Tidak Lagi Fokus di Akademik, Ibu Milenial Lebih Pentingkan Karakter Anak

Pendidikan

Tidak Lagi Fokus di Akademik, Ibu Milenial Lebih Pentingkan Karakter Anak

Orangtua zaman dahulu mungkin lebih menginginkan anak-anaknya menjadi pribadi yang pintar dan meraih banyak prestasi di sekolah. Kerap kali keinginan orangtua ini membuat anak stres karena harus terus-terusan belajar. Namun kini, masanya orangtua milenial. Dibandingkan jadi anak yang berprestasi, orangtua kelahiran 1980-an hingga akhir 1990 ini lebih mementingkan anaknya memiliki karakter yang baik.

Berdasarkan survei yang dilakukan Orami dalam rangka Hari Ibu pada 22 Desember 2019 lalu, dengan menyertakan 1.200 ibu dengan rentang usia 25-35 tahun yang merupakan anggota komunitas parenting Orami ini, diketahui bahwa sebanyak 85 persen ibu khawatir anaknya memiliki pergaulan yang kurang baik. Sedangkan, hanya delapan persen ibu yang khawatir anaknya tidak berprestasi di sekolah.

Orami Rayakan 7 Tahun dengan Luncurkan Aplikasi Parenting

Hal ini tentu sangat mengkhawatirkan mengingat sedang ramai-ramainya tindak perundungan di lingkungan sekolah, mulai dari SD hingga sekolah tinggi. Yang lebih parahnya, banyak pihak pendidik yang terkesan menyepelekan tindak perundungan, seperti banyak kasus yang sedang ramai di media sosial.

[Baca Juga: Orami Rayakan 7 Tahun dengan Luncurkan Aplikasi Parenting]

Kemudian, 91 persen ibu berharap di masa depan sang buah hari memiliki ilmu agama yang baik, 75 persen di antaranya menginginkan anaknya memiliki sikap toleran dan sopan kepada sesama, 44 persen mampu mengurus orangtua di masa depan, dan 41 persen pandai bergaul. Hanya 27 persen ibu yang berharap anaknya berprestasi di sekolah.

“Dari hasil survei ini sebenarnya bisa kita simpulkan, ibu milenial zaman sekarang lebih mementingkan karakter anak dibandingkan prestasi. Kini berprestasi di sekolah tak sepenting memiliki karakter yang baik,” ujar Head of Parenting Orami Cynthia Tenggara saat ditemui PingPoint.co.id dalam acara peluncuran aplikasi Orami Parenting (12/2/2020).

[Baca Juga: Pendidikan Karakter Perlu Tekankan Nilai-Nilai Pancasila]

Di dalam survei tersebut, para ibu juga mengutarakan kekhawatiran dan harapannya terhadap suami dan perasaan yang ibu alami mengenai stigma dari masyarakat maupun saat sedang melakukan kegiatan pengasuhan anak. Disebutkan, 81 persen ibu berharap suaminya mampu menjadi pemimpin keluarga yang baik. Sementara itu, sebanyak 80 persen ibu mengutarakan, agar suaminya dapat membantu pekerjaan domestik seperti mengurus anak.


Read More

Artikel Lainnya

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.


Comments


Please Login to leave a comment.