ads
TAK LAMA LAGI WARGA CIBUBUR BISA NAIK LRT

Berita Kawasan

Tidak Lama Lagi, Warga Cibubur Bisa Naik LRT

Proyek kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek) Tahap I terbagi ke dalam tiga lintas pelayanan, yakni Cawang-Cibubur, Cawang-Dukuh Atas, dan Cawang-Bekasi Timur. Berdasarkan data yang dikutip dari lrtjabodebek.com, hingga Juli 2018 kemarin progres keseluruhan LRT Jabodebek ini sudah mencapai 41,7 persen. Adapun progres masing-masing proyek adalah 63,12 untuk LRT Cawang-Cibubur, 26,72 persen untuk LRT Cawang-Dukuh Atas, dan 37,2 untuk LRT Cawang-Bekasi Timur.

Jika dilihat dari progres masing-masing proyek, jelas bahwa LRT Cawang-Cibubur yang paling mendekati rampung. Kondisi ini pun semakin menegaskan kalau LRT relasi tersebut bisa selesai sesuai target, yaitu pada akhir tahun 2019 atau sekitar satu tahun dari sekarang. Ini sesuai dengan apa yang dikatakan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

"Insya Allah (operasi LRT) 2019 akhir," ujar Budi di Kantor Kemenko Bidang Kemaritiman, Jakarta, belum lama ini. Sebelumnya, dia mengatakan kalau LRT Cawang-Cibubur ditarget rampung akhir 2018, lalu kemudian direvisi menjadi Mei 2019.

[Baca Juga : Terminal Pulo Gebang Bisa Jadi Kawasan Bisnis Baru di Jakarta Timur]

Kemajuan progres proyek ini juga bertambah pada Agustus kemarin, di mana pihak PT Adhi Karya Tbk (ADHI) selaku pemilik dan pengembang proyek melakukan track work pada lintas Cawang-Cibubur. Track work sendiri merupakan proses mengaplikasikan rel pada struktur bangunan LRT. Di dalam pekerjaan ini terdapat pekerjaan track weld dan track cast.

Para pekerja yang menangani track weld pun telah melakukan penempatan rel di atas U shaped girder, yaitu melakukan cek pada kelurusan dan ketepatan rel, hingga pembersihan dan penarikan rel LRT. Selanjutnya pada pekerjaan track cast, para pekerja LRT mulai menyatukan fastening system dengan concrete plinth, melakukan pengecoran pada pembesian yang berada di bawah rel LRT, serta melakukan pemasangan bekisting.

Seluruh pekerjaan pemasangan rel pada lintas pelayanan Cawang-Cibubur ini sudah mencapai sekitar 1 kilometer. Berarti, masih ada sekitar 13,7 kilometer lagi yang mesti dipasang rel. Sebab sebagaimana rencana awalnya, LRT relasi Cawang-Cibubur ini akan dibuat sepanjang 14,7 kilometer, dan melintasi lima stasiun yang terdiri dari Stasiun Cawang, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Kampung Rambutan, Ciracas, dan Harja Mukti Cibubur.

Kemajuan Progres Tertinggi

Masih melihat data yang sama, kemajuan progres di bulan Juli kemarin dapat dikatakan sebagai yang tertinggi sepanjang pengerjaan proyek dalam lima bulan terakhir. Sebab pada Maret hingga Juni 2018, secara berturut-turut kenaikan progres itu merangkak dari 57,9 persen, 58,8 persen, 60,2 persen, dan kemudian 61 persen. Baru pada bulan Juli 2018, progres naik 2,1 persen menjadi 63,1 persen. Tapi, tingkat kemajuan ini terbilang masih kurang.

Mau tidak mau, persentase kenaikan progres tersebut harus terus ditingkatkan jika memang proyek LRT Cawang-Cibubur ingin rampung tahun depan. Atau setidaknya, butuh kenaikan progres rata-rata 3 persen per bulan agar warga Cibubur bisa merasakan dan menggunakan moda transportasi baru tersebut.

[Baca Juga : Proyek Infrastruktur Properti di Cibubur yang Menjanjikan]

Rampungnya LRT Cawang-Cibubur sesuai target juga sangat penting. Sebab selama ini, arus lalu lintas kendaraan di jalur Cawang-Cibubur kerap padat selama jam sibuk. Maka dengan hadirnya kereta ringan yang jalurnya mengadopsi konstruksi jalan layang ini, warga jadi punya alternatif baru sehingga kepadatan lalu lintas di jalan raya pun kemungkinan besar akan berkurang. Waktu dan jarak termpuh juga jadi lebih efisien dengan hadirnya salah satu relasi LRT Jabodebek tersebut.

ads
ads
ads

Artikel Lainnya

Perhatikan Hal ini Ketika Membuat Taman di Rumah.jpg

Properti dan Solusi

Perhatikan Hal ini Ketika Membuat Taman di Rumah

20 February 2019, 4 a.m.  |  4 Views

Banyak manfaat miliki taman di halaman rumah. Taman memberikan sirkulasi udara yang baik. Memandanginya juga baik untuk mata lelah.

Eka Kurniawan Jaga Kesehatan dengan Bersepeda.jpg

Kesehatan

Eka Kurniawan Jaga Kesehatan dengan Bersepeda

20 February 2019, 5 a.m.  |  7 Views

Mengetik berjam-jam di depan layar komputer dapat mengganggu kesehatan. Sastrawan Eka Kurniawan mengatasinya dengan rajin bersepeda.

Ngopi Instagramable di Serpong 1.jpg

Kuliner

4 Tempat Ngopi Instagramable di Serpong

20 February 2019, 3 a.m.  |  4 Views

Secangkir kopi panas jadi kenikmatan hakiki yang tak terbantahkan. Tak ayal, tempat ngopi juga hadir dengan interior instagramable.

Taman Bacaan Inovator.jpg

Pendidikan

Taman Baca Inovator Lahir Atas Nama Literasi

19 February 2019, 4 a.m.  |  48 Views

Gerakan taman bacaan mungkin sudah banyak ditemukan. Namun, Yayasan Taman Baca Inovator punya sentuhan berbeda.


Comments

Please Login to leave a comment.

ads