Terus Perangi Penyebaran COVID-19, Pemkot Surabaya Terapkan Jam Malam.jpg

Berita Kawasan

Terus Perangi Penyebaran COVID-19, Pemkot Surabaya Terapkan Jam Malam

Sebagai wilayah dengan penyebaran tertinggi COVID-19 di wilayah Jawa Timur, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya tak berhenti untuk terus berusaha menekan infeksi dari penyakit yang disebabkan virus Corona itu. Dengan salah satu langkahnya adalah merevisi Peraturan Wali Kota (Perwali) Nomor 28 Tahun 2020 dengan Perwali Nomor 33 Tahun 2020 terkait kondisi new normal di tengah pandemi COVID-19 di Kota Surabaya. Di mana salah satunya adalah pengaturan mengenai jam malam.

Diresmikannya kebijakan jam malam di Kota Pahlawan ini diungkapkan Wakil Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penangan COVID-19 Kota Surabaya Irvan Widyanto. Ia menjelaskan, perubahan terhadap Perwali ini sangat penting, mengingat keselamatan dan kesehatan warga merupakan hukum tertinggi. Di mana ini menurutnya, sejalan dengan trens penyebaran COVID-19 di Kota Pahlawan yang mulai turun dan dengan adanya Perwali Nomor 33 Tahun 2020 maka diharapkan ini dapat semakin menurunkannya.

“Jangan sampai yang sudah turun ini bisa naik lagi. Kita ingin betul-betul turun dan mudah-mudahan bisa tuntas. Makanya ada beberapa poin yang diubah dan ditambahkan dalam Perwali No.33 Tahun 2020 ini. Salah satu pedomanan tatanan normal baru (new normal) di tempat kerja untuk karyawan atau pekerja, termasuk pula soal jam malam yang saat ini sudah mulai diberlakukan,” jelas pria yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Perlindungan Masyarakat Kota Surabaya tersebut, sebagaimana dikutip dari surabaya.go.id (16/7/2020).

Terus Perangi Penyebaran COVID-19, Pemkot Surabaya Terapkan Jam Malam .jpg

Kebijakan terkait jam malam sebenarnya pernah diterapkan di Kota Pahlawan pada akhir April 2020 dalam kondisi Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB saat itu. Dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang kala itu mendirikan check point di sejumlah perbatasan serta titik Kota Surabaya. Hal ini demi memastikan masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas selepas pukul 21.00 WIB.

Pada kebijakan jam malam tersebut, Pemkot Surabaya memasukannya dalam Pasal 25A Perwali 33/2020 yang terdiri dari:

  • Pembatasan aktivitas di luar rumah dilaksanakan mulai pukul 22.00 WIB
  • Pembatasan aktivitas di luar rumah dikecualikan untuk kegiatan: a. Pemenuhan keperluan kesehatan antara lain rumah sakit, apotek, fasilitas pelayanan kesehatan; b. Pasar; c. Stasiun, terminal, pelabuhan; d. SPBU; e. Jasa pengiriman barang; dan f. Minimarket yang terintegrasi dengan bangunan sebagai fasilitas pelayanan masyarakat.

Pemkot Surabaya pun sudah menyiapkan sanksi untuk pelanggar kebijakannya ini. “Di samping itu, ada pula penambahan pada Pasal 34, perubahan pelanggaran yang dikenakan sanksi administratif dan push up, joget, memberi makan ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) di liponsos sebagai bagian dari paksaan pemerintah,” tambah Wakil Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penangan COVID-19 Kota Surabaya.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Hanna56 2 years, 2 months lalu
    hanna56

    Bola165 game yang tiada bosan-bosannya untuk dimainkan, gimana mau bosan?? gara-gara game ini nih, makin ceria dompet gue… gak perlu repot ke sana ke mari cari rejeki…. gak percaya?? silahkan aja tengok dan jangan lupa, join now kalo mau ceria juga isi dompet kalian boss…