THR Tak Cair Laporkan Ke Posko Pengaduan THR

Bisnis

THR Tak Cair? Laporkan Ke Posko Pengaduan Kemnaker

Meski telah diatur dalam regulasi, tetap saja tak semua pekerja mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR). Tiap tahunnya pun pemerintah selalu membuka posko pengaduan bagi pekerja atau buruh yang tak mendapatkan THR.

Untuk tahun ini, pemerintah kembali membuka posko pengaduan THR. Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah mengatakan Posko Pengaduan THR 2020 ini dibuka dari 11-31 Mei 2020. Dia mengatakan, keberadaan posko ini menjadi bentuk fasilitas pemerintah agar pekerja atau buruh mendapatkan THR sesuai dengan ketentuan yang telah ada.

"Posko pengaduan THR Tahun 2020 dapat dimanfaatkan pekerja/buruh dan pengusaha mulai tanggal 11 Mei hingga 31 Mei 2020 selama jam kerja (08.00 WIB s.d 15.30 WIB) secara daring (online) melalui www.kemnaker.go.id, " kata Ida, dilansir dari kemnaker.go.id (13/5/2020).

THR Tak Cair Laporkan Ke Posko Pengaduan THR

Selain dibuka di Kemnaker, posko pengaduan ini juga ada di setiap daerah. Ida mengatakan, Posko THR Keagamaan di daerah juga bertugas menerima pengaduan, memantau pelaksanaan pemberian THR Keagamaan, memberikan pelayanan konsultasi dan penegakan hukum sesuai perundang-undangan.

Selain itu, pihaknya juga membentuk satuan tugas pelayanan konsultasi dan penegakan hukum pelaksanaan pembayaran THR 2020 di Pusat yang diikuti di Daerah. Menurutnya, langkah ini dilakukan agar pelaksanaan Surat Edaran THR dapat berjalan dengan tertib dan efektif.

“Kita juga minta Keterlibatan peran Pemerintah Daerah untuk mendorong dan melaksanakan langkah-langkah kebijakan Pemerintah dan sangat penting untuk menjaga situasi kondusif dalam berbagai aspek yang timbul akibat situasi darurat Covid-19,” katanya.

Wajib Membayar THR

Pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia dan berdampak pada perekonomian dan kebijakan pemerintah membuat hari raya Idul Fitri 1441 H yang jatuh pada 24 Mei 2020 mendatang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Terkait hal ini, menurutnya pemerintah telah mengeluarkan kebijakan pemberian THR Keagamaan sesuai dengan kondisi pandemi ini.

Kebijakan itu dituangkan melalui Surat Edaran (SE) Menaker No. M/6/HI.00.01/V/2020 tentang Pelaksanaan Pemberian THR Keagamaan Tahun 2020 Di Perusahaan Pada Masa Pandemi COVID-19.

[Baca Juga: Apindo Surakarta Minta Pemerintah Atur Kebijakan THR Masa Pandemi]

"Adanya Posko Pengaduan THR Tahun 2020 diharapkan dapat berjalan sesuai mekanisme dan ketentuan perundangan dengan tertib dan tercapai kesepakatan yang dapat memuaskan para pihak yaitu pekerja/buruh dan pengusaha," ujarnya.

Ida pun mengingatkan bahwa pengusaha wajib membayarkan THR sebagaimana Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 tahun 2015 tentang Pengupahan j.o Permenaker Nomor 6 Tahun 2016 tentang THR Keagamaan bagi pekerja/buruh di Perusahaan.

“Saya ingatkan sekali lagi bahwa THR Keagamaan merupakan pendapatan non upah yang wajib dibayarkan oleh pengusaha kepada pekerja/buruh paling lambat 7 hari sebelum hari raya keagamaan,“ katanya.

Dia mengatakan bahwa pengawas Ketenagakerjaan akan mendorong pihak pengusaha maupun pekerja untuk melakukan dialog agar pembayaran THR Keagamaan sesuai dengan peraturan yang telah ada serta kondisi perusahaan.

[Baca Juga: Survei LIPI Temukan 30 Persen Korban PHK Lulusan Sarjana]

Sebagai informasi, dalam Permenaker Nomor 6 Tahun 2016 pengusaha diwajibkan membayar tunjangan non-upah yakni THR kepada para pegawainya. Bagi pengusaha yang melanggar pun akan dikenai sanksi, mulai dari denda sampai sanksi administratif.

Dalam Pasal 5 Permenaker Nomor 6 tahun 2016 telah ditegaskan, pemberian THR dilakukan paling lambat 7 hari menjelang hari raya. Selanjutnya pada Pasal 10 Ayat 1 disebutkan Bahia bagi pengusaha yang telat membayar THR akan dikenakan denda sebesar 5% dari total THR Keagamaan yang harus dibayar, sejak berakhirnya batas waktu kewajiban pengusaha untuk membayar.


Read More

Artikel Lainnya

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kanto r.jpg

Properti dan Solusi

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kantor

04 October 2022, 15:58

Perusahaan startup product-as-a-service Bioma baru-baru ini disebut meraih suntikan pendanaan pre-seed yang dipimpon oleh East Ventures serta Init-6.

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.


Comments


Please Login to leave a comment.