ThisAble Enterprise Berdayakan Ekonomi Disabilitas Dengan Pelatihan

Bisnis

ThisAble Enterprise Berdayakan Ekonomi Disabilitas Dengan Pelatihan

Niat mulia sang pencetus ThisAble Enterprise Angkie Yudistia, guna memberdayakan ekonomi penyandang disabilitas telah bergulir sejak 2011.

Kini, tim ThisAble Enterprise akan mengadakan roadshow dengan tema Memberdayakan Ekonomi Disabilitas Secara Pelatihan Vokasi bertajuk Festival Vokasi Teman Disabilitas yang akan digelari di 10 kita dalam waktu satu bulan.

Sepuluh kota tersebut terdiri dari, Surabaya (14 Maret), Malang (19 Maret), Solo (21 Maret), Yogyakarta (23 Maret), Kebumen (24 Maret), Bandung (28 Maret), Semarang (31 Maret), Cirebon (2 April), Bekasi (9 April), dan berakhir di Jakarta (13 April).

[Baca Juga: Kawanmain.co Bantu Teman Tuli dan Disabilitas Daksa Berbisnis]

ThisAble Enterprise sendiri ialah sebuah sosial enterprise di bidang employment service, yang bertujuan untuk memberdayakan ekonomi penyandang disabilitas agar dapat memperoleh pekerjaan.

Adapun ThisAble memiliki kurang lebih 2.000 database untuk kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) yang telah dilakukan asesmen agar siap untuk di salurkan pekerjaan.

Dengan gagasan training secara roadshow ini, memiliki target 2.000 tambahan penyandang disabilitas area Pulau Jawa yang akan diberikan training secara gratis agar siap menghadapi inklusifitas pekerjaan yang dibutuhkan saat ini.

[Baca Juga: Mengurangi Diskriminasi, Ancol Rekrut 4 Karyawan Difabel]

Angkie mengatakan, Thisable Enterprise hadir untuk menjadi wadah teman disabilitas dan keluarganya agar mandiri secara ekonomi untuk skala Jabodetabek.

Ia pun menilai bahwa inilah saat yang tepat untuk bisa memberdayakan lebih banyak lagi teman difabel di area luar Jabodetabek yang membutuhkan pekerjaan. Semakin banyak yang diberi training.

“Semakin banyak tenaga kerja terdidik yang terserap perusahaan,” ujar Angkie, dilansir dari rilis yang diterima Pingpoint.co.id (15/3/2019).

Dengan Tagline #Bersatuuntukberdaya, Thisable mengajak semua pihak untuk ikut berkontribusi menyukseskan program Festival Vokasi Teman Disabilitas ini menjadi program inklusi yang dapat membuka kesempatan seluas-luasnya kepada perusahaan untuk merekrut sesuai amanah Undang Undang Republik Indonesia No.8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas.

[Baca Juga: Jakarta Timur Akan Jadi Kawasan Ramah Lingkungan dan Disabilitas]

Undang-Undang No. 8 tahun 2016 ini berbunyi bahwa penyandang disabilitas merupakan setiap orang yang mengalami keterbatasan fisik, intelektual, mental, dan/atau sensorik dalam jangka waktu lama yang dapat berinteraksi dengan lingkungan dapat mengalami hambatan dan kesulitan untuk berpartisipasi secara penuh dan efektif dengan warga negara lainnya berdasarkan kesamaan hak.

UU yang sama juga menekankan hakhak penyandang disabilitas yang salah satunya adalah hak pekerjaan, kewirausahaan dan koperasi. Meskipun hak-hak tersebut telah dijamin oleh negara, dalam implementasinya penyandang disabilitas masih menghadapi tantangan untuk dapat diterima bekerja di sektor formal.


Read More

Artikel Lainnya

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

Kecantikan dan Fashion

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

02 July 2022, 12:51

Maybelline Sky High Waterproof Mascara ini mengandung ekstrak bambu dan fiber yang dapat membantu memanjangkan dan menebalkan bulu mata.

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.


Comments


Please Login to leave a comment.