Tiada Hingar-bingar Pawai di Perayaan HUT Surabaya Tahun Ini

Berita Kawasan

Tiada Hingar-bingar Pawai di Perayaan HUT Surabaya Tahun Ini

Melalui situs covid19.go.id, pemerintah melaporkan pembaruan data kasus positif virus SARS-CoV-2 di tanah air. Hingga Senin (1/6/2020) kemarin jumlah total keseluruhan sebanyak 26.940 kasus dengan rincian 7.637 pasien sembuh dan 1.641 pasien meninggal dunia. Jawa Timur berada di urutan kedua di bawah DKI Jakarta sebagai Provinsi dengan angka kasus tinggi yakni 4.922 kasus. Sebanyak 654 pasien dinyatakan sembuh, sedangkan pasien meninggal dunia sebanyak 412 orang.

Dari seluruh wilayah yang dicakup Provinsi Jatim, Kota Surabaya merupakan wilayah yang menyumbangkan kasus positif COVID-19 tertinggi. Tercatat 2.608 warga kota pahlawan yang terpapar virus SARS-CoV-2, dengan rincian 223 warga penyintas dan 243 pasien meninggal dunia.

Tiada Hingar-bingar Pawai di Perayaan HUT Surabaya Tahun Ini

Menimbang kondisi ini, Pemerintahan Kota (Pemkot) Surabaya pun memutuskan untuk tidak menyelenggarakan festival atau pun pawai dalam perayaan hari kelahiran Kota Pahlawan—berdasarkan revisi tahun 1975—yang jatuh pada Minggu (31/5/2020) kemarin.

Dilaporkan surabaya.go.id, perayaan tahun ini digelar dengan sederhana, tak ada keramaian dan perayaan yang meriah seperti tahun-tahun sebelumnya. Perayaan yang ke-727 ini dihelat di dapur umum penanganan COVID-19, berlokasi di Taman Surya halaman Balai Kota Surabaya. Pawai pun tidak ada pada tahun ini, hanya ada prosesi potong tumpeng yang dilakukan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini bersama jajarannya.

[Baca Juga: Di Tengah Pandemi, Depok Rayakan HUT dengan Beri Bantuan ke RSUD]

Sebelum potong tumpeng, Risma menyempatkan untuk memberikan arahan yang memotivasi para stafnya untuk selalu bekerja keras demi pembangunan Kota Surabaya. Dalam posisi berdiri, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan staf-staf yang ada di dapur umum itu mendengarkan dengan baik arahan dan motivasi yang disampaikan tersebut.

Tiada Hingar-bingar Pawai di Perayaan HUT Surabaya Tahun Ini

Menyinggung situasi dan kondisi pandemi, Risma tak henti-hentinya mengingatkan tentang pentingnya menjaga kesehatan. Menurutnya, saat ini sehat menjadi hal yang paling luar biasa dan patut disyukuri, karenanya diputuskan untuk merayakan HUT Surabaya secara sederhana. Apa lagi, sambung Risma, di luar sana masih banyak warga yang terbaring di rumah sakit, juga para nakes (tenaga kesehatan) yang sedang berjuang menyembuhkan warga yang terpapar COVID-19.

“Mari kita rayakan ini dengan sederhana. Saya atas nama pribadi dan keluarga mengucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya karena saat ini masih suasana syawal juga. Ini mungkin perayaan Hari Jadi Kota Surabaya yang terakhir bagi saya, karena tahun depan saya harus meninggalkan balai kota, karena itu saya mohon maaf kalau mungkin ada perkataan dan perilaku saya yang kurang berkenan di hati teman-teman sekalian,” tuturnya.

Tiada Hingar-bingar Pawai di Perayaan HUT Surabaya Tahun Ini

Presiden UCLG ASPAC ini juga menyampaikan bahwa sebuah kota atau daerah itu bisa berhasil atau tidak tergantung pada jajaran pemerintahannya. Tidak mungkin kota itu langsung serta merta berhasil tanpa ada upaya dan desain dari pengelola kotanya.

“Jadi, di tangan teman-teman lah kota ini akan menjadi seperti apa, kalau dilakukan dengan sungguh-sungguh, maka akan menjadi sebuah kota yang luar biasa. Kita harus maju terus dan menjadi Kota yang besar juga unggul,” tegasnya.

[Baca Juga: Di Tengah Lonjakan Kasus Positif, Wali Kota Surabaya Dapat 2 Kejutan]

Oleh karena itu, dia meminta kepada seluruh jajaran Pemkot Surabaya untuk selalu bergerak, berpikir dan jangan berhenti memajukan pembangunan. Sebab, hal itu akan sangat berpengaruh pada masa depan, dia pun berharap generasi penerus di Surabaya, ke depannya tidak hanya menjadi penonton di kotanya sendiri kelak. Usai menyampaikan arahan dan proses potong tumpeng. Risma langsung menggelar live streaming di media sosial sembari menyampaikan pidato sambutannya yang ditujukan bagi seluruh warga Surabaya.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Hanya Offline, Kemampuan Public Speaking Juga Dibutuhkan di Dunia Digita l.jpg

Pendidikan

Tak Hanya Offline, Kemampuan Public Speaking Juga Dibutuhkan di Dunia Digital

15 May 2022, 10:38

Di era digital saat ini, SDM di Tanah Air didorong memiliki kemampuan public speaking yang tak hanya bersifat luring tapi juga daring.

Belimbing dan Bayam di Agro Eduwisata Ini Dipanen Wagub Ariza.jpg

Berita Kawasan

Panen Belimbing dan Bayam di Agro Eduwisata

13 May 2022, 16:04

Wagub Ariza baru-baru ini bersama istrinya merasakan langsung bagaimana memanen buah belimbing serta sayur bayam di lahan eduwisata urban farming Jakarta Selatan.

Salvation, Ini Hasil Kolaborasi DJ Asal Belanja Lyfes dan DJ Yasmi n.jpg

Hobi dan Hiburan

Salvation, Ini Hasil Kolaborasi DJ Asal Belanja Lyfes dan DJ Yasmin

13 May 2022, 10:02

Pada hari ini, DJ Lyfes asal negara Belanda meluncurkan hasil kolaborasinya besama produser EDM dalam negeri DJ Yasmin.

Percepat Transformasi Digital di Sekolah Tanah Air, Acer Luncurkan Ajang ASSA 2022.jpg

Pendidikan

Percepat Transformasi Digital di Sekolah Tanah Air, Acer Luncurkan Ajang ASSA 2022

12 May 2022, 19:32

Acer Indonesia telah mempersiapkan hadiah total Rp500 juta dalam ajang penghargaan ASSA 2022 demi mempercepat transformasi digital di sekolah SD hingga SMA/SMK di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.