Tidak Lagi Fokus di Akademik, Ibu Milenial Lebih Pentingkan Karakter Anak

Pendidikan

Tidak Lagi Fokus di Akademik, Ibu Milenial Lebih Pentingkan Karakter Anak

Orangtua zaman dahulu mungkin lebih menginginkan anak-anaknya menjadi pribadi yang pintar dan meraih banyak prestasi di sekolah. Kerap kali keinginan orangtua ini membuat anak stres karena harus terus-terusan belajar. Namun kini, masanya orangtua milenial. Dibandingkan jadi anak yang berprestasi, orangtua kelahiran 1980-an hingga akhir 1990 ini lebih mementingkan anaknya memiliki karakter yang baik.

Berdasarkan survei yang dilakukan Orami dalam rangka Hari Ibu pada 22 Desember 2019 lalu, dengan menyertakan 1.200 ibu dengan rentang usia 25-35 tahun yang merupakan anggota komunitas parenting Orami ini, diketahui bahwa sebanyak 85 persen ibu khawatir anaknya memiliki pergaulan yang kurang baik. Sedangkan, hanya delapan persen ibu yang khawatir anaknya tidak berprestasi di sekolah.

Orami Rayakan 7 Tahun dengan Luncurkan Aplikasi Parenting

Hal ini tentu sangat mengkhawatirkan mengingat sedang ramai-ramainya tindak perundungan di lingkungan sekolah, mulai dari SD hingga sekolah tinggi. Yang lebih parahnya, banyak pihak pendidik yang terkesan menyepelekan tindak perundungan, seperti banyak kasus yang sedang ramai di media sosial.

[Baca Juga: Orami Rayakan 7 Tahun dengan Luncurkan Aplikasi Parenting]

Kemudian, 91 persen ibu berharap di masa depan sang buah hari memiliki ilmu agama yang baik, 75 persen di antaranya menginginkan anaknya memiliki sikap toleran dan sopan kepada sesama, 44 persen mampu mengurus orangtua di masa depan, dan 41 persen pandai bergaul. Hanya 27 persen ibu yang berharap anaknya berprestasi di sekolah.

“Dari hasil survei ini sebenarnya bisa kita simpulkan, ibu milenial zaman sekarang lebih mementingkan karakter anak dibandingkan prestasi. Kini berprestasi di sekolah tak sepenting memiliki karakter yang baik,” ujar Head of Parenting Orami Cynthia Tenggara saat ditemui PingPoint.co.id dalam acara peluncuran aplikasi Orami Parenting (12/2/2020).

[Baca Juga: Pendidikan Karakter Perlu Tekankan Nilai-Nilai Pancasila]

Di dalam survei tersebut, para ibu juga mengutarakan kekhawatiran dan harapannya terhadap suami dan perasaan yang ibu alami mengenai stigma dari masyarakat maupun saat sedang melakukan kegiatan pengasuhan anak. Disebutkan, 81 persen ibu berharap suaminya mampu menjadi pemimpin keluarga yang baik. Sementara itu, sebanyak 80 persen ibu mengutarakan, agar suaminya dapat membantu pekerjaan domestik seperti mengurus anak.

Read More

Artikel Lainnya

Yuk Simak Tips Memilih PTN dan Prodi yang Tepat Versi Ditjen Dikti

Pendidikan

Yuk Simak Tips Memilih PTN dan Prodi yang Tepat Versi Ditjen Dikti

27 February 2020, 09:00

Proses pendaftaran SNMPTN akan segera berakhir, bagi yang masih bingung, yuk simak tips dan trik memilih Prodi yang tepat.

Astra Modern Land Bangun Hunian Cluster Mewah di Jakarta Timur

Properti dan Solusi

Astra Modern Land Bangun Hunian Cluster Mewah di Jakarta Timur

27 February 2020, 08:00

PT Astra Modern Land dalam proyek Aysa membangun Cluster Semayang sebagai hunian mewah dan nyaman di Jakarta Timur.

Sejarah Ondel-ondel Pertujukan Sakral Betawi yang Jadi Pengamen Jalanan

Berita Kawasan

Dinilai Rusak Ikon, Pemprov DKI Siap Tindak Pengamen Ondel-Ondel

27 February 2020, 07:00

Pemprov DKI disebut akan melakukan tindakan terhadap para pengamen ondel-ondel yang beroperasi di sekitar wilayah Ibu Kota.

OC Formula E Jakarta Sukses Ujicoba Bongkar Pasang Aspal di Monas

Berita Kawasan

OC Formula E Jakarta Sukses Uji Coba Bongkar Pasang Aspal di Monas

26 February 2020, 20:30

Sebagaimana di kawasan Monas, sirkuit Formula E di Paris juga terbuat dari cobblestone yang dilapisi aspal agar mudah dibongkar-pasang.


Comments


Please Login to leave a comment.