Inilah Perubahan Skema Operasi MRT Jakarta

Berita Kawasan

Thermal Scanner Belum Terpasang, Aktivitas Stasiun MRT Masih Normal

Publik dikejutkan setelah Presiden Joko Widodo menyatakan Virus Corona resmi ditemukan di Indonesia dalam konferensi pers di Istana Negara, Jakarta Pusat (2/3/2020). Menyusul pernyataan dua orang Indonesia telah dinyatakan positif COVID-19, sejumlah langkah antisipasi penyebaran virus digalakkan.

Langkah-langkah pencegahan dilakukan khususnya di ruang-ruang publik, termasuk di stasiun MRT Jakarta. Berdasarkan keterangan resmi pihak MRT yang dimuat berbagai media, dalam waktu dekat, langkah pencegahan yang dilakukan di stasiun-stasiun MRT dengan pememasangan alat pengukur suhu tubuh berikut penambahan hand sanitizer.

Thermal Scanner Belum Terpasang, Aktivitas Stasiun MRT Masih Normal

Pantauan PingPoint pada Selasa Pagi (3/3/2020) di sejumlah stasiun MRT (Bunderan Senayan, Istora Mandiri, Bendungan Hilir, Setiabudi, Dukuh Atas BNI, dan Bunderan Hi) belum terlihat ada perangkat pendeteksi suhu tubuh (thermal scanner) yang sudah terpasang atau sedang diinstalasi seperti yang diinfokan resmi pihak MRT di hari sebelumnya.

Menurut salah seorang petugas stasiun yang ditemui, masih belum ada kepastian terkait pemasangan thermal scanner di Stasiun MRT. “Belum ada informasi kepada kami kapan akan dipasang,” ungkap petugas di Stasiun MRT HI Dana Sanjaya kepada PingPoint.co.id.

[Baca Juga: Meski Tidak Efektif Cegah Virus Corona, Apotek Terus Kehabisan Masker]

Sementara untuk keberadaan hand sanitizer, terlihat masih minim di areal stasiun. Hand sanitizer itu hanya ada di sejumlah titik, misalnya di dekat mesin top up saldo, di depan toilet dan di depan pintu ruang menyusui.

Tampak tak terlalu banyak penumpang memanfaatkan hand sanitizer di stasiun MRT. Selain itu, aktivitas dan SOP yang dijalankan petugas keamanan di pintu masuk terbilang normal tidak ada pemeriksaan lebih, sebatas pengecekan isi tas penumpang.

Thermal Scanner Belum Terpasang, Aktivitas Stasiun MRT Masih Normal

Berdasarkan keterangan PT MRT Jakarta, berikut delapan imbauan khusus terkait pencegahan penyebaran corona.

  1. Sosialisasi kewaspadaan Novel Coronavirus melalui media sosial telah disebarkan melalui media sosial resmi MRT Jakarta sejak 31 Januari 2020
  2. Koordinasi dengan Dinas Kesehatan DKI telah dilakukan pertemuan antara Direktur Operasi dan Pemeliharaan dengan Kepala Dinas Kesehatan pada tanggal 12 Februari 2020 dan koordinasi rutin setelah pertemuan tersebut;
  3. Menempatkan cairan pembersih tangan (hand sanitizer) di titik-titik ramai penumpang pada 13 stasiun MRT Jakarta
  4. Meningkatkan pembersihan secara intensif dan berkala pada stasiun dan kereta MRT Jakarta dengan metode khusus yang dipertimbangkan dapat mencegah potensi penyebaran virus
  5. Pelaksanaan edukasi publik melalui bincang-bincang (talk show) dengan tema Pentingnya Hand Hygiene Dalam Pencegahan Virus. Acara ini dilaksanakan pada Minggu, 1 Maret 2020 di Exit B Stasiun Bundaran HI dan menghadirkan Kepala Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Widyastuti dan dr. Danar Wicaksono
  6. Secara paralel, manajemen PT MRT Jakarta (Perseroda) menerbitkan Peraturan Direksi khusus untuk perkuatan langkah-langkah dan prosedur penanganan pencegahan penyebaran virus corona COVID-19
  7. Edukasi publik ke penumpang secara berkelanjutan untuk pencegahan penularan virus corona dalam bentuk materi cetak dan digital di stasiun, serta melalui e-poster di akun sosial media MRT Jakarta
  8. Staf Stasiun MRT Jakarta akan menerapkan pemeriksaan suhu badan penumpang yang akan mulai dilaksanakan dalam waktu dekat. Pemeriksaan akan dilakukan di setiap area pintu masuk stasiun. Bagi penumpang yang menunjukkan gejala demam tinggi tidak diperbolehkan masuk ke area stasiun MRT Jakarta.

[Baca Juga: Ilmuwan dari HKUST Temukan Formula untuk Lawan Virus Corona]

"Untuk mengurangi risiko penyebaran virus corona, MRT Jakarta menganjurkan agar setiap anggota masyarakat dapat menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh agar imunitas kekebalan tubuh dapat meningkat. Mari tingkatkan personal hygiene kita dengan cuci tangan menggunakan air dan sabun, maupun hand sanitizer lima kali dalam sehari," tulis Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta Muhamad Kamaluddin dalam keterangan tertulisnya (2/3/2020).


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.