam jenis usaha seperti ini.

Read More


Artikel Lainnya

MMA Ajak Startup Indonesia Ikut Penghargaan Smarties

Bisnis

MMA Ajak Startup Indonesia Ikut Penghargaan Smarties

20 June 2019, 10:00  |  11 Views

MMA sebentar lagi menggelar penghargaan Smarties, asosiasi ini mengajak pengusaha lokal di Indonesia untuk ikut dalam perhelatan tersebut.

Mengenal Kanker Otak Seperti yang Diderita Agung Hercules

Kesehatan

Mengenal Kanker Otak Seperti yang Diderita Agung Hercules

20 June 2019, 11:00  |  13 Views

Kanker masih jadi penyakit yang menyeramkan di Indonesia. Kenali kanke rotak lebih dalam agar bisa ditangani dengan tepat.

Ayo Persiapkan Diri di Kelas Berlari MILO

Berita Kawasan

Ayo Persiapkan Diri di Kelas Berlari MILO

20 June 2019, 09:00  |  9 Views

Kelas Berlari MILO merupakan wadah bagi para peserta khususnya pelari pemula untuk mempersiapkan diri mengikuti MILO Jakarta International 10K.

Pemkot Jaktim dan PT JIEP Bekerjasama Memajukan Wilayah Jakarta Timur

Berita Kawasan

Pemkot Jaktim dan PT JIEP Kerjasama Majukan Wilayah Jakarta Timur

20 June 2019, 12:00  |  4 Views

Pemkot Jaktim menerima audiensi PT. JIEP pada 17 Juni 2019. Kedua pihak membahas penataan kota demi bersama memajukan wilayah kota Jakarta Timur.


Comments


Please Login to leave a comment.