Test Kit qPCR COVID-19 Buatan Negeri Masuk Tahap Produksi Massal

Kesehatan

Test Kit qPCR COVID-19 Buatan Anak Negeri Masuk Tahap Produksi Massal

Seperti yang diwartakan sebelumnya, tim Task Force Riset dan Inovasi Teknologi untuk Penanganan COVID-19 atau TFRIC19 berhasil mengembangkan test kit quantitative Polymerase Chain Reation (qPCR) buatan asli dalam negeri. Setelah mendapatkan dana untuk membeli bahan baku pembuatan test kit untuk mendeteksi virus SARS-CoV-2 ini muncul kabar baik dari PT Bio Farma. Pasalnya, perusahaan ini siap produksi massal test kit qPCR tersebut.

Test kit ini merupakan salah satu proyek TFRIC19 yang dibentuk oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Di mana alat uji ini dipandang sebagai standar utama yang digunakan untuk melakukan diagnosa terhadap infeksi penyakit COVID-19. Test kit yang memiliki nama lengkap Real Time Polymerase Chain Reaction ini disebut digunakan dengan cara melakukan pengecekan sampel genetika yang diambil dari rongga hidung atau mulut pasien.

[Baca Juga: Nusantics Umumkan Perampungan Purwarupa Test Kit qPCR COVID-19]

Pada proses pembuatan purwarupa hingga akhirnya dikembangkan perusahan Nusantics, pihak TFRIC19 masih membutuhkan dana untuk membeli bahan baku serta untuk mendorong agar test kit COVID-19 ini memasuki tahap produksi. Perusahaan modal ventura East Ventures pun menjawabnya dengan menginisiasi gerakan sosial bernama Indonesia PASTI BISA dalam usaha merealisasikan keinginan TFRIC19 dalam menghasilkan 100.000 test kit tersebut dengan berusaha mengumpulkan dana Rp10 miliar.

Pada awal April 2020, dana yang terkumpul pun dipandang sudah mencukupi untuk membeli bahan baku pembuatan sekitar setengah dari target test kit-nya atau sekitar 50.000. Bahan baku ini pun disambut dengan tangan terbuka oleh perusahaan Bio Farma yang siap menanggung biaya proses pembuatannya alat uji COVID-19 asli buatan dalam negeri itu.

Nusantics Umumkan Perampungan Purwarupa Test Kit qPCR COVID-19

“Prototipe akan kami terima dalam waktu dekat ini dari perusahaan startup asal Indonesia Nusantics. Kemudian, Bio Farma akan memproduksi secara massal dalam jumlah besar yang akan memanfaatkan fasilitas produksi yang ada di Bio Farma termasuk proses serta pengujian [quality control], packaging, dan distribusi," sebut Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir, sebagaimana dikutip dari rilis yang diterima PingPoint.co.id (20/4/2020).

Honesti Basyir melanjutkan, produksi akan menggunakan fasilitas produksi dan SDM yang memiliki kompetensi di bidang biomolekuler yang ada di Bio Farma. Jadi bisa dikatakan kit ini adalah 100% produksi dalam negeri oleh putra-putri bangsa Indonesia.

[Baca Juga: Aksi Sosial Pasti Bisa Kucurkan Dana Pembuatan Test Kit qPCR COVID-19]

"Mudah–mudahan keberadaan test kit berbasis qPCR ini, dapat membantu pemerintah dalam percepatan penanganan menghadapi pandemi Covid-19,” Honesti Basyir menjelaskan.

Perusahaan Bio Farma sendiri mengklaim kapasitas yang mampu diproduksinya untuk saat ini adalah sekitar 15.000 test kit yang dikemas dalam 600 boks per harinya. Dengan Bio Farma yang tak meminta sepeser pun untuk produksi test kit qPCR COVID-19 ini maka pihak Indonesia PASTI Bisa memanfaatkan dana itu memenuhi kuota pembelian primer, probe, serta mastermix untuk bahan baku test kit. Kemudian dana dari gerakan sosial ini juga akan digunakan untuk mendukung Bio Farma dalam distribusi test kit kepada pihak pengguna.


Read More

Artikel Lainnya

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount.jpg

Bisnis

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount

09 February 2023, 14:46

Titipku mengklaim ekosistem digital yang diterapkan perusahaannya di Pasar Modern Paramaount mampu mendorong model bisnis B2B2C, hingga menjadi lahan mengumpulkan pundi-pundi rupiah bagia Jatiper.

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semakkan Konser di JIS.jpg

Hobi dan Hiburan

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semarakkan Konser di JIS

09 February 2023, 11:44

Pada akhir pekan kemarin konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 sukses menghibur puluhan ribu baladewa dan baladewi yang berkumpul di JIS.

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024.jpg

Berita Kawasan

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024

08 February 2023, 15:59

Dalam Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024, lima kelurahan mengajukan 580 usulan dengan total pagu mencapai lebih dari ratusan miliar rupiah.

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UG M.jpg

Kesehatan

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UGM

08 February 2023, 13:57

Dengan data yang belum lama ini dirilis IDAI terkait semakin meningkatnya kasus diabetes terhadap anak, pakar kesehatan UGM memberikan sarannya agar buah hati Anda terhindar dari penyakit ini.


Comments


Please Login to leave a comment.