Hari Rabu Pegawai Sudin Perhubungan Jakbar Wajib Naik Angkutan Umum

Berita Kawasan

Tiap Rabu ASN Perhubungan Jakarta Barat Wajib Naik Angkutan Umum

Saat ini kesadaran untuk menggunakan kendaraan umum dibandingkan kendaraan pribadi sangat didorong oleh berbagai pihak di Jakarta. Pasalnya, salah satu penyumbang terbesar polusi udara yang terus membayangi Ibu Kota hingga kini adalah emisi gas buang yang dikeluarkan kendaraan bermotor, baik roda dua dan roda empat. Tampaknya, untuk mendukung usaha mengurangi polusi udara dari laju kendaraan pribadi di kawasan Jakarta Barat (Jakbar), Suku Dinas (Sudin) Perhubungan pun menerapkan aturan untuk para Aparatur Sipil Negara atau ASN di kantornya.

Hari Rabu Pegawai Sudin Perhubungan Jakbar Wajib Naik Angkutan Umum

Di peraturan yang sudah mulai diberlakukan itu, semua pegawai Sudin Perhubungan Jakbar wajib menggunakan transportasi umum atau angkutan kota setiap hari Rabu untuk pergi bekerja. Jadi walau mereka sudah terbiasa pulang-pergi dengan mobil atau motor pribadi, sehari dalam sepekan, mereka harus meninggalkan kebiasaan tersebut.

Menariknya, peraturan ini tidak hanya berlaku untuk para staf Sudin Perhubungan Jakbar saja tapi juga termasuk untuk para petingginya. Hal ini bisa dilihat pada Rabu 4 September 2019, ketika Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Sudin Perhubungan Jakbar Leo Amstrong berangkat bekerja dengan cara naik angkot.

[Baca Juga: Wali Kota Depok Imbau ASN Tak Gunakan Ojek Payung]

“Kewajiban naik transportasi umum pada hari Rabu adalah salah satu kegiatan positif bagi instansi Sudinshub Jakbar. Tujuannya, kita terlebih dahulu melaksanakannya sebelum beri aturan tersebut ke masyarakat,” jelas Leo, sebagaimana dikutip dari barat.jakarta.go.id (5/9/2019).

Kebijakan yang diterapkan Sudin Perhubungan Jakbar ini merupakan tindak lanjut instruksi dari Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarya Syafrin Liputo. Di mana pada awal September 2019, ia menjelaskan, dirinya telah menetapkan program car free day khusus untuk jajarannya khusus hari kerja. Bahkan keseriusan instruksi ini ditegaskan Syafrin dengan menyebut, jika ada anggota Dinas Perhubungan yang tidak mengikuti aturan ini maka harus siap menghadapi sanksi.

[Baca Juga: Kurangi Polusi Udara, ASN Dianjurkan Gunakan Transportasi Publik]

Hal yang senada juga disampaikan oleh Plt Kepala Sudin Perhubungan Jakbar. Leo menjelaskan, kebijakan ini merupakan hal yang harus menjadi rutinitas untuk jajarannya. Sehingga untuk memastikan kelancaran kebijakan ini akan ada hukuman yang diberikan bagi siapa saja yang melanggarnya.

Menurutnya, sanksi yang diberikan kepada pelanggar bisa berupa teguran hingga hukuman. Selain itu, Sudin Perhubungan Jakbar akan terus melakukan evaluasi terhadap kebijakan ini untuk memastikan bahwa peraturan ini dijalankan secara efisien serta efektif.


Read More

Artikel Lainnya

Konser 36 Tahun Kahitna Sukses Hadirkan 2 Tema yang Pukau Penonto n.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser 36 Tahun Kahitna Sukses Hadirkan 2 Tema yang Pukau Penonton

09 August 2022, 18:22

Dengan menghadirkan dua tema yang berbeda dalam konsernya yang dibagi menjadi dua sesi, fans Kahitna berhasil dipukau pada akhir pekan kemarin.

Pakar RSND Sebut ASI Merupakan Investasi untuk Bayi.jpg

Kesehatan

Pakar RSND Sebut ASI Merupakan Investasi untuk Bayi

09 August 2022, 15:20

Dokter spesialis anak di RSND Kota Semarang memaparkan mengapa pemberian ASI eksklusif dapat menjadi investasi bagi bayi Anda.

Jelang 17 Agustus, Ini Cara Perayaan HUT Kemerdekaan RI di Sura baya.jpg

Berita Kawasan

Jelang 17 Agustus, Ini Cara Perayaan HUT Kemerdekaan RI di Surabaya

09 August 2022, 11:18

Walau perayaan HUT Kemerdekaan RI masih satu pekan lagi tapi suasana 17 Agustusan sudah mulai terlihat di Kota Surabaya dengan beberapa kegiatan.

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan.jpg

Hobi dan Hiburan

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan

08 August 2022, 17:15

Tak hanya para seniman serta band konvensional atau yang sudah memiliki nama saja yang diundang Pemko Medan ke Beranda Kreatif Medan, ternyata musisi jalanan juga turut digandeng.


Comments


Please Login to leave a comment.