Tertarik Terjun ke Dunia Ilustrator Ini Pesan James Raiz

Pendidikan

Tertarik Terjun ke Dunia Ilustrator? Ini Pesan James Raiz

James Raiz yang populer dengan panggilannya sebagai The Box Office Artist merupakan ilustrator serta artis efek visual yang telah terlibat dalam berbagai komik serta film ternama di Barat selama bertahun-tahun. Dengan kemampuan gambarnya, ia pun membuat berbagai konten di YouTube yang memicunya menjadi viral bahkan hingga dikontrak Marvel untuk membantu promos Avengers: Infinity War. Namun ia tak memungkiri bahwa karier sebagai ilustrator tidaklah mudah.

Menurut James Raiz ketika ia terjun ke dunia ilustrator selepas dari sekolah seni, ia perlu melalui sejumlah proses hingga akhirnya mendapatkan tawaran. Namun, ia memandang saat ini, dunia ilustrator cenderung lebih terbuka untuk para seniman muda yang memang memiliki kemampuan atau passion untuk menghasilkan karyanya.

Tertarik Terjun ke Dunia Ilustrator Ini Pesan James Raiz

“Sekarang lebih mudah dibandingkan 20 tahun yang lalu untuk mendapatkan perhatian terhadap karya Anda. Bahkan cenderung lebih mudah membangun audiens Anda sendiri saat ini dibandingkan dulu saya yang butuh agen dan lain-lain. Saat ini sangat mudah membuat karya Anda online,” ujar pria yang pernah menjadi penciler di serial Birds of Prey untuk DC Comics itu kepada PingPoint.co.id di Shopee Indonesia Comic Con 2019 di JCC Senayan, Jalan Gatot Subroto, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat (12/10/2019).

Namun hal yang ditegaskan James Raiz kepada para ilustrator muda atau orang-orang yang mau terjun bekerja di dunia animasi dan komik adalah menjalani profesi ini sebagai sesuatu yang benar-benar ingin Anda lakukan. Pasalnya, menurutnya bila ini menjadi passion dan benar-benar profesi yang ingin tekuni maka tiap kali mengerjakan proyek gambar maka prosesnya akan lebih dinikmati serta menyenangkan.

[Baca Juga: James Raiz, Ilustrator Komik dan Youtuber Ternama Asal Kanada]

“Tentu saja Anda membutuhkan aspek dasar seperti menggambar anatomi dan spesifik lainnya dalam konteks ilustrasi. Tapi aturan pertama bagi saya untuk orang yang ingin terjun di dunia ini, Anda harus menyukai menggambar. Jika Anda bertanya kepada komikus di mana saja, tidak ada satu pun yang memulai menggambar komik untuk menghasilkan uang,” ucapnya.

Bagi James Raiz, pekerjaan di dunia komik dan animasi tidaklah mudah. Ia mengatakan, dalam karier ini, Anda harus siap bekerja keras bahkan hingga tidak tidur selama berhari-hari demi menghasilkan ilustrasinya dengan hal yang terus mendorong komikus untuk terus mengerjakan itu adalah karena mereka menyukai karyanya dan ingin orang lain juga dapat menikmatinya.

[Baca Juga: Seni Ilustrasi Tas Kanvas Tulisan Hadir di Colony Kemang]

“Menggambar setiap hari juga hal yang penting, sediakan waktu untuk menajamkan kemampuan menggambar Anda dengan tidak pernah puas dengan karya Anda. Pada akhirnya, semua orang perlu belajar bahkan komikus ternama di dunia juga selalu menemukan sesuatu yang baru untuk dipelajari. Selalu ada juga teknologi dalam ilustrasi yang perlu dipelajari. Ini memang dapat mengecilkan hati, khususnya untuk ilustrator muda yang kerap menginginkan semuanya instan. Jadi cintai dunia ini sehingga Anda dapat terus maju dan tak segan belajar,” pungkasnya.

Read More

Artikel Lainnya

Ramai-ramai Galang Donasi, Banjir Jakarta Menarik Banyak Simpati

Berita Kawasan

Apakah Fungsi Ada Kotak Biru di Stasiun LRT?

27 February 2020, 13:00

Apakah Pointers pernah melihat ada kotak biru di seluruh stasiun LRT Jakarta? Kota itu akan ada sampai 2 Maret 2020. Kotak apakah itu?

Ini Alasan Roti Sourdough Lebih Sehat dari Roti Biasa

Kuliner

Ini Alasan Roti Sourdough Lebih Sehat dari Roti Biasa

27 February 2020, 12:00

Tahukah Anda kandungan nutrisi dalam roti sourdough terbilang lebih baik untuk tubuh manusia dibandingkan roti konvensional?

Ramai-ramai Galang Donasi, Banjir Jakarta Menarik Banyak Simpati

Berita Kawasan

Ramai-ramai Galang Donasi, Banjir Jakarta Menarik Banyak Simpati

27 February 2020, 11:00

Terendamnya 94 titik di Jakarta telah menarik simpati berbagai pihak. Solidaritas untuk sesama, PT LRT Jakarta dan ACT Sulsel galang donasi bagi warga korban banjir.

Gelar Produk IKM Jakarta Digelar Hingga 1 Maret di Sarinah

Bisnis

Gelar Produk IKM Jakarta Digelar Hingga 1 Maret di Sarinah

27 February 2020, 10:00

Gelar Produk IKM Jakarta dilangsungkan di Mal Sarinah. Pusat perbelanjaan tertua di Jakarta ini memang fokus pada UKM.


Comments


Please Login to leave a comment.