Tim dari Pulau Harapan Raih Juara di Festival Bedug Kepulauan Seribu

Berita Kawasan

Tim dari Pulau Harapan Raih Juara di Festival Bedug Kepulauan Seribu

Festival Bedug tingkat Kabupaten Kepulauan Seribu telah digelar pada 23 Mei 2019 di halaman Plaza Pulau Pramuka, Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara. Festival ini merupakan kegiatan tahunan yang bertujuan agar masyarakat Kepulauan Seribu, khususnya pemuda bisa berinovasi dan kreatif dalam kegiatan seni.

Dalam perhelatan ini, lomba bedug diikuti enam tim yang masing-masing berasal dari kelurahan yang berada di Kabupaten Kepulauan Seribu. Kepala Seksi Pembinaan Kebudayaan Sudin Parbud Kepulauan Seribu I Gusti Ayu Suharyani mengatakan, peserta dalam festival lomba bedug berjumlah 54 orang.

[Baca Juga: Ramadhan Fashion Festival Kembali Digelar]

Setiap kelurahan mengirimkan satu grup dalam ajang lomba bedug di Kepulauan Seribu. Di antara enam tim kelurahan, tim bedug Al-Arof dari Kelurahan Pulau Harapan yang berhasil meraih juara pertama dalam gelaran Festival Bedug tingkat Kabupaten Kepulauan Seribu yang diselenggarakan Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.

Mengutip pulauseribu.jakarta.go.id (24/5/2019), tim bedug dari Kelurahan Pulau Harapan mendapatkan trofi dan hadiah uang sebesar Rp12,5 juta. Sedangkan untuk juara kedua mendapatkan trofi dan hadiah uang sebesar Rp10 juta yang diraih tim bedug Al-Ikhlas dari Kelurahan Pulau Panggang.

[Baca Juga: Pertama Kali, Festival Ennichisai Blok M Hadirkan Booth Pendidikan]

I Gusti Ayu Suharyani mengatakan, selain mendapatkan trofi dan hadiah uang, kedua tim juara juga berhak mewakili Kabupaten Kepulauan Seribu untuk lomba bedug di tingkat provinsi pada 29 Mei mendatang. Sehingga, kedua tim juara dari Kepulauan Seribu diharapkan bisa meraih juara di tingkat provinsi. "Harapannya dengan kreasi dan inovasi yang diciptakan, tim ini juga bisa meraih juara di tingkat provinsi," ujar Ayu pada Jumat (24/05/2019).

Lurah Pulau Harapan Adi Apandi menanggapi hal ini sebagaimana dilansir pulauseribu.jakarta.go.id (24/5/2019). Dia mengungkapkan, turut mengapresiasi prestasi yang diraih tim dari Pulau Harapan. Dia juga berharap, prestasi tersebut bisa memotivasi kelurahan lain dalam meningkatkan kegiatan seni dan budaya di wilayahnya masing-masing. "Dengan menjadi juara, kedepannya bisa meningkatkan minat remaja dalam unsur pemeliharaan budaya islami. Dan juga bisa meningkatkan kreasi seni sehingga dapat bersaing dan membawa nama baik kabupaten," ujarnya.

Read More

Artikel Lainnya

Ideafest Kala Pandemi COVID-19 Jadi Momentum Evaluasi Industri Kreatif

Bisnis

Ideafest Kala Pandemi COVID-19 Jadi Momentum Evaluasi Industri Kreatif

29 October 2020, 18:06

Ideafest yang diselenggarakan secara virtual pada 5-15 November 2020 ini dapat memantik ide, kreativitas, dan inovasi pelaku usaha pada masa pandemi.

3 Film Indonesia Meraih Penghargaan Asian Academy Creative Awards 2020

Hobi dan Hiburan

3 Film Indonesia Meraih Penghargaan Asian Academy Creative Awards 2020

29 October 2020, 15:05

Dari ketiga film tersebut, Viu mendapatkan 14 gelar Juara Nasional dari 40 kategori, sehingga berhak mengikuti babak internasional pada bulan Desember .

UMN Kembangkan Prototipe Aplikasi Koreksi Penulisan U-Tapis

Pendidikan

UMN Kembangkan Prototipe Aplikasi Koreksi Penulisan U-Tapis

29 October 2020, 10:55

Universitas Multimedia Nusantara mengembangkan prototipe aplikasi koreksi penulisan dalam bahasa Indonesia bernama U-Tapis.

Acara Luring Pertama Selama Pandemi, Galeri Nasional gelar Pameran Imersif Affandi

Hobi dan Hiburan

Acara Luring Pertama Selama Pandemi, Galeri Nasional gelar Pameran Imersif Affandi

28 October 2020, 16:31

Melalui pameran itu, tidak hanya ketokohannya karya-karya Affandi yang luar biasa juga dapat menjadi inspirasi bagi banyak seniman.


Comments


Please Login to leave a comment.