Tetap di Rumah & Cicipi Sensasi Mudik Virtual Bareng TikTok

Hobi dan Hiburan

Tetap di Rumah & Cicipi Sensasi Mudik Virtual Bareng TikTok

Virus SARS-CoV-2 memang tak kenal ampun. Empat hari jelang Hari Raya Idulfitri 1441 Hijriyah, kurva kasus positif COVID-19 terus meroket. Melansir data yang dipublikasikan pemerintah di situs covid19.go.id, Selasa (19/5/2020) kemarin, pasien terinfeksi virus SARS-CoV-2 mencapai 18.496, dengan rincian 4.467 penyintas dan 1.221 korban jiwa. Di Ibukota, 6.155 warga DKI Jakarta telah terkonfirmasi mengidap COVID-19, 1.329 diantaranya dinyatakan sembuh dan 470 orang meninggal dunia.

Di sisi lain, terhitung sudah lebih dari dua bulan kita dipaksa diam di rumah selama masa pembatasan sosial berskala besar atau PSBB untuk menekan laju penyebaran pandemi. Untuk kali pertama, perayaan lebaran tak se-semarak tahun-tahun sebelumnya.

[Baca Juga: Tetap Seru Saat #DiRumahAja, realme Gelar TikTok Dance Challenge]

Apa bila dulu sudah jadi tradisi bagi masyarakat di tanah air untuk merayakan lebaran dengan rutinitas mudik dan berkumpul bersama keluarga di Kampung halaman. Namun tahun ini terpaksa harus diurungkan karena pandemi. Mau tidak mau, silaturahmi dilakukan secara daring (dalam jaringan).

Kendati demikian, bukan jadi alasan perayaan lebaran menjadi tak menyenangkan, kenapa? Ya, karena dengan memanfaatkan teknologi, perayaan Lebaran tetap bisa diisi dengan kegiatan positif dan seru meski terpisahkan jarak.

Tetap di Rumah & Cicipi Sensasi Mudik Virtual Bareng TikTok

Seperti diberitakan katadata.co.id, Selasa (19/5/2020) sore kemarin, Platform video pendek digital asal Tiongkok, TikTok bekerja sama dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 mencegah masyarakat untuk melakukan mudik ke luar kota di perayaan lebaran demi menghindari terpapar virus SARS-CoV-2.

Kepala Kebijakan Publik TikTok untuk Indonesia Malaysia dan Filipina Donny Eryastha mengungkapkan, dalam rangka mendukung larangan mudik pihaknya menggaungkan kampanye #MudikOnline. Kampanye direalisasikan melalui berbagai kegiatan yang mengajak pengguna untuk tetap bersemangat dalam menyambut hari raya Idul Fitri dan merasakan suasana mudik secara online.

Tetap di Rumah & Cicipi Sensasi Mudik Virtual Bareng TikTok

"Caranya? Pengguna bisa bikin aneka video kreatif kegiatan yang mereka lakukan di rumah sambil menampilkan komunikasi virtual dengan orang tua dan keluarga melalui video call, atau persiapan mereka menyiapkan makanan Lebaran, namun intinya mudik dilakukan secara online saja," ujar Donny.

Untuk mengikuti kampanye #MudikOnline, sambung Donny, pengguna dapat membuat video singkat berdurasi 15 sampai 60 detik. Dalam proses pembuatannya, pengguna diperbolehkan untuk memanfaatkan fitur duet agar bisa berkolaborasi dengan keluarga yang tinggal berjauhan, mau pun fitur green screen untuk mendorong kreativitas pengguna.

Tetap di Rumah & Cicipi Sensasi Mudik Virtual Bareng TikTok

Selain itu, lanjut dia, pengguna juga bisa menambahkan musik #MudikOnline di aplikasi TikTok untuk menambah suasana khas Hari Raya Idulfitri. “Misi kami menginspirasi pengguna baik melalui video TikTok dan bantuan langsung ke Gugus Tugas, khususnya untuk tenaga medis, ini salah satu langkah kami untuk membantu pemerintah,” ujar dia.

Sementara itu, Direktur Pengurangan Risiko Bencana (BNPB) Lilik Kurniawan mengatakan, besar harapan pemerintah, agar masyarakat mematuhi anjuran untuk tidak mudik selama pandemi ini. Hal ini, sambung Lilik, demi keselamatan bersama, agar virus tidak menyebar lebih luas, kendati mudik memang merupakan budaya warisan leluhur sebagai saluran jalin silaturahmi. "Meskipun tidak mudik secara langsung, tetapi kita tetap bisa silaturahmi dengan TikTok lewat #MudikOnline ini sehingga kita tetap bisa terhubung dengan kampung halaman untuk merayakan Idulfitri," tutur Lilik.

Read More

Artikel Lainnya

Hari Ulang Tahun Kota Bogor Dirayakan Via Konferensi Video .jpg

Berita Kawasan

Hari Ulang Tahun Kota Bogor Dirayakan Via Konferensi Video

06 June 2020, 13:00

Di ulang tahun ke 538, Hari Jadi Bogor dirayakan dengan sederhana tak seperti biasanya karena terselenggara di tengah pandemi.

berjalan tertib, begini prosedur rapid test di sukolilo2.jpg

Berita Kawasan

Berjalan Tertib, Begini Prosedur Rapid Test di Sukolilo

06 June 2020, 12:00

Sepekan sudah uji cepat dan uji swab dilakukan di penjuru Surabaya. Pelaksanaan relatif berlangsung tertib, seperti yang terjadi di kawasan Terminal Keputih Sukolilo.

Kota Bekasi Perpanjang PSBB Kembali Hingga 2 Juli .jpg

Berita Kawasan

Kota Bekasi Perpanjang PSBB Kembali Hingga 2 Juli

06 June 2020, 11:00

Sembari menjalankan masa new normal, Kota Bekasi kembali memperpanjang masa PSBB selama 28 hari

Begini Caranya Atasi Wajah Berminyak Secara Alami Lidah Buaya

Berita Kawasan

Baru! Kota Malang Ciptakan Kampung Aloe vera di Masa Pandemi COVID-19

06 June 2020, 10:46

Kampung Aloe vera diinisiasi Pertamina Fuel Terminal Malang melalui Program Coorporate Social Responsibility (CSR) yang bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)


Comments


Please Login to leave a comment.