Hari Rabu Pegawai Sudin Perhubungan Jakbar Wajib Naik Angkutan Umum

Berita Kawasan

Tiap Rabu ASN Perhubungan Jakarta Barat Wajib Naik Angkutan Umum

Saat ini kesadaran untuk menggunakan kendaraan umum dibandingkan kendaraan pribadi sangat didorong oleh berbagai pihak di Jakarta. Pasalnya, salah satu penyumbang terbesar polusi udara yang terus membayangi Ibu Kota hingga kini adalah emisi gas buang yang dikeluarkan kendaraan bermotor, baik roda dua dan roda empat. Tampaknya, untuk mendukung usaha mengurangi polusi udara dari laju kendaraan pribadi di kawasan Jakarta Barat (Jakbar), Suku Dinas (Sudin) Perhubungan pun menerapkan aturan untuk para Aparatur Sipil Negara atau ASN di kantornya.

Hari Rabu Pegawai Sudin Perhubungan Jakbar Wajib Naik Angkutan Umum

Di peraturan yang sudah mulai diberlakukan itu, semua pegawai Sudin Perhubungan Jakbar wajib menggunakan transportasi umum atau angkutan kota setiap hari Rabu untuk pergi bekerja. Jadi walau mereka sudah terbiasa pulang-pergi dengan mobil atau motor pribadi, sehari dalam sepekan, mereka harus meninggalkan kebiasaan tersebut.

Menariknya, peraturan ini tidak hanya berlaku untuk para staf Sudin Perhubungan Jakbar saja tapi juga termasuk untuk para petingginya. Hal ini bisa dilihat pada Rabu 4 September 2019, ketika Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Sudin Perhubungan Jakbar Leo Amstrong berangkat bekerja dengan cara naik angkot.

[Baca Juga: Wali Kota Depok Imbau ASN Tak Gunakan Ojek Payung]

“Kewajiban naik transportasi umum pada hari Rabu adalah salah satu kegiatan positif bagi instansi Sudinshub Jakbar. Tujuannya, kita terlebih dahulu melaksanakannya sebelum beri aturan tersebut ke masyarakat,” jelas Leo, sebagaimana dikutip dari barat.jakarta.go.id (5/9/2019).

Kebijakan yang diterapkan Sudin Perhubungan Jakbar ini merupakan tindak lanjut instruksi dari Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarya Syafrin Liputo. Di mana pada awal September 2019, ia menjelaskan, dirinya telah menetapkan program car free day khusus untuk jajarannya khusus hari kerja. Bahkan keseriusan instruksi ini ditegaskan Syafrin dengan menyebut, jika ada anggota Dinas Perhubungan yang tidak mengikuti aturan ini maka harus siap menghadapi sanksi.

[Baca Juga: Kurangi Polusi Udara, ASN Dianjurkan Gunakan Transportasi Publik]

Hal yang senada juga disampaikan oleh Plt Kepala Sudin Perhubungan Jakbar. Leo menjelaskan, kebijakan ini merupakan hal yang harus menjadi rutinitas untuk jajarannya. Sehingga untuk memastikan kelancaran kebijakan ini akan ada hukuman yang diberikan bagi siapa saja yang melanggarnya.

Menurutnya, sanksi yang diberikan kepada pelanggar bisa berupa teguran hingga hukuman. Selain itu, Sudin Perhubungan Jakbar akan terus melakukan evaluasi terhadap kebijakan ini untuk memastikan bahwa peraturan ini dijalankan secara efisien serta efektif.


Read More

Artikel Lainnya

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.com.jpg

Bisnis

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.com

01 December 2022, 10:30

Bagi Anda yang saat ini sudah bersiap untuk berbelanja kebutuhan di rumah untuk sambut momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, maka ruparupa.com dapat jadi solusi mudahnya.

Sambut Momen Akhir Tahun, realme Gelar Promo Golden Carnival.jpg

Bisnis

realme Gelar Promo Golden Carnival di Momen Akhir Tahun 2022

30 November 2022, 14:25

Dalam rangka mendekatkan diri dengan realme Fans, realme akan menggelar promo serta event dengan tema Let It Gold dalam rangka menyambut momen akhir tahun 2022.

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery.jpg

Bisnis

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery

30 November 2022, 14:24

Dalam rangka mendukung UMKM di ranah budidaya ikan, Amartha bekerjasama dengan perusahaan eFishery untuk membantu memberikan akses peminjaman modal usaha.

Cianjur Berduka, Dari Donasi Hingga Terus Bergerak di Lapangan Dilakukan Relawan Unpa d.jpg

Pendidikan

Cianjur Berduka, Donasi dan Bantuan Terus Berdatangan dari Relawan Unpad

30 November 2022, 11:22

Sejak H+1 gempa cianjur hingga saat ini, para relawan Unpad terus bergerak demi membantu korban bencana alam tersebut.


Comments


Please Login to leave a comment.