Tidak Bisa Mudik, Mahasiswa UMM Produktif Bikin Karya

Pendidikan

Tidak Bisa Mudik, Mahasiswa UMM Produktif Bikin Karya

Tahun ini Idulfitri dirasakan muslim seluruh dunia dengan suasana yang berbeda dari tahun sebelumnya. Adanya pandemi COVID-19 membuat masyarakat tidak berani mudik atau pergi ke luar kota untuk bertemu dengan sanak saudara. Walau tidak bisa mudik, salah seorang mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Rahmat Iskandar Rizki mengalihkan kesedihannya dengan membuat suatu karya.

Dalam situasi tersebut, Rahmat tetap produktif dengan banyak melakukan aktivitas, seperti melukis dan merajut. Bahkan aktivitasnya ini berhasil membuat suatu karya berupa zine atau fanzine yang bisa dijual. Hal ini dilakukannya untuk menambah pemasukan di masa pandemi COVID-19 sehingga tidak terlalu ingat rumah.

[Baca Juga: Honda Berikan Pelatihan Pada Komunitas Agar Lebih Produktif]

Dilansir malangtimes.com (26/05/2020). Pria asal Jambi ini mengaku sedang mengasah kemampuannya dalam dunia menulis dengan membuat karya zine yang memiliki ragam isi.

"Lumayan buat mengisi waktu, saya membuat zine itu merupakan salah satu cara yang saya lakukan dalam menjaga kewarasan selama pandemi. Isinya ya berupa kumpulan tulisan hasil keresahan-keresahan selama sosial distancing, tapi nggak cuma karya pribadi ada juga zine kolektif yang saya buat bersama teman-teman," jelasnya.

Bahkan selama pandemi COVID-19 ini, ia menyatakan telah membuat setidaknya lima karya zine. Yakni zine aksara, zine tumpah kita, dan zine gacor (gara-gara coro-NAH!) volume 1-3.

Tidak Bisa Mudik, Mahasiswa UMM Produktif Bikin Karya

Khusus untuk zine gacor ini, ia menyebut berisi perihal kondisi masyarakat yang harus membatasi interaksi sosial hingga dampak-dampaknya. Yang tentunya diolah dengan gaya bahasa sendiri. Dan tidak lupa ditambah juga dengan desain-desain menarik yang melengkapi data dari tulisan yang ia buat serta kutipan-kutipan khusus bagi yang merasa bosan.

"Ya karena minimnya interaksi sosial, salah satu dampaknya rasa sepi. Pergolakan batin terus muncul. Kehidupan nyata beralih ke dunia maya. Maraknya maling karena ekonomi susah. Ya seputar itulah Mbak. Tapi saya bawakan dengan cara saya sendiri," kata pria berusia 24 tahun ini.

[Baca Juga: Beragam Aktivitas Produktif Bersama Anak Saat #dirumahaja]

Lebih lanjut, karya-karya yang dibuatnya tak hanya berhenti sampai di situ saja. Ke depan ia bakal melanjutkan project zine bersama para rekannya.

Semacam karya kolektif, di antaranya, zine aksara, zine tumpah kita, dan zine piyama. Setiap karya yang dibuatnya dipasarkan mulai dengan rentang harga Rp15.000-Rp20.000.

"Nah, karena selama corona ini, waktu luang saya banyak. Ketimbang suntuk dan nggak ngapa-ngapain, akhirnya saya tumpahkan hasil keresahan itu ke bentuk zine ini. Ya, semacam media literasi dalam bentuk DIY gitu. Nanti juga project kolektif bersama teman-teman akan dilanjutkan lagi," tandasnya


Read More

Artikel Lainnya

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesi a.jpg

Hobi dan Hiburan

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesia

20 May 2022, 18:40

Xiaomi Indonesia secara resmi meluncurkan produk entry-level mereka yang terbaru dengan kehadiran Redmi 10A.

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill.jpg

Bisnis

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill

20 May 2022, 16:37

Startup yang berfokus meningkatkan skill para pencari kerja di Tanah Air, My Skill, disebut meraih pendanaan awal dari East Ventures.

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Adakan Diskon Hingga 90 %.jpg

Bisnis

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Diskon Hingga 90%

20 May 2022, 14:36

Bagi Anda yang berniat membelikan mainan untuk buah hati maka bisa memanfaatkan momen Crazy Sale di Toys Kingdom Mall Gandaria City.

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kot a.jpg

Berita Kawasan

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kota

20 May 2022, 11:34

Pemprov DKI Jakarta mengumumkan akan melakukan uji coba penerapan CFD alias Hari Bebas Kendaraan Bermotor di wilayahnya pada akhir pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.