Tidak Melulu Sukses, 4 Produk PlayStation Ini Malah Gagal Di Pasaran

Hobi dan Hiburan

Tidak Melulu Sukses, 4 Produk PlayStation Ini Malah Gagal di Pasaran

Pertengahan bulan Juni 2020 ini perusahaan elektronik asal Jepang, Sony baru saja memperkenalkan produk terbarunya yakni PlayStation 5 (PS5). Banyak masyarakat menyambut positif peluncuran PS5. Bahkan diprediksi, konsol game generasi terbaru ini bakal melanjutkan kesuksesan pendahulunya PS4 di industri game global.

Meski bisa dibilang konsol game-nya selalu sukses, tapi PS juga memiliki beberapa produk yang ternyata tidak laku di pasaran bahkan dianggap gagal oleh para kritikus game. Lalu apa sajakah produk PS yang dianggap gagal tersebut?

[Baca Juga: Siap-siap, Sony Bakal Rilis Playstation 5 Pekan Ini]

Tidak Melulu Sukses, 4 Produk PlayStation Ini Malah Gagal Di Pasaran PS 1991

1) Play Station 1991

Sebelum meluncurkan konsol PSX di tahun 1994, Sony terlebih dulu mengeluarkan sebuah konsol game yang dinamakan Play Station (dengan dua kata yang dipisah) pada tahun 1991. Konsol ini tadinya merupakan proyek antara Sony dengan Nintendo yang merupakan raja dari industri video game pada waktu itu.

Namun karena pecah kongsi, Sony kemudian melepaskan diri dari Nintendo dan mencoba menjadi pesaingnya lewat Play Station. Berbeda dengan Nintendo, Play Station pada waktu sudah menggunakan Compact Disc (CD) untuk menyimpan permainan (meskipun bisa juga menggunakan cartridge milik nintendo). Hal itu dikarenakan Sony yang pada waktu itu memang menjadi salah satu produsen CD terbesar di dunia.

Meski begitu, Play Station 1991 hanya dirilis sebanyak 200 unit sebelum akhirnya Sony mengeluarkan PSX/Ps One yang mendobrak industri game pada waktu itu.

Tidak Melulu Sukses, 4 Produk PlayStation Ini Malah Gagal Di Pasaran PS Home

2) PlayStation Home

PlayStation Home adalah sebuah proyek Sony untuk membuat para gamer dapat berinteraksi di dunia yang dibuat PlayStation. Dirilis pada tahun 2008, PS Home hanya bisa diakses melalui PS3 lewat sambungan internet. Lewat PS Home, nantinya para gamers dapat membuat avatar sendiri serta membuat tempat tinggal virtual yang nantinya dapat dikunjungi gamers lain.

Meski terlihat menarik, namun ternyata produk ini tidak laku di pasaran. Salah satu yang membuat PS Home kurang populer adalah dengan adanya fitur mikrotransaksi dimana para gamers harus membayar untuk mendapatkan kostumisasi yang mereka inginkan. Karena sedikitnya gamers yang memainkan PS Home, akhirnya Sony menutup layanan PS Home pada tahun 2015.

Tidak Melulu Sukses, 4 Produk PlayStation Ini Malah Gagal Di Pasaran PS Vita

3) PlayStation Vita

Entah apa yang ada di pikiran kreator PS pada waktu itu saat merilis PS Vita. Berniat menyaingi konsol handhled milik nintendo yakni nintendo 3ds, PS Vita malah gagal di pasaran. Bukan hanya dari pesaingnya, pamor PS Vita juga kalah oleh ponsel-ponsel Android pada waktu itu yang juga menawarkan berbagai game menarik.

Terlebih peluncurannya pada 2011 hanya berselang dua tahun dari PS4. Otomatis banyak gamers yang lebih memilih untuk membeli PS4 dibanding PS Vita yang pada waktu itu hanya memiliki grafis mirip PS3.

Jika dibandingkan konsol portabel PS sebelumnya yakni PSP yang berhasil terjual hingga 82 Juta, PS Vita dikabarkan hanya terjual 10 juta unit pada 2015. Bahkan, Sony akhirnya memutuskan untuk menghentikan produksi game fisik untuk PS Vita.

[Baca Juga: Sebelum PS5, Ini Deretan Konsol Sony yang Hiasi Masa Kecil Anda]

Tidak Melulu Sukses, 4 Produk PlayStation Ini Malah Gagal Di Pasaran PS TV

4) PlayStation TV

Sebenarnya PlayStation TV bisa dibilang hanya merupakan PS Vita yang dapat disambungkan ke Televisi. Hanya saja, PS TV memiliki beberapa fitur seperti PS 4 remote play dan juga streaming PS Now yang tidak bisa didapatkan di PS Vita. Konsol yang diluncurkan pada 2014 silam ini awalnya memang untuk menggenjot penjualan PS Vita yang loyo. Namun karena fitur yang ditampilkan dianggap tidak terlalu spesial, maka penjualannya pun kurang laku. Berselang setahun kemudian, Sony pun akhirnya menghentikan produksi PS TV.

Jadi, di antara berbagai produk PS di atas, mana yang pernah kalian punya?


Read More

Artikel Lainnya

Mulai Hari Ini! Tangerang Great Sale Digelar Hingga 31 Desember 2022.jpg

Bisnis

Mulai Hari Ini! Tangerang Great Sale Digelar Hingga 31 Desember 2022

01 December 2022, 13:32

Menjelang momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, pesta diskon serta pameran UMKM bertajuk Tangerang Great Sale siap digelar sampai 31 Desember 2022.

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.com.jpg

Bisnis

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.com

01 December 2022, 10:30

Bagi Anda yang saat ini sudah bersiap untuk berbelanja kebutuhan di rumah untuk sambut momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, maka ruparupa.com dapat jadi solusi mudahnya.

Sambut Momen Akhir Tahun, realme Gelar Promo Golden Carnival.jpg

Bisnis

realme Gelar Promo Golden Carnival di Momen Akhir Tahun 2022

30 November 2022, 14:25

Dalam rangka mendekatkan diri dengan realme Fans, realme akan menggelar promo serta event dengan tema Let It Gold dalam rangka menyambut momen akhir tahun 2022.

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery.jpg

Bisnis

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery

30 November 2022, 14:24

Dalam rangka mendukung UMKM di ranah budidaya ikan, Amartha bekerjasama dengan perusahaan eFishery untuk membantu memberikan akses peminjaman modal usaha.


Comments


Please Login to leave a comment.