SMAN 75 Jakarta Hasilkan 3 Karya Literasi.jpg

Pendidikan

Tidak Sekadar Membaca, SMAN 75 Jakarta Hasilkan 3 Karya Literasi

Bila minat baca meningkat, produk literasi pada akhirnya dapat dihasilkan dalam bentuk tulisan atau bahkan buku. Hal tersebut ditemukan di SMAN 75 Jakarta Utara yang beralamat di Jl. Cakung Cilincing Raya No.1, RT.10/RW.2, Semper Timur, Cilincing, Jakarta Utara.

Tiga judul buku berhasil dibuat para pelajar dan guru SMAN 75 Jakarta. Dua buku tentang antologi cerpen hasil karya literasi siswa siswi dan satu buku mengenai kisah nyata yang berisikan perjalanan guru-guru yang mendapatkan kesempatan gratis menimba ilmu di Jepang.

[Baca Juga: Dubes Jepang Berikan Kuliah Umum di UI Depok]

"Belum dipasarkan secara nasional karena kami masih menggunakan penerbit indie untuk mencetak ketiga buku itu. Penjualannya juga baru ke lingkungan sekolah, orang tua murid dan lain-lain. Setidaknya karya literasi dari unsur sekolah SMAN 75 Jakarta sudah terangkum dalam buku yang bisa dibaca siapa saja dan kapan saja," terang Kepala Sekolah SMAN 75 Jakarta Agus Jaya seperti dilansir dari utara.jakarta.go.id (20/2/2019)

Hingga kini, sudah 400 eksemplar buku hasil karya literasi pelajar dan guru SMAN 75 Jakarta. "Tadi kita juga berikan buku-buku itu ke Pak Wali Kota Jakarta Utara semoga bisa menjadi bahan bacaan di waktu senggang," tuturnya.

SMAN 75 Jakarta Hasilkan 3 Karya Literasi

Ia berharap hasil karya literasi unsur sekolah SMAN 75 Jakarta bisa diterima penerbit buku besar di Indonesia. "Kita akan terus berusaha menghasilkan buku-buku bacaan yang ringan dan menghibur sehingga pembaca dapat menikmatinya," ujar Agus yang akan terus mendorong unsur sekolah untuk berkreasi menciptakan hasil karya di berbagai bidang.

Tahun lalu SMAN 75 mengikuti Pameran Literasi yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta sebagai wujud nyata dukungan pada gerakan literasi. Pameran literasi di Balaikota Provinsi DKI Jakarta itu bertujuan agar masyarakat sadar akan pentingnya membaca.

[Baca Juga: Komunitas Jendela Jakarta Bantu Anak Ibu Kota untuk Membaca]

Stand SMA Negeri 75 Jakarta mendapatkan apresiasi dari gubenur Provinsi DKI Jakarta Bapak Anies Baswedan. Membaca akan membawa kecerdasan dan meningkatkan karakter anak bangsa. SMA Negeri 75 Jakarta yang menjadikan salah satu sekolah yang menampilkan hasil karya Literasi yang telah berbentuk buku, hasil karya yang telah diterbitkan terdiri dari tiga buah buku yang telah mendapatkan No ISBN, yaitu Pak Guru Oh Pak Guru, Menyambut Subuh, dan Study Tour to JAPAN.

Read More

Artikel Lainnya

Kasus Terus Bertambah, Flat Isolasi Mandiri Tower 5 Sudah Terisi 91 Persen

Kesehatan

Kasus Terus Bertambah, Flat Isolasi Mandiri Tower 5 Sudah Terisi 91%

21 September 2020, 16:25

Di Tower 5 sudah terisi 1.442 pasien OTG yang tidak punya tempat untuk melakukan isolasi mandiri. Ini berarti tingkat hunian Flat Isolasi Mandiri mencapai 91,84 persen.

Hasil Patroli Akhir Pekan di Bogor Cenderung Sepi dan Terkendali

Berita Kawasan

Hasil Patroli: Akhir Pekan i Bogor Cenderung Sepi dan Terkendali

21 September 2020, 15:11

Wali Kota Bima Arya dan tim menyisir sejumlah restoran dan kafe di sepanjang Jalan KH Abdulah Bin Nuh (Yasmin), Semplak, Cilendek hingga Gunung Batu di Kota Bogor.

HBO Rajai Emmy Awards untuk Televisi, Apple Raih Piala Pertama

Hobi dan Hiburan

HBO Rajai Emmy Awards untuk Televisi, Apple Raih Piala Pertama

21 September 2020, 14:10

Pelopor streaming online Netflix Inc, yang memimpin perolehan dengan rekor 160 nominasi, memperoleh 21 penghargaan.

MRT Jakarta Raih Enam Penghargaan BUMD Marketeers Awards 2020

Bisnis

MRT Jakarta Raih Enam Penghargaan BUMD Marketeers Awards 2020

21 September 2020, 13:27

PT MRT Jakarta (Perseroda) juga mendapatkan penghargaan ICSB Presidential Award dari International Council for Small Business (ICSB) Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.