Terus Tekan Angka Stunting, Pemprov DKI Jakarta Luncurkan Ini.jpg

Kesehatan

Terus Tekan Angka Stunting, Pemprov DKI Jakarta Luncurkan Ini

Walau DKI Jakarta merupakan Ibu Kota, permasalahan stunting sebenarnya masih membayangi generasi muda di kota metropolitan ini. Di mana berdasarkan data Kementerian Kesehatan di tahun 2021, prevalansi balita di DKI Jakarta yang mengalami stunted ada di angka 16,8 (SSGI 2021) dan inilah yang Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta upayakan untuk ditekan bahkan kalau bisa ditargetkan berada di angka 0. Salah satu upayanya terlihat pada pekan ini dengan Pemprov DKI Jakarta yang meluncurkan beras fortifikasi FS Nutri Rice.

Beras FS Nutri Rice merupakan produk yang dibuat atas kerjasama antara PT Food Station, Badan Riset dan Inovasi Nasional atau BRIN, dan PT Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart). Di mana peluncuran ini langsung dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Ia mengungkapkan, FS Nutri Rice merupakan beras yang harganya terjangkau dengan kandungan vitamin serta mineral yang cocok untuk masyarakat, khususnya demi mendukung tumbuh kembang anak.

Terus Tekan Angka Stunting, Pemprov DKI Jakarta Luncur kan Ini.jpg

“Kami mendukung semua pihak yang terlibat, yang upayanya telah sejalan dengan Program Prioritas Nasional untuk percepatan penurunan angka stunting. Hal ini karena kita telah banyak menyaksikan contoh masyarakat maju, dan berkembang, dikarenakan pemerintahnya telah menyiapkan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan warga,” tutur orang nomor satu di Pemprov DKI Jakarta itu, sebagaimana dikutip dari rilis yang diunggah di laman ppid.jakarta.go.id (25/1/2022).

Ia melanjutkan, dalam pengentasan masalah stunting serta kekurangan gizi terdapat aspek penting yang harus difokuskan, yakni pola makan yang tepat bagi calon ibu dan anak-anak. Oleh karena itu Anies, memandang kehadiran beras kesehatan yang memang telah difortivikasi dengan vitamin serta mineral dapat membantu peningkatan angka kecukupan gizi bagi ibu hamil dan anak-anak di wilayahnya.

“Demi mewujudkan hal tersebut, pendistribusian beras FS Nutri Rice perlu dilakukan secara merata dan tepat waktu. Ke depannya, kolaborasi antara PT Food Station Tjipinang Jaya dengan stakeholder yang terlibat perlu terus dilakukan guna mempercepat penurunan stunting, kekurangan gizi, serta anemia yang dialami oleh masyarakat, khususnya warga Jakarta,” sambung Anies.

[Baca Juga: Cegah Stunting, Kadin Medan Beri Bantuan 200 Timbangan Bayi]

Terkait angka stunting di DKI Jakarta sendiri, Anies menyadari betul yang angkanya masih di 16,8. “Walaupun di Jakarta angkanya kecil, tapi sesungguhnya di Jakarta harusnya angkanya nol. Jadi kita tidak boleh targetnya kecil, targetnya di Jakarta ini harus nol,” tutur Anies, sebagaimana dikutip dari cnnindonesia.com (25/1/2022). Oleh karena itulah, Anies berharap salah satu upaya mengejar penekangan angka ini bila dilakukan melalui FS Nutri Rice.

Produk FS Nutri Rice disebut sebagai bagian dari aksi strategi dan solusi percepatan penurunan stunting, gizi buruk dan anemia di DKI Jakarta melalui berbagai skema program seperti Kartu Jakarta Pintar serta Bantuan Pangan Non-Tunai. Untuk distribusinya sendiri, warga Ibu Kota dapat mengakses beras kesehatan dengan ukuran 1 kilogram di ribuan gerai Alfamart di wilayah Jabodetabek.


Read More

Artikel Lainnya

Setelah Vakum Lama, Festival Rujak Uleg Digelar Akhir Pekan Ini - Copy.jpg

Kuliner

Setelah Vakum Lama, Festival Rujak Uleg Digelar Akhir Pekan Ini

19 May 2022, 19:46

Kerinduan warga Suroboyo dengan Festival Rujak Uleg siap terobati pada tanggal 22 Mei 2022 nanti.

Akhir Pekan Ini Festival Adu Bedung dan Dondang di Mustika Jaya Siap Digela r.jpg

Berita Kawasan

Akhir Pekan Ini Festival Adu Bedung dan Dondang di Mustika Jaya Siap Digelar

19 May 2022, 17:45

Dalam rangka mempertahankan budaya daerahnya, Kecamatan Mustika Jaya akan kembali menggelar Festival Adu Bedug dan Dondang pada akhir pekan ini.

Literasi Digital Jaga Data Pribadi Jadi Kunci Cegah Penipuan Online.jpg

Pendidikan

Literasi Digital: Jaga Data Pribadi Jadi Kunci Cegah Penipuan Online

19 May 2022, 15:24

Dengan ribuan kasus kejahatan siber yang terjadi, mayoritas memanfaatkan data pribadi korban yang dibagikan di dunia maya.

Demi Masa Depan Si Kecil, Ini Instrumen Warisan ala Astra Lif e - Copy.jpg

Bisnis

Demi Masa Depan Si Kecil, Ini Instrumen Warisan ala Astra Life

19 May 2022, 14:43

Walau Anda termasuk generasi muda atau milenial yang sudah berkeluarga, aspek warisan juga menjadi yang sudah mulai Anda bisa siapkan dari sekarang demi masa depan buah hati.


Comments


Please Login to leave a comment.