Tidak Lagi Fokus di Akademik, Ibu Milenial Lebih Pentingkan Karakter Anak

Pendidikan

Tidak Lagi Fokus di Akademik, Ibu Milenial Lebih Pentingkan Karakter Anak

Orangtua zaman dahulu mungkin lebih menginginkan anak-anaknya menjadi pribadi yang pintar dan meraih banyak prestasi di sekolah. Kerap kali keinginan orangtua ini membuat anak stres karena harus terus-terusan belajar. Namun kini, masanya orangtua milenial. Dibandingkan jadi anak yang berprestasi, orangtua kelahiran 1980-an hingga akhir 1990 ini lebih mementingkan anaknya memiliki karakter yang baik.

Berdasarkan survei yang dilakukan Orami dalam rangka Hari Ibu pada 22 Desember 2019 lalu, dengan menyertakan 1.200 ibu dengan rentang usia 25-35 tahun yang merupakan anggota komunitas parenting Orami ini, diketahui bahwa sebanyak 85 persen ibu khawatir anaknya memiliki pergaulan yang kurang baik. Sedangkan, hanya delapan persen ibu yang khawatir anaknya tidak berprestasi di sekolah.

Orami Rayakan 7 Tahun dengan Luncurkan Aplikasi Parenting

Hal ini tentu sangat mengkhawatirkan mengingat sedang ramai-ramainya tindak perundungan di lingkungan sekolah, mulai dari SD hingga sekolah tinggi. Yang lebih parahnya, banyak pihak pendidik yang terkesan menyepelekan tindak perundungan, seperti banyak kasus yang sedang ramai di media sosial.

[Baca Juga: Orami Rayakan 7 Tahun dengan Luncurkan Aplikasi Parenting]

Kemudian, 91 persen ibu berharap di masa depan sang buah hari memiliki ilmu agama yang baik, 75 persen di antaranya menginginkan anaknya memiliki sikap toleran dan sopan kepada sesama, 44 persen mampu mengurus orangtua di masa depan, dan 41 persen pandai bergaul. Hanya 27 persen ibu yang berharap anaknya berprestasi di sekolah.

“Dari hasil survei ini sebenarnya bisa kita simpulkan, ibu milenial zaman sekarang lebih mementingkan karakter anak dibandingkan prestasi. Kini berprestasi di sekolah tak sepenting memiliki karakter yang baik,” ujar Head of Parenting Orami Cynthia Tenggara saat ditemui PingPoint.co.id dalam acara peluncuran aplikasi Orami Parenting (12/2/2020).

[Baca Juga: Pendidikan Karakter Perlu Tekankan Nilai-Nilai Pancasila]

Di dalam survei tersebut, para ibu juga mengutarakan kekhawatiran dan harapannya terhadap suami dan perasaan yang ibu alami mengenai stigma dari masyarakat maupun saat sedang melakukan kegiatan pengasuhan anak. Disebutkan, 81 persen ibu berharap suaminya mampu menjadi pemimpin keluarga yang baik. Sementara itu, sebanyak 80 persen ibu mengutarakan, agar suaminya dapat membantu pekerjaan domestik seperti mengurus anak.


Read More

Artikel Lainnya

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.

Program PHINLA Sukses Bantu Pemprov DKI Jakarta Kelola Sampah .jpg

Berita Kawasan

Program PHINLA Sukses Bantu Pemprov DKI Jakarta Kelola Sampah

02 February 2023, 11:33

Baru-baru ini WVI serta DCA menggelar seminar yang didukung pemerintah terkait bagaimana program PHINLA sukses membantu pengelolaan sampah di Ibu Kota.

Karang Taruna Ratujaya Depok Adakan Festival BBM untuk Pembangunan Masjid

Berita Kawasan

Karang Taruna Ratujaya Depok Adakan Festival untuk Pembangunan Masjid

01 February 2023, 16:19

Festival BBM tersebut telah digelar oleh Katar RW 04 Ratujaya pada Sabtu, 28 Januari 2023 lalu.


Comments


Please Login to leave a comment.