Tim Ini Siap Pastikan Warga Malang Selalu Gunakan Masker Saat di Luar Rumah .jpg

Berita Kawasan

Tim Ini Siap Pastikan Warga Malang Selalu Gunakan Masker Saat di Luar Rumah

Pada pekan ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur yang bekerjasama dengan Polda Jawa Timur serta Kodam V/Brawijaya melepas tim khusus yang bertugas untuk memastikan masyarakat di wilayahnya taat terhadap protokol kesehatan untuk mencegah COVID-19, khususnya penggunaan masker saat berada di luar rumah. Di mana tim ini bernama Tim Pemburu Pelanggar Protokol Kesehatan COVID-19 atau Tim Mobile COVID Hunter. Salah satu wilayah yang turut melepaskan tim ini untuk segera bertugas di lapangan adalah Kota Malang dan para petugas ini disebut siap untuk menindak masyarakat yang melanggar.

Peresmian pelepasan ini digelar pada 16 September 2020 di Gedung Negara Grahadi Surabaya. “Tim Pemburu PelanggWaar Kesehatan COVID-19 ini dibentuk menindaklanjuti Perda No 2 Tahun 2020 dan Pergub Jatim No 53 Tahun 2020. Tim ini bekerja untuk menertibkan masyarakat, karena COVID-19 yang hari ini penyebarannya masih terus berjalan,” tutur Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, sebagaimana dikutip dari jatimprov.go.id (16/9/2020).

Tim Ini Siap Pastikan Warga Malang Selalu Gunakan Masker Saat di Luar Rumah.jpg

Orang nomor satu di Provinsi Jawa Timur itu menyebut, tim pemburu ini terdiri dari para anggota Satpol PP, TNI, Polri, serta organisasi masyarakat. Di mana mereka bekerja dengan menggelar Operasi Yustisi yang ditujukan untuk menjatuhkan sanksi kepada para pelanggar protokol kesehatan COVID-19, khususnya terkait penggunaan masker yang masih memang kerap dilanggar.

Tim Pemburu Pelanggar Protokol Kesehatan COVID-19 ini juga terlihat aktif di Kota Malang untuk memperhatikan setiap masyarakat yang berada di jalanan atau di ruang publik. Jika ada warga yang terjaring tak menggunakan masker, maka tim pemburu ini akan langsung menjatuhkan hukuman. Dengan hukumannya dibagi menjadi sanksi administratif sebesar Rp100.000 atau sanksi kurungan penjara selama tiga bulan. Hukuman ini disebut perlu diberikan demi menimbulkan efek jera sekaligus benar-benar membantu mengantisipasi penyebaran COVID-19 di wilayah Kota Malang.

[#R[

Menurut Wali Kota Malang Sutiaji, tim pemburu ini semakin melengkapi usaha Pemerintah Kota Malang dalam melawan penyebaran COVID-19. “Sekarang tak ada toleransi, waktunya ada penindakan hukum,” tegas Sutiaji, sebagaimana dikutip dari surabaya.liputan6.com (17/8/2020).

Kehadiran Tim Pemburu Pelanggar Protokol Kesehatan COVID-19 pada hari pertama mereka bertugas sudah mulai terlihat efektif dengan terjaringnya puluhan pelanggar. Di mana pada operasi yang digelar di area Balai Kota Malang itu berhasil mengumpulkan sanksi administrasi dengan nilai Rp3.030.000 serta tujuh KTP. Terkait perkembangan kasus COVID-19 di Kota Malang hingga 17 September 2020 terhitung sudah mencapai angka 1717 pasien.

[Baca Juga: Perawat Positif COVID-19, Puskesmas di Kota Malang Ditutup Bergilir]

Read More

Artikel Lainnya

Indekos, Toko Bunga, dan Museum, Inilah Perubahan Wajah Gedung Sumpah Pemuda

Berita Kawasan

Museum Sumpah Pemuda Gelar Pameran Sartono: Sang Pejuang Demokrasi

27 October 2020, 17:54

Dalam momen perayaan Sumpah Pemuda tahun ini, Museum Sumpah Pemuda menggelar pameran yang memperlihatkan sosok yang dipandang sebagai tokoh pejuang demokrasi di Indonesia, Sartono.

Dari realme Narzo 20 Hingga AIoT, Pekan Depan realme Rilis Jajaran Produk Baru!.jpg

Bisnis

Dari realme Narzo 20 Hingga AIoT, Pekan Depan realme Rilis Jajaran Produk Baru!

27 October 2020, 15:36

i awal November 2020, realme Indonesia sudah siap memperkenalkan beragam produk barunya, termasuk ponsel pintar yang targetkan mobile gamer.

Jelang Unjuk Rasa Omnibus Law di Surabaya, Wali Kota Risma Lakukan Init.jpg

Berita Kawasan

Jelang Unjuk Rasa Omnibus Law di Surabaya, Wali Kota Risma Lakukan Ini

27 October 2020, 14:29

Wali Kota Risma berpesan kepada warganya yang hendak ikut demonstrasi Omnibus Law pada hari ini.

Persiapan Libur Panjang, Pemprov Jawa Barat Siap Gelar Rapid Test Dadakan.jpg

Berita Kawasan

Persiapan Libur Panjang, Pemprov Jawa Barat Siap Gelar Rapid Test Dadakan

27 October 2020, 13:36

Pemprov Jawa Barat sudah mulai mempersiapkan untuk antisipasi potensi penyebaran COVID-19 saat libur panjang.


Comments


Please Login to leave a comment.