ads
ThisAble Enterprise Berdayakan Ekonomi Disabilitas Dengan Pelatihan

Bisnis

ThisAble Enterprise Berdayakan Ekonomi Disabilitas Dengan Pelatihan

Niat mulia sang pencetus ThisAble Enterprise Angkie Yudistia, guna memberdayakan ekonomi penyandang disabilitas telah bergulir sejak 2011.

Kini, tim ThisAble Enterprise akan mengadakan roadshow dengan tema Memberdayakan Ekonomi Disabilitas Secara Pelatihan Vokasi bertajuk Festival Vokasi Teman Disabilitas yang akan digelari di 10 kita dalam waktu satu bulan.

Sepuluh kota tersebut terdiri dari, Surabaya (14 Maret), Malang (19 Maret), Solo (21 Maret), Yogyakarta (23 Maret), Kebumen (24 Maret), Bandung (28 Maret), Semarang (31 Maret), Cirebon (2 April), Bekasi (9 April), dan berakhir di Jakarta (13 April).

[Baca Juga: Kawanmain.co Bantu Teman Tuli dan Disabilitas Daksa Berbisnis]

ThisAble Enterprise sendiri ialah sebuah sosial enterprise di bidang employment service, yang bertujuan untuk memberdayakan ekonomi penyandang disabilitas agar dapat memperoleh pekerjaan.

Adapun ThisAble memiliki kurang lebih 2.000 database untuk kawasan Jakarta, Bogorm Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) yang telah dilakukan asesmen agar siap untuk di salurkan pekerjaan.

Dengan gagasan training secara roadshow ini, memiliki target 2.000 tambahan penyandang disabilitas area Pulau Jawa yang akan diberikan training secara gratis agar siap menghadapi inklusifitas pekerjaan yang dibutuhkan saat ini.

[Baca Juga: Mengurangi Diskriminasi, Ancol Rekrut 4 Karyawan Difabel]

Angkie mengatakan, Thisable Enterprise hadir untuk menjadi wadah teman disabilitas dan keluarganya agar mandiri secara ekonomi untuk skala Jabodetabek.

Ia pun menilai bahwa inilah saat yang tepat untuk bisa memberdayakan lebih banyak lagi teman difabel di area luar Jabodetabek yang membutuhkan pekerjaan. Semakin banyak yang diberi training.

“Semakin banyak tenaga kerja terdidik yang terserap perusahaan,” ujar Angkie, dilansir dari rilis yang diterima Pingpoint.co.id (15/3/2019).

Dengan Tagline #Bersatuuntukberdaya, Thisable mengajak semua pihak untuk ikut berkontribusi menyukseskan program Festival Vokasi Teman Disabilitas ini menjadi program inklusi yang dapat membuka kesempatan seluas-luasnya kepada perusahaan untuk merekrut sesuai amanah Undang Undang Republik Indonesia No.8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas.

[Baca Juga: Jakarta Timur Akan Jadi Kawasan Ramah Lingkungan dan Disabilitas]

Undang-Undang No. 8 tahun 2016 ini berbunyi bahwa penyandang disabilitas merupakan setiap orang yang mengalami keterbatasan fisik, intelektual, mental, dan/atau sensorik dalam jangka waktu lama yang dapat berinteraksi dengan lingkungan dapat mengalami hambatan dan kesulitan untuk berpartisipasi secara penuh dan efektif dengan warga negara lainnya berdasarkan kesamaan hak.

UU yang sama juga menekankan hakhak penyandang disabilitas yang salah satunya adalah hak pekerjaan, kewirausahaan dan koperasi. Meskipun hak-hak tersebut telah dijamin oleh negara, dalam implementasinya penyandang disabilitas masih menghadapi tantangan untuk dapat diterima bekerja di sektor formal.

Read More

ads
ads
ads

Artikel Lainnya

5 Manfaat Markisa untuk Kesehatan tubuh

Kesehatan

5 Manfaat Markisa untuk Kesehatan Tubuh

21 April 2019, 12:00  |  9 Views

Walaupun wujudnya unik tak seperti buah lainnya, markisa mengandung banyak manfaat lho. Berikut manfaat markisa untuk kesehatan.

Wakil Wali Kota Bekasi Motivasi Masyarakat Peduli Terhadap Sampah

Berita Kawasan

Wakil Wali Kota Bekasi Motivasi Warga Peduli Terhadap Sampah

21 April 2019, 14:00  |  4 Views

Dalam Diskusi Kota Bekasi Bersih, Wakil Wali Kota Bekasi berikan motivasi warga untuk peduli mengelola sampah.

Museum Sejarah Jakarta Gelar Pameran Foto Sejarah Islam di Australia

Berita Kawasan

Museum Sejarah Jakarta Gelar Pameran Foto Sejarah Islam di Australia

21 April 2019, 10:00  |  6 Views

Pameran foto kisah panjang Islam di Australia digelar di Museum Sejarah Jakarta hingga 30 April 2019.

Agar Larangan Kantong Plastik Tidak Jadi Bumerang

Berita Kawasan

Agar Larangan Kantong Plastik Tidak Jadi Bumerang

21 April 2019, 16:00  |  6 Views

Beberapa daerah, termasuk DKI Jakarta mulai mendengungkan larangan penggunaan kantong plastik sekali pakai. Apakah cara ini efektif mengurangi konsumsi plastik?


Comments


Please Login to leave a comment.

ads