Tidak Hanya untuk Kulit, Kolagen Juga Bermanfaat pada Kesehatan Tubuh

Kesehatan

Tidak Hanya untuk Kulit, Kolagen Juga Bermanfaat untuk Tubuh

Di dalam tubuh manusia juga bisa menciptakan kolagen secara alami. Namun seiring waktu, produksi protein ini dapat melambat. Lalu apa khasiat kolagen untuk kesehatan? Berikut ulasannya yang diambil dari beberapa sumber.

Tidak Hanya untuk Kulit, Kolagen Juga Bermanfaat pada Kesehatan Tubuh

1. Mengencangkan Kulit

Kolagen memainkan peran penting dalam memperkuat kulit Anda serta dapat menjaga elastisitas dan hidrasi. Seiring bertambahnya usia, tubuh Anda menghasilkan lebih sedikit kolagen, menyebabkan kulit kering dan membentuk keriput. Namun, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa peptida atau suplemen collegen yang mengandung kolagen dapat membantu memperlambat penuaan kulit Anda dengan mengurangi kerutan dan kekeringan.

[Baca Juga: Terapi Kecantikan Ini Manfaatkan Energi Suara untuk Kencangkan Kulit]

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan Sara Sibillla dari MINERVA Reseacrch Labs Ltd, London menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi suplemen yang mengandung 2,5-5 gram kolagen selama delapan minggu mengalami kekeringan kulit yang lebih sedikit dan peningkatan elastisitas kulit yang signifikan dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi suplemen.

2. Menyehatkan Sendi Tulang

Kolagen dapat membantu menjaga persendian tulang Anda. Ketika jumlah kolagen dalam tubuh Anda berkurang seiring bertambahnya usia, risiko Anda mengalami gangguan sendi degeneratif seperti osteoartritis bisa meningkat.

Dalam sebuah penelitian telah dilakukan Bello dari University of Ilinois College of Medicine at Chicago, Amerika Serikat menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen kolagen dapat membantu memperbaiki gejala osteoartritis dan mengurangi nyeri sendi secara keseluruhan.

3. Mencegah Keropos Tulang

Tulang Anda sebagian besar terbuat dari kolagen, yang memberi mereka struktur dan membantu membuatnya kuat. Seiring bertambahnya usia, massa tulang juga bertambah. Hal ini dapat menyebabkan kondisi seperti osteoporosis, yang ditandai dengan kepadatan tulang yang rendah dan terkait dengan risiko patah tulang yang lebih tinggi.

[Baca Juga: Cegah Komplikasi Tulang Belakang dengan Vesselplasty]

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan Moskowitz dari Case Western Reserve University, Amerika Serikat menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen kolagen dapat membantu menghambat kerusakan tulang yang mengarah pada osteoporosis.

4. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Mengonsumsi suplemen kolagen dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Kolagen memberikan struktur ke arteri Anda, pembuluh darah yang membawa darah dari jantung Anda ke seluruh tubuh Anda. Tanpa kolagen yang cukup, arteri bisa menjadi lemah dan rapuh. Hal ini dapat menyebabkan aterosklerosis, penyakit yang ditandai oleh penyempitan pembuluh darah. Aterosklerosis berpotensi menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Itulah empat manfaat kolagen bagi kesehatan yang terdapat pada beberapa makanan dan suplemen harian Anda.

Read More

Artikel Lainnya

Pusing Setelah Bangun Tidur Ini Tips Meredakannya

Kesehatan

Pusing Setelah Bangun Tidur? Ini Tips Meredakannya

27 January 2020, 10:00

Pusing setelah bangun tidur mengganggu aktivitas harian Anda. Jangan khawatir, ini tips meredakan pusing atau sakit kepala.

4 Tips Sederhana Turunkan Berat Badan Tanpa Diet

Kesehatan

4 Tips Sederhana Turunkan Berat Badan Tanpa Diet

27 January 2020, 09:00

Ingin menurunkan berat badan tanpa program diet? Coba terapkan empat tips yang dirangkum PingPoint.co.id dalam artikel berikut ini.

Tips Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat di Kala Rutinitas Padat

Kesehatan

Tips Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat di Kala Rutinitas Padat

26 January 2020, 18:00

Hari-hari hujan di Jakarta membuat banyak orang terserang berbagai penyakit. Langkah-langkah yang harus dilakukan agar tubuh terhindar dari serangan penyakit.

5 Buah Ini Dipercaya Dapat Kurangi Resiko Terkena Penyakit Jantung

Kesehatan

5 Buah Ini Dipercaya Dapat Kurangi Resiko Terkena Penyakit Jantung

26 January 2020, 17:00

Menurut Kementerian Kesehatan RI, penyakit jantung menjadi penyebab kematian nomor dua di Indonesia setelah penyakit stroke


Comments


Please Login to leave a comment.