Setelah Libur Akhir Pekan Panjang, Pemprov DKI Kembali Ketatkan Klaster Perkantoran

Kesehatan

Tim Mitigasi PB IDI: VDJS Jadi Kunci Cegah Klaster Perkantoran

Baru-baru ini muncul kabar yang terbilang meresahkan terkait penyebaran COVID-19 di wilayah Ibu Kota. Pasalnya, dikabarkan bahwa terdapat peningkatan klaster perkantoran akibat banyak pekerja kantoran yang disinyalir semakin tak mematuhi protokol kesehatan.

Tim Mitigasi Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) menyadari betul mengenai fenomena ini dan menyampaikan memang pihak manajemen serta pengelola kantor perlu tegas, khususnya terkait pengaturan tata ruangnya. Di mana kuncinya terletak dalam manajemen tata ruangnya terdiri dari VDJS atau Ventilasi, Durasi, Jarak, dan Sirkulasi.

Tim Mitigasi PB IDI VDJS Jadi Kunci Cegah Klaster Perkantoran.jpg

“Terkait dengan klaster kantor di DKI Jakarta yang melonjak naik 120 persen, ini data yang kita dapatkan dari Pemprov DKI. Jadi sebagian besar kasus konfirmasi COVID-19 di perkantoran terjadi pada perkantoran yang sudah menerima vaksinasi. Artinya kita tidak bicara terkait dengan masalah vaksinasi saja tapi risiko itu masih ada. Kemudian kasus klaster kantor di DKI Jakarta naik tiga kali lipat sempat kemudian akhirnya ada wacana kita WFH (Work From Home) lagi,” ujar Ketua Tim Mitigasi PB IDI dr Adib Khumaidi, SpOT dalam diskusi virtual Rekomendasi Protokol Tata Ruang dan Adaptasi Kebiasaan Baru di Zoom (27/4/2021).

Ia melanjutkan, terdapat sekitar enam hal yang menjadi penyebab meningkatnya klaster perkantoran meningkat baru-baru ini. Di mana penyebab ini terdiri dari ruangan kantor yang padat, sirkulasi udara kantor yang buruk, karyawan yang berdesakan di transportasi umum, kegiatan buka puasa bersama, vaksinasi yang membuat pegawai cenderung lengah, dan pegawai hanya terapkan protokol kesehatan ketika di dalam ruangan kantor saja.

[Baca Juga: Atasi Kasus Kluster Perkantoran, Perusahaan Diminta Kooperatif]

Dari sinilah mengapa menurut dr. Adib dibutuhkan Standar Operasional Prosedur atau SOP yang harus diterapkan demi mencegah potensi terus melonjaknya kemunculan protokol kesehatan. Salah satu SOP tersebut adalah terkait tata ruang yang masuk ke dalam konsep VDJS yang di mana ini kembali kepada desain arsitektur dari perkantoran itu sendiri. Dari sisi ventilasi disebut kembali ke bagaimana manajemen perusahaan memastikan ruangan kantor memiliki ventilasi yang cukup dan ini berhubungan dengan bagaimana sirkulasi udara atau perputaran udara dalam ruangan.

Kemudian durasi merujuk kepada waktu kerja dari pegawai yang tak lebih dari tujuh hingga delapan jam agar pekerja memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat. Sedangkan jarak adalah memastikan pegawainya benar-benar menjaga jarak satu sama lain tanpa perlu meningkatkan potensi paparan COVID-19 dengan berkumpul bersama di waktu istirahat atau ketika buka puasa bersama.

Tim Mitigasi PB IDI VDJS Jadi Kun ci Cegah Klaster Perkantoran.jpg

“Ventilasi, Durasi, Jarak, dan Sirkulasi, kenapa (ini) penting? Ventilasi berkaitan dengan lubang-lubangnya, sirkulasi berkaitan dengan arus aliran udaranya. Jadi kita harus bisa mengisolasi orang-orang (kendalikan tata ruangnya) jangan sampai terkena infeksi. Di sinilah acara kita, tata ruang, tadi disampaikan bagaimana sinar matahari masuk, bagaimana sirkulasi udara masuk dan lain sebagainya. Saya tidak detail dengan konsep arsitektur tetapi ini adalah konsep-konsepnya bagaimana kita menjaga ventilasi, bagaimana kita memastikan ruangan kita itu bisa menjaga jarak, kita memastikan tempat kita itu bukan tempat orang nongkrong enggak jelas (jadi) durasinya jelas,” imbuh Ketua Tim Pedoman dan Protokol Tim Mitigasi PB IDI Dr. dr. Eka Ginanjar, SpPD-KKV.


Read More

Artikel Lainnya

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.


Comments


Please Login to leave a comment.