Tidak Lagi Fokus di Akademik, Ibu Milenial Lebih Pentingkan Karakter Anak

Pendidikan

Tidak Lagi Fokus di Akademik, Ibu Milenial Lebih Pentingkan Karakter Anak

Orangtua zaman dahulu mungkin lebih menginginkan anak-anaknya menjadi pribadi yang pintar dan meraih banyak prestasi di sekolah. Kerap kali keinginan orangtua ini membuat anak stres karena harus terus-terusan belajar. Namun kini, masanya orangtua milenial. Dibandingkan jadi anak yang berprestasi, orangtua kelahiran 1980-an hingga akhir 1990 ini lebih mementingkan anaknya memiliki karakter yang baik.

Berdasarkan survei yang dilakukan Orami dalam rangka Hari Ibu pada 22 Desember 2019 lalu, dengan menyertakan 1.200 ibu dengan rentang usia 25-35 tahun yang merupakan anggota komunitas parenting Orami ini, diketahui bahwa sebanyak 85 persen ibu khawatir anaknya memiliki pergaulan yang kurang baik. Sedangkan, hanya delapan persen ibu yang khawatir anaknya tidak berprestasi di sekolah.

Orami Rayakan 7 Tahun dengan Luncurkan Aplikasi Parenting

Hal ini tentu sangat mengkhawatirkan mengingat sedang ramai-ramainya tindak perundungan di lingkungan sekolah, mulai dari SD hingga sekolah tinggi. Yang lebih parahnya, banyak pihak pendidik yang terkesan menyepelekan tindak perundungan, seperti banyak kasus yang sedang ramai di media sosial.

[Baca Juga: Orami Rayakan 7 Tahun dengan Luncurkan Aplikasi Parenting]

Kemudian, 91 persen ibu berharap di masa depan sang buah hari memiliki ilmu agama yang baik, 75 persen di antaranya menginginkan anaknya memiliki sikap toleran dan sopan kepada sesama, 44 persen mampu mengurus orangtua di masa depan, dan 41 persen pandai bergaul. Hanya 27 persen ibu yang berharap anaknya berprestasi di sekolah.

“Dari hasil survei ini sebenarnya bisa kita simpulkan, ibu milenial zaman sekarang lebih mementingkan karakter anak dibandingkan prestasi. Kini berprestasi di sekolah tak sepenting memiliki karakter yang baik,” ujar Head of Parenting Orami Cynthia Tenggara saat ditemui PingPoint.co.id dalam acara peluncuran aplikasi Orami Parenting (12/2/2020).

[Baca Juga: Pendidikan Karakter Perlu Tekankan Nilai-Nilai Pancasila]

Di dalam survei tersebut, para ibu juga mengutarakan kekhawatiran dan harapannya terhadap suami dan perasaan yang ibu alami mengenai stigma dari masyarakat maupun saat sedang melakukan kegiatan pengasuhan anak. Disebutkan, 81 persen ibu berharap suaminya mampu menjadi pemimpin keluarga yang baik. Sementara itu, sebanyak 80 persen ibu mengutarakan, agar suaminya dapat membantu pekerjaan domestik seperti mengurus anak.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.