Terus Realisasikan Kampus Ramah Difabel, Unair Lakukan Ini.jpg

Pendidikan

Terus Realisasikan Kampus Ramah Difabel, Unair Lakukan Ini

Universitas Airlangga atau Unair di Surabaya dikenal sebagai salah satu perguruan tinggi negeri terbaik sekaligus favorit di Tanah Air. Tentu saja ini tak terlepas dari kualitas dosen serta berbagai aspek penunjang lainnya di perguruan tinggi tersebut sehingga mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas. Namun Unair tak hanya sekadar ingin berhenti di sini saja, karena perguruan tinggi itu juga ingin menghadirkan pendidikan berkualitas yang bersifat inklusif yang di mana ini direalisasikan dengan menghadirkan konsep kampus yang ramah penyandang difabel bagi para Mahasiswa Berkebutuhan Khusus atau MBK.

Salah satu realisasi untuk mengejar target kampus ramah disabilitas bisa terlihat pada agenda Universitas Airlangga pada pekan ini. Di mana Direktorat Pendidikan Unair melakukan rekruitmen para relawan yang tergabung dalam tim pendidikan inklusi. Tugas utama dari anggota tim ini adalah membantu pendampingan bagi para MBK yang tengah berkuliah di Unair, termasuk untuk berupaya membantu kampus dalam memetakan apa saja yang dibutuhkan dalam menciptakan lingkungan ramah difabel sampai menjadi pihak ketiga yang berkomunikasi dengan para dosen terkait model pembelajaran yang tepat bagi mahasiswa yang berkebutuhan khusus.

Terus Realisasikan Kampus Ramah Difabel, Unair Lakukan In i.jpg

“Dengan mengetahui kebutuhan setiap MBK, nantinya akan menjadi tindak lanjut bagi direktorat pendidikan serta direktorat sarana dan prasarana untuk memfasilitasi infrastruktur, seperti trotoar, kamar mandi, pintu masuk, juga lift yang ramah disabilitas,” ujar Direktur Pendidikan Unair Prof. Dr. Sukardiman, Apt., MS., sebagaimana dikutip dari rilis yang diunggah di laman Unair.ac.id (21/6/2022).

Dari sisi anggotanya, tim pendidikan inklusi diisi oleh para mahasiswa Unair yang menjadi relawan yang memang memiliki komitmen serta dedikasi tinggi untuk membantu para MBK. Setelah terpilih, para mahasiswa ini sebelum resmi menjadi relawan, mereka harus mengikuti proses pembekalan dan praktek langsung yang di mana kedua sesi ini telah sukses digelar pada 18-19 Juni 2022.

[Baca Juga: Mahasiswa UGM Difabel Ini Lulus dengan Predikat Sangat Memuaskan]

Pihak Universitas Airlangga tak melupakan upaya dari para relawan yang melakukan kegiatan pendampingannya secara sukarela. Karena perguruan tinggi di Surabaya itu juga akan memberikan Surat Keterangan Pendamping Ijazah serta rencananya ada kemungkinan dedikasi mereka akan dimasukkan ke dalam bagian program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dari sisi Studi Independen Kemanusiaan.


Read More

Artikel Lainnya

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YP K.jpg

Pendidikan

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YPK

24 June 2022, 16:06

Bertajuk Archipelago, puluhan karya seni dari mahasiswa ISBI dipamerkan di Galeri YPK Kota Bandung hingga 30 Juni 2022.

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif.jpg

Bisnis

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif

24 June 2022, 14:04

Dengan brand Newhun, warga di Kota Bandung berhasil mengolah limbah sampah plastik bisa menjadi produk jam tangan.

Terintegrasi dari MRT Hingga Ojol di Ibu Kota, Masyarakah Diajak Unduh Apps JakLingk o.jpg

Berita Kawasan

MRT Hingga Ojol Ibu Kota Terintegrasi, Warga Diajak Unduh Apps JakLingko

24 June 2022, 11:02

Pemprov DKI mengajak masyarakat Ibu Kota mengunduh apps JakLinko guna mempermudah serta menghemat waktu untuk memanfaatkan berbagai transportasi di Jakarta bahkan termasuk mendapatkan tiket malam puncak HUT Jakarta ke-495.


Comments


Please Login to leave a comment.