Tetap Rapat Kala Pendemi, Pemkot Medan Manfaatkan Video Conference

Berita Kawasan

Tetap Rapat Kala Pandemi, Pemkot Medan Manfaatkan Video Conference

Berdasarkan data per 8 April siang, setidaknya tercatat ada sekitar 37 orang yang berada di Sumatera Utara yang positif terjangkit Virus Corona penyebab COVID-19 dengan banyak di antaranya yang disinyalir berada di Kota Medan. Dalam kondisi ini, tentu saja social distancing terus diterapkan demi menekan penyebaran virus bernama SARS-CoV-2 tersebut.

Walau dalam kondisi ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Medan tetap fokus bekerja melayani masyarakat dan mengadakan rapat koordinasinya seperti biasa. Namun karena tengah social distacing maka metode rapat yang digunakan adalah memanfaatkan video conference.

Tetap Rapat Kala Pendemi, Pemkot Medan Manfaatkan Video Conference

Suasana rapat yang menggunakan metode ini terlihat ketika digelarnya sesi video conference antara Pemkot Medan yang diwakili Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Akhyar Nasutin dengan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian pada 7 April 2020. Tak hanya itu, pada rapat tersebut juga turut diikuti para pejabat RI lainnya, sekretaris daerah provinsi, hingga wali kota dan bupati wilayah lainnya.

Rapat dengan video conference ini disebut digelar dalam rangka membahas mengenai koordinasi antisipasi dan kebutuhan daerah di bidang perindustrian, perdagangan, dan pangan dalam rangka pencegahan penyebaran dan percepatan penanganan COVID-19. Melalui rapat ini, Mendagri Tito menginginkan penerapan kebijakan pemerintah pusat dan daerah yang tersinkronisasi sekaligus mendengar aspirasi serta keluhan dari berbagai daerah terkait perkembangan di wilayahnya dalam situasi pendemi COVID-19.

[Baca Juga: Pastikan Social Distancing, Pemkot Medan Turun Langsung]

“COVID-19 ini merupakan wabah terluas dalam sejarah yang hampir dirasakan oleh semua negara, untuk di indonesia sendiri hampir semua provinsi terpapar. Karena itu, kita telah mengambil langkah-langkah guna mengatasi penyebaran virus ini,” jelas Tito pada sesi rapat video conference tersebut, sebagaimana dikutip dari pemkotmedan.go.id (7/4/2020).

Dalam rapat itu, Tito menegaskan, langkah apa saja yang harus diterapkan di semua wilayah, termasuk Medan. Dari mulai benar-benar menerapkan social distancing, physical distancing, wajib penggunaan masker saat beraktivitas di luar rumah, hingga digelar pembatasan akses di titik-titik tertentu. Dalam memenuhi kebutuhan semua wilayah, Mendagri menyebut, pihaknya telah membentuk tim yang akan menginventasi apa saja kebutuhan yang dibutuhkan yang nantinya akan dipasok ke wilayah-wilayah.

[Baca Juga: Pemkot Medan Salurkan Bantuan Beras untuk Warga Terdampak COVID-19]

Selain itu, rapat antara pemerintah pusat dan daerah, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) juga mendorong agar semua Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dari tingkat provinsi sampai kota se-Indonesia juga memanfaatkan video conference dalam rapat seperti Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrengbang) serta Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2021.

Hal tersebut disampaikan pihak Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri melalui video conference pada 7 April 2020 yang dihadiri Kepala Bapedda Medan Irwan Ritonga. Mendengar imbauan itu, Pemkot Medan memastikan bahwa rapat Musrenbang serta RKPD 2021 akan digelar via video conference sehingga secara sepenuhnya menerapkan social distancing di kala pendemi COVID-19.


Read More

Artikel Lainnya

Mulai Hari Ini! Tangerang Great Sale Digelar Hingga 31 Desember 2022.jpg

Bisnis

Mulai Hari Ini! Tangerang Great Sale Digelar Hingga 31 Desember 2022

01 December 2022, 13:32

Menjelang momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, pesta diskon serta pameran UMKM bertajuk Tangerang Great Sale siap digelar sampai 31 Desember 2022.

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.com.jpg

Bisnis

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.com

01 December 2022, 10:30

Bagi Anda yang saat ini sudah bersiap untuk berbelanja kebutuhan di rumah untuk sambut momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, maka ruparupa.com dapat jadi solusi mudahnya.

Sambut Momen Akhir Tahun, realme Gelar Promo Golden Carnival.jpg

Bisnis

realme Gelar Promo Golden Carnival di Momen Akhir Tahun 2022

30 November 2022, 14:25

Dalam rangka mendekatkan diri dengan realme Fans, realme akan menggelar promo serta event dengan tema Let It Gold dalam rangka menyambut momen akhir tahun 2022.

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery.jpg

Bisnis

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery

30 November 2022, 14:24

Dalam rangka mendukung UMKM di ranah budidaya ikan, Amartha bekerjasama dengan perusahaan eFishery untuk membantu memberikan akses peminjaman modal usaha.


Comments


Please Login to leave a comment.