Teruskan Cita-Cita Habibie dengan Kuliah di 2 Jurusan Ini

Pendidikan

Teruskan Cita-Cita Habibie dengan Kuliah di 2 Jurusan Ini

Pada 11 September 2019 Indonesia dikejutkan dengan berita duka. Presiden ke-3 Republik Indonesia baru saja dinyatakan meninggal dunia. Prof. Dr. Ir. B.J. Habibie menutup usia di umur 83 tahun. Habibie dinyatakan meninggal usai menjalani perawatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto. Ucapan belasungkawa dan ungkapan kesedihan bermunculan di media sosial. Hingga pukul 12.34 WIB (12/9/2019) tagar #RIPBapakTeknologiIndonesia masih jadi topik terhangat di Twitter.

Obituari BJ Habibie Sang Jembatan Peralihan Kekuasaan

Hal ini membuktikan, masyarakat Indonesia bukan hanya kehilangan sosok mantan presiden yang pernah turut serta membangun bangsa. Masyarakat juga kehilangan sosok ilmuwan gigih dan bertekad besar. Habibie dikenal sejak dulu, mempunyai mimpi besar untuk Indonesia, agar negeri ini lebih dekat dengan pesawat buatan sendiri, jadi negeri mandiri.

Pesawat R80, impian terakhir untuk sosok pria asal Sulawesi. Pesawat tersebut merupakan hasil jerih payah dirinya berkecimpung di industri penerbangan di Indonesia. Memasuki tahun 2019, pesawat ini mulai dirakit. Dilansir dari cnnindonesia.com, pesawat ini direncanakan mengudara pada tahun 2022 usai melewati rangkaian sertifikasi dan dinyatakan layak terbang. Kemudian langkah selanjutnya, pada tahun 2025 rencananya pesawat ini akan diproduksi secara massal.

[Baca Juga: BJ Habibie Dimakamkan Besok di TMP Kalibata di Samping Ainun]

Untuk melanjutkan mimpi Habibie ini, tentu dibutuhkan generasi penerus dan pemuda-pemuda yang memiliki semangat yang sama dengan dirinya. Tak hanya itu, diperlukan pula generasi yang cakap dan memiliki latar belakang yang serupa dengan dirinya.

Maka dari itu, untuk Anda yang ingin ikut serta melanjutkan proyek nasional ini dan meneruskan cita-cita Habibie, ada dua ilmu yang harus Anda pelajari. Diambil dari latar belakang pendidikan pria kelahiran 25 Juni 1936 yang diambil dari Wikipedia, berikut jurusan kuliah yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda.

Teruskan Cita-Cita Habibie dengan Kuliah di 2 Jurusan Ini

  • Teknik Mesin

Habibie merupakan lulusan Universitas Indonesia Bandung yang kini menjadi Institut Teknologi Bandung jurusan keilmuan Teknik Mesin di Fakultas Mesin. Ia berhasil lulus pada tahun 1954. Pada jurusan ini Anda bisa mempelajari dasar teknik sehingga mampu merancang, membuat, menggunakan, dan mengelola mesin dan sistem yang berkaitan dengan permesinan. Jurusan ini sangat dibutuhkan perusahaan industri sehingga memungkinkan Anda mendapatkan gaji di atas rata-rata karena keahliannya khusus.

  • Aeronautika atau Teknik Penerbangan

Sosok Habibie menuntut ilmu Teknik Penerbangan spesialisasi Konstruksi Pesawat Terbang di RWTH Aachen, Jerman Barat dan menerima gelar diplom ingenieur pada tahun 1960 dan gelar doctor ingenieur pada tahun 1965 dengan predikat summa sum laude. Pada jurusan ini, Anda akan mempelajari sesuatu hal mengenai manusia di dalam atmosfer luar angkasa. Anda bisa memperdalam ilmu struktur, aerodinamika, rancangan pesawat, teknik material, interaksi manusia dan mesin hingga teknik kendali terbang.

[Baca Juga: Obituari: BJ Habibie Sang Jembatan Peralihan Kekuasaan]

Itulah dua jurusan kuliah yang memungkinkan Anda masuk ke dalam industri penerbangan khususnya R80. Semoga pesawat asli Indonesia impian Pak Habibie dapat terkabul!

Read More

Artikel Lainnya

RUU PDP Tekankan Tiga Poin Penting

Bisnis

RUU Perlindungan Data Pribadi Tekankan Tiga Poin Penting

26 February 2020, 15:00

Kominfo dan DPR RI telah membahas Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi pada Selasa, 25 Februari 2020

Tanggap Darurat Berlakukan Sepekan, Pemkab Bekasi Sebar Bantuan

Berita Kawasan

Tanggap Darurat Berlakukan Sepekan, Pemkab Bekasi Sebar Bantuan

26 February 2020, 14:30

Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Bekasi memberlakukan status darurat selama sepekan hingga 2 Maret 2020. Selain mengevakuasi dan mendirikan posko, Pemkab bergerak cepat menyebarluaskan bantuan logistik.

Hari Ini Jabotabek Diprediksi BMKG Bakal Diguyur Hujan, Awas Banjir

Berita Kawasan

Hari Ini Jabotabek Diprediksi BMKG Bakal Diguyur Hujan, Awas Banjir

26 February 2020, 14:30

BMKG mengeluarkan peringatan dini akan potensi beberapa wilayah di kawasan Jabotabek akan diguyur hujan. Warga diminta bersiap dan waspada.

Menerka Romansa Cinta Tragis dalam Film The Invisible Man

Berita Kawasan

Menerka Romansa Cinta Tragis dalam Film The Invisible Man

26 February 2020, 14:15

Akting memukau Elisabeth Moss membuat The Invisible Man tak hanya sukses membius penonton. Aktingnya menguatkan pesan dampak psikologis dari abusive relationship.


Comments


Please Login to leave a comment.