ThisAble Enterprise Berdayakan Ekonomi Disabilitas Dengan Pelatihan

Bisnis

ThisAble Enterprise Berdayakan Ekonomi Disabilitas Dengan Pelatihan

Niat mulia sang pencetus ThisAble Enterprise Angkie Yudistia, guna memberdayakan ekonomi penyandang disabilitas telah bergulir sejak 2011.

Kini, tim ThisAble Enterprise akan mengadakan roadshow dengan tema Memberdayakan Ekonomi Disabilitas Secara Pelatihan Vokasi bertajuk Festival Vokasi Teman Disabilitas yang akan digelari di 10 kita dalam waktu satu bulan.

Sepuluh kota tersebut terdiri dari, Surabaya (14 Maret), Malang (19 Maret), Solo (21 Maret), Yogyakarta (23 Maret), Kebumen (24 Maret), Bandung (28 Maret), Semarang (31 Maret), Cirebon (2 April), Bekasi (9 April), dan berakhir di Jakarta (13 April).

[Baca Juga: Kawanmain.co Bantu Teman Tuli dan Disabilitas Daksa Berbisnis]

ThisAble Enterprise sendiri ialah sebuah sosial enterprise di bidang employment service, yang bertujuan untuk memberdayakan ekonomi penyandang disabilitas agar dapat memperoleh pekerjaan.

Adapun ThisAble memiliki kurang lebih 2.000 database untuk kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) yang telah dilakukan asesmen agar siap untuk di salurkan pekerjaan.

Dengan gagasan training secara roadshow ini, memiliki target 2.000 tambahan penyandang disabilitas area Pulau Jawa yang akan diberikan training secara gratis agar siap menghadapi inklusifitas pekerjaan yang dibutuhkan saat ini.

[Baca Juga: Mengurangi Diskriminasi, Ancol Rekrut 4 Karyawan Difabel]

Angkie mengatakan, Thisable Enterprise hadir untuk menjadi wadah teman disabilitas dan keluarganya agar mandiri secara ekonomi untuk skala Jabodetabek.

Ia pun menilai bahwa inilah saat yang tepat untuk bisa memberdayakan lebih banyak lagi teman difabel di area luar Jabodetabek yang membutuhkan pekerjaan. Semakin banyak yang diberi training.

“Semakin banyak tenaga kerja terdidik yang terserap perusahaan,” ujar Angkie, dilansir dari rilis yang diterima Pingpoint.co.id (15/3/2019).

Dengan Tagline #Bersatuuntukberdaya, Thisable mengajak semua pihak untuk ikut berkontribusi menyukseskan program Festival Vokasi Teman Disabilitas ini menjadi program inklusi yang dapat membuka kesempatan seluas-luasnya kepada perusahaan untuk merekrut sesuai amanah Undang Undang Republik Indonesia No.8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas.

[Baca Juga: Jakarta Timur Akan Jadi Kawasan Ramah Lingkungan dan Disabilitas]

Undang-Undang No. 8 tahun 2016 ini berbunyi bahwa penyandang disabilitas merupakan setiap orang yang mengalami keterbatasan fisik, intelektual, mental, dan/atau sensorik dalam jangka waktu lama yang dapat berinteraksi dengan lingkungan dapat mengalami hambatan dan kesulitan untuk berpartisipasi secara penuh dan efektif dengan warga negara lainnya berdasarkan kesamaan hak.

UU yang sama juga menekankan hakhak penyandang disabilitas yang salah satunya adalah hak pekerjaan, kewirausahaan dan koperasi. Meskipun hak-hak tersebut telah dijamin oleh negara, dalam implementasinya penyandang disabilitas masih menghadapi tantangan untuk dapat diterima bekerja di sektor formal.

Read More

Artikel Lainnya

Rumah dan Pondok Pesantren Jadi 2 Kluster Besar di Jawa Tengah

Kesehatan

Rumah dan Pondok Pesantren Jadi 2 Kluster Besar di Jawa Tengah

20 October 2020, 11:05

Pemerintah setempat meningkatkan pengawasan serta bantuan tes PCR kepada daerah-daerah dengan kasus terbanyak. Pemimpin di semua level juga wajib memberi contoh penerapan protokol kesehatan.

Pemkot Bogor Sambut Kedatangan PM Jepang dengan Pengamanan Ketat.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Bogor Sambut Kedatangan PM Jepang dengan Pengamanan Ketat

20 October 2020, 08:52

Pemkot Bogor memastikan pengamanan ketat untuk menyambut kedatangan perdana PM Jepang Yoshide Suga dan istrinya ke Kota Hujan.

Ini Perbedaan Tepung Kue, Tepung Roti, Tepung Pastry, dan Tepung Serba Guna

Kuliner

Ini Perbedaan Tepung Kue, Tepung Roti, Tepung Pastry, dan Tepung Serba Guna

20 October 2020, 08:12

Kandungan protein menentukan seberapa banyak gluten yang akan terbentuk pada tepung, yang pada gilirannya memengaruhi kualitas tekstur makanan Anda.

Normalisasi untuk Antisipasi Banjir, Warga Bantaran Kali Rengas Direloka si.jpg

Berita Kawasan

Normalisasi untuk Antisipasi Banjir, Warga Bantaran Kali Rengas Direlokasi

19 October 2020, 17:38

Puluhan warga di bantara Kali Rengas mulai direlokasi sebagai langkah awal normalisasi Kali Rengas demi mengantisipasi banjir.


Comments


Please Login to leave a comment.