BEKASI_KESEHATAN_TETAP-BUGAR-SAAT-MENDAPAT-SHIFT-MALAM-DENGAN-CARA-INI_KIKI_1100-px-X-600-px.jpg

Kesehatan

Tetap Bugar Saat Mendapat Shift Malam dengan Cara Ini

Bekerja di pabrik akan memaksa Anda untuk memiliki jam tidur yang tidak teratur. Pasalnya jika Anda bekerja pada bagian operasional pabrik, akan ada jam shifting. Terlebih lagi beberapa perusahaan mesinnya harus beroperasi selama 24 jam, sehingga karyawannya pun harus terus selalu mengawasi kinerja mesin yang sedang beroperasi. Bagi Anda yang mendapatkan shifting normal, tentunya jam tidur dan istirahat Anda normal, namun bagaimana jika Anda mendapatkan shift kerja siang hingga malam atau shift malam hingga pagi? Pola bekerja yang seperti ini tentunya merupakan gaya hidup yang tidak sehat.

Namun Anda bisa melakukan beberapa hal yang bisa membuat tubuh Anda tetap sehat dan bugar walau jam tidur dan istirahat tidak terlatur. Dilansir dari hellosehat.com, berikut strategi untuk Anda yang jam kerjanya tidak normal:

1. Konsumsi Makanan Bergizi

Karena pola tidur Anda sudah berantakan, jangan sampai pola makan Anda tidak beraturan. Usahakan makan makanan sehat dan bergizi tinggi, misalnya sayur dan bauh-buahan. Hindari makanan dengan lemak tinggi dan makanan instan.

2. Perbanyak Minum Air Putih

Jangan sampai Anda dehidrasi karena kurang minum. Tubuh Anda membutuhkan setidaknya dua liter air dalam sehari. Walaupun Anda harus terus bolak-balik kamar mandi, setidaknya Anda tidak mudah sakit karena kekurangan cairan.

3. Hindari Minuman Energi dan Kafein

Banyak orang yang mengkonsumsi kopi agar terjaga saat malam hari namun minumak ini justru harus Anda hindari karena minuman ini dapat menyebabkan Anda mudah dehidrasi. Selain itu, minuman jenis ini terlalu banyak mengandung gula yang akan menyebabkan tubuh Anda tidak sehat karena gula berlebih.

4. Usahakan Olahraga

Walaupun Anda bekerja malam, bukan berarti Anda tidak bisa berolahraga bukan? Tidak perlu melakukan olahraga yang berat. Dengan berjalan kaki, lari pendek, atau peregangan kecil akan membuat tubuh Anda terasa lebih bugar. Dalam seminggu setidaknya Anda berolahraga selama tiga hari.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan jika Anda salah satu pekerja shift malam. Selain melakukan empat hal di atas, jangan lupa selalu berisitirahat sebelum berangkat kerja dan sesudah bekerja. Pola hidup yang seimbang akan membuat tubuh Anda semakin bugar.

Read More

Artikel Lainnya

Ramah di Kantung, realme C3 Resmi Diluncurkan

Bisnis

Ramah di Kantung, realme C3 Resmi Diluncurkan

19 February 2020, 21:00

Keluarga teranyar dari C Series dengan julukan Triple Camera, Game Monster akhirnya resmi diluncurkan di pasar Indonesia.

Ribuan Warga Jakarta Sudah Menggunakan Aplikasi ini, Kamu Kapan

Berita Kawasan

Ribuan Warga Jakarta Sudah Menggunakan Aplikasi ini, Anda Kapan?

19 February 2020, 20:00

Revolusi industri 4.0 hampir menyentuh di segala lini. Kemajuan zaman telah menghasilkan disrupsi atau inovasi, sistem lama yang serba fisik pun kini tergantikan sistem baru yang serba digital dan efisien.

PBB Setu Babakan, Mengakarkan Budaya Betawi di Jakarta

Berita Kawasan

PBB Setu Babakan, Mengakarkan Budaya Betawi di Jakarta

19 February 2020, 19:00

Ternyata terdapat makna budaya yang kuat di dalam eksistensi dari Kampung Betawi Setu Babakan. Pembangunannya memang ditujukan untuk menguatkan akar budaya Betawi di Jakarta.

Kelurahan Kramat Jati Bakal Punya Gedung Kantor Baru

Berita Kawasan

Kelurahan Kramat Jati Bakal Punya Gedung Kantor Baru

19 February 2020, 18:00

Pemerintah Kota Jakarta Timur akan bangun gedung baru Kantor Kelurahan Kramat Jati. Pemerintah Kota Jakarta Timur sedang mempersiapkan proses lelang.


Comments


Please Login to leave a comment.