KAI.jpg

Berita Kawasan

Tiket Kereta Api Jarak Jauh, Terapkan Wajib NIK

Keberadaan kereta api tidak pernah bisa lepas dari kebutuhan masyarakat. Kereta api merupakan salah satu alat transportasi penting yang digunakan untuk memobilisasi masyarakat di jalur darat secara cepat dan efektif dalam jarak yang cukup jauh. Terkini, PT. KAI (Persero), sebagai pihak pengelola manajemen transportasi kereta api di Indonesia menerapkan sistem baru terkait prosedur pembelian tiket untuk kereta api tipe jarak jauh.

Dalam sistem baru yang mulai diterapkan sejak kemarin, Selasa, 26 Oktober 2021, PT. KAI (Persero) mewajibkan penggunaan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sebagai syarat utama pembelian tiket kereta api jarak jauh. Berlaku juga untuk penumpang Warga Negara Asing (WNA), penggunaan NIK bisa diganti dengan nomor identitas yang tertera dalam paspor masing-masing.

“Ada pengumuman penting nih, #SahabatKAI. Terhitung mulai 26 Oktober 2021, pembelian tiket kereta api wajib menggunakan Nomor Induk Penduduk (NIK) bagi WNI. Sementara bagi WNA, wajib menggunakan nomor paspor.” Dikutip di laman resmi informasi PT. KAI.

Tiket KAI_Suara.jpg

Prosedur baru ini menyasar untuk seluruh penumpang yang akan membeli tiket kereta api jarak jauh, baik penumpang baru maupun yang sudah berlangganan menjadi membership KAI Access atau penumpang yang memiliki tarif reduksi. Terkhusus untuk penumpang membership KAI Access dan penumpang yang memiliki tarif reduksi, PT. KAI (Persero) mewajibkan untuk segera melakukan pembaharuan (update) data di laman aplikasi, customer service, Whatsapp Contact Center 121 di nomor 081112111121, atau mendatangi langsung loket-loket di stasiun besar.

“Proses update data dapat dilakukan melalui loket stasiun, aplikasi KAI Access dan customer service stasiun. Penumpang atas hak reduksi yang belum terdaftar, selain harus melengkapi data yang dipersyaratkan, juga wajib menginfokan NIK.” Lanjutnya.

[Baca Juga: Kereta Api Indonesia Luncurkan Percepatan Waktu Tempuh]

Menurut sumber informasi yang sama, penumpang yang tidak melakukan prosedur baru ini secara otomatis akan mendapatkan konsekuensi kegagalan dalam melanjutkan pembelian tiket. Hal ini dikarenakan format ID yang dimiliki calon penumpang tidak sama dengan NIK atau nomor identitas yang ada di paspor masing-masing.

Prosedur baru ini diterapkan sebagai bagian dari penyesuaian kondisi untuk mengintegrasikan dengan sistem kesehatan pencegahan COVID-19 yang sedang dibangun. Menurut PT. KAI (Persero), prosedur ini diberlakukan dalam bentuk upaya memvalidasi status vaksin penumpang. Mengingat, NIK yang dimiliki penumpang sudah terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi.

Tiket KAI_Liputan 6.jpg

“Aturan ini bertujuan untuk memudahkan dan memberikan kenyamanan pada saat penumpang melakukan boarding. Sebab, data vaksin, pemeriksaan PCR/Antigen yang terintegrasi di aplikasi PeduliLindungi sudah terekam dan dapat dilihat oleh petugas boarding.” Jelasnya.

Nantinya, pemberlakuan prosedur ini akan menjamin keamanan dan kenyamanan sesama penumpang kereta api jarak jauh lebih khusus, dan lingkungan stasiun umumnya. Serta, PT. KAI (Persero) bakal mengembalikan biaya tiket sepenuhnya bagi penumpang yang sudah membayar tiket namun tidak memenuhi persyaratan yang diwajibkan dalam prosedur baru ini. Sebelumnya, sebagai informasi tambahan, prosedur ini sudah diterapkan lebih awal di kereta api lokal mulai tanggal 31 Agustus 2021, kemarin.


Read More

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.