Tiga Lokasi di Jakarta Utara Ini Jadi Tempat Jaring Pelanggar PSBB

Berita Kawasan

Tiga Lokasi di Jakarta Utara Ini Jadi Tempat Jaring Pelanggar PSBB

Seperti yang kita tahu, sejak Jumat 10 April 2020 lalu Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayahnya sebagai cara untuk menangani pandemi COVID-19. Rencananya PSBB ini akan diterapkan selama 14 hari atau sampai 23 April 2020.

Dalam melakukan kebijakan tersebut, Pemprov DKI telah bekerja sama dengan aparat Kepolisan dan TNI untuk menindak warga yang melanggar. Bahkan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan sedikitnya ada 33 check point atau pos pemeriksan di wilayah Jakarta selama diterapkannya kebijakan PSBB.

Tiga Lokasi di Jakarta Utara Ini Jadi Tempat Jaring Pelanggar PSBB

Rinciannya adalah 11 pos pemeriksaan di perbatasan Jakarta dengan wilayah sekitar, 13 pos tersebar di stasiun dan terminal, 5 pos di pintu masuk tol, dan 4 pos di dalam kota.

[Baca Juga: 7 Hal yang Dilarang untuk Dilakukan Saat PSBB Berlangsung]

Untuk di wilayah Jakarta Utara sendiri, Suku Dinas Perhubungan Jakut bersama TNI dan Polri telah menetapkan tiga lokasi sebagai titik pemeriksaan kendaraan bermotor dalam penerapan PSBB. Ketiga lokasi cek poin tersebut ada di:

  1. Gerbang Tol Tanjung Priok
  2. Gerbang Tol Kapuk
  3. Pos Kamal yang berada di Jalan Kapuk Kamal, Penjaringan.

Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Utara, Harlem Simanjuntak mengatakan bahwa nantinya akan ada petugas yang berjaga di tiga lokasi tersebut untuk melakukan pemeriksaan dan penindakan.

Hal yang menjadi perhatian para petugas ketika memeriksa kendaraan tersebut dilihat dari jumlah penumpang. Sebab dalam penerapan kebijakan PSBB ini jumlah penumpang kendaraan tidak boleh lebih dari 50 persen jumlah kapasistas kursi kendaraan. Selain itu, petugas juga mewajibkan baik pengemudi maupun penumpang untuk terus menggunakan masker meskipun berada di dalam kendaraan.

"Tidak hanya di cek poin ini saja, petugas gabungan juga mobile (bergerak) keliling ruas jalan untuk melakukan penegakan aturan PSBB pada kendaraan," ujar Harlem.

[Baca Juga: PSBB, Tiga Kelurahan Jakarta Utara Terima Puluhan Ribu Sembako]

Penindakan bagi para pelanggar pun nantinya dibagi dalam dua tahap. Untuk penindakan awal, pelanggar wajib hanya akan diwajibkan mengisi sebuah blanko yang berisi pernyataan tidak akan mengulangi perbuatannya.

Sementara jika melakukan pelanggaran berulang, pihak berwenang tidak segan-segan memberikan sanksi kepada para pelanggar dengan merujuk Pasal 93 Jo Pasal 9 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Karantina Kesehatan dengan ancaman pidana penjara selama satu tahun dan denda Rp 100 juta.


Read More

Artikel Lainnya

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kanto r.jpg

Properti dan Solusi

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kantor

04 October 2022, 15:58

Perusahaan startup product-as-a-service Bioma baru-baru ini disebut meraih suntikan pendanaan pre-seed yang dipimpon oleh East Ventures serta Init-6.

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Sasaputri 2 years, 5 months lalu
    sasaputri

    Jangan lewatkan kesempatan menjadi Milyarder ! Caranya sangat mudah, hanya bergabung di poker165.co dengan TCoin Atau ikuti babak kualifikasi untuk memenangkan tiketnya 😎 Untuk info lebih lanjut kunjungi roadto1billion.com