Tertawa Berlebihan Berbahaya, Ini 4 Efek Samping yang Bisa Muncul

Kesehatan

Tertawa Berlebihan Berbahaya, Ini 4 Efek Samping yang Bisa Muncul

Tertawa menjadi salah satu cara yang ampuh untuk mengurangi stres. Diakui sejumlah jurnal, tertawa juga sangat baik terhadap kesehatan mental dan fisik. Hal itu dikarenakan tertawa mampu melatih paru-paru untuk bernapas lebih dalam serta mengurangi ketegangan pada aliran darah.

Namun, pada beberapa kasus tertentu, tertawa juga bisa membahayakan kesehatan. Bahkan, bisa berakibat pada kematian. Berikut ini adalah bahaya tertawa berlebihan yang harus Anda pahami.

[Baca Juga: Ini Akibat Kurang Tidur untuk Kesehatan]

1) Menyebabkan Serangan Jantung

Sebenarnya, tertawa tidak membahayakan. Hanya saja, reaksi tubuh saat tertawa apalagi dengan cara yang berlebihan bisa memicu serangan jantung. Ketika tertawa,otak akan melepas hormon kimia adrenalin yang jika terlalu banyak justru dapat meracuni jantung. Kondisi emosi yang begitu kuat bisa membahayakan kesehatan jantung. Bahaya tertawa berlebihan ini juga bisa menyebabkan detak irama pada jantung menjadi abnormal yang membahayakan nyawa.

2) Aneurisma pada Otak

Aneurisma atau pembesaran pembuluh darah pada otak bisa terjadi akibat tertawa yang berlebihan. Aneurisma terjadi akibat pelebaran pembuluh darah arteri yang membuat otak dan sistem pernapasan tidak mampu mengendalikan hormon adrenalin yang ditimbulkan dari tertawa. Salah satu kasus yang sering terjadi, aneurisma bisa pecah akibat tekanan yang terdapat pada tengkorak otak ketika tertawa.

Tertawa Berlebihan Berbahaya, Ini 4 Efek Samping yang Bisa Muncul

3) Mengakibatkan Pingsan

Bila diperhatikan, ketika Anda sedang tertawa berlebihan pasti efeknya akan batuk dan sesak nafas. Hal ini terjadi akibat hilangnya karbon dioksida dalam jumlah besar saat tertawa terbahak-bahak. Jika seperti itu, kemungkinan besar tubuh akan pingsan karena kurangnya asupan oksigen yang cukup.

4) Gangguan Sendi dan Otot Rahang

Tertawa terbahak-bahak ternyata bisa membuat rahang bergeser. Pergeseran posisi sendi rahang dari tulang tengkorak ini dikenal juga dengan istilah dislokasi rahang. Akibatnya, mulut terus mengeluarkan air liur karena rahang bawahnya tidak mau menutup. Selain karena tertawa, dislokasi rahang juga bisa terjadi menguap terlalu lebar, menggigit sesuatu yang ukurannya sangat besar membuat mulut penuh, cedera, atau efek samping dari prosedur perawatan gigi.

[Baca Juga: Manfaatkan Air Cucian Beras untuk Wajah Lebih Cerah]

Mulai saat ini, cobalah untuk tidak berlebihan saat tertawa. Bukan untuk menakuti, hanya saja untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Cobalah untuk tetap mengatur tawa agar tetap bahagia dan sehat.


Read More

Artikel Lainnya

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022.jpg

Kesehatan

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022

26 January 2023, 11:25

Pemkot Tangerang baru-baru ini mengungkap data yang menunjukan bahwa pihaknya telah berhasil secara perlahan menurunkan jumlah kasus stunting di wilayahnya.

Konser Dewa 19 di JIS Siap Digelar 4 Februari 2023, Tiket Mulai Dijual Pekan Ini.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Dewa 19 di JIS Siap Digelar 4 Februari 2023, Tiket Mulai Dijual Pekan Ini

25 January 2023, 14:57

Setelah sempat ditunda tahun lalu, pihak Red Line Kreasindo memastikan konser Dewa 19 yang mempertemukan empat vokalis dan empat drummer dipastikan akan digelar di JIS pada awal Februari 2023 nanti.


Comments


Please Login to leave a comment.