Tim Unpad Siap Uji Klinis Vaksin COVID-19.jpg

Pendidikan

Tim Riset Unpad Siap Uji Klinis Vaksin COVID-19

Pada Juni lalu, Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang PS Brodjonegro menyatakan, Indonesia akan segera melakukan uji klinik terhadap vaksin COVID-19 di Indonesia. Di mana pengujian ini dilakukan oleh Bio Farma serta perusahaan biofarmasi asal Tiongkok Sinovac dan ternyata selain kedua perusahaan ini, Universitas Padjadjaran (Unpad) juga turut dilibatkan. Dengan Unpad yang disebut akan siap mengerahkan Tim Riset Fakultas Kedokteran (FK).

Sebagaimana dilansir dari antaranews.com (9/7/2020), vaksin COVID-19 yang akan diujikliniskan di Indonesia merupakan vaksin DNA. Vaksin ini menurut Bambang akan disuntikkan ke relawan di Tanah Air demi mengetahui efektivitas serta keamanannya untuk mencegah infeksi dari virus SARS-CoV-2.

Pengujian vaksin COVID-19 oleh Tim Riset FK Unpad disebut saat ini masih menunggu 'lampu hijau' dari Komite Etik Penelitian Unpad. Bila dianggap layak oleh pihak komite, menurut Ketua Tim Riset FK Unpad Prof. Dr. Kusnandi Rusmil, dr., Sp.A(K), M.M maka timnya akan langsung bergerak untuk melakukan uji klinis yang akan dijalani 1.620 relawan di Kota Bandung.

Dalam proses uji klinis vaksin COVID-19, Tim Riset FK Unpad akan menyuntikkan vaksin itu ke tubuh para relawan yang sehat sebanyak dua kali. Kemudian ribuan relawan itu akan dicek secara berkala kesehatannya selama masa uji klinis yaitu sekitar tujuh bulan. Lalu setiap 14 hari sekali, para relawan akan kembali disuntik vaksin tersebut sebanyak dua kali.

Tim Unpad Siap Uji Klinis Vaksin COVID-19 .jpg

“Kita cari orang sehat, lalu kita suntikkan vaksinnya, apakah vaksinnya memunculkan zat anti terhadap penyakit atau tidak,” ungkap Kusnandi, sebagaimana dikutip dari unpad.ac.id (15/7/2020).

Demi memastikan bahwa vaksin COVID-19 itu aman digunakan, maka proses uji coba terhadap vaksin ini telah dan akan melewati beberapa tahapan. Dari mulai uji klinis ke hewan untuk melihat kestabilan dan keamanan. Ketika hasilnya dipandang stabil, vaksin untuk penyakit yang disebabkan virus Corona itu akan mulai diuji ke manusia. Saat di manusia pun akan terdapat tiga fase.

Menurut Kusnand ketiga fase itu terdiri dari fase pertama yang diujicobakan kepada 100 orang dewasa dan dilanjutkan ke fase kedua dengan 400 orang dewasa. Sedangkan untuk fase tiga, vaksin COVID-19 ini akan diuji klinis ke ribuan orang dan tahapan inilah yang akan dilakukan tim riset FK Unpad di Kota Bandung.


Read More

Artikel Lainnya

Kedai Ini Hadirkan Sajian Kopi Butter di Pasar Kranggan Yogyakarta.jpg

Kuliner

Kedai Ini Hadirkan Sajian Kopi Butter di Pasar Kranggan Yogyakarta

05 July 2022, 17:48

Kedai Terang Bintang di Pasar Kranggan Yogyakarta memiliki menu yang bisa dikatakan masih jarang ditemukan di kedai kopi lainnya di Kota Gudeg, yakni kopi butter.

Tak Sampai 1,5 Juta, realme Kembali Hadirkan Smartphone yang Ramah di Kantung.jpg

Bisnis

Tak Sampai 1,5 Juta, realme Kembali Hadirkan Smartphone Ramah Kantong

05 July 2022, 13:47

Perusahaan realme terus menggandeng para konsumennya yang menginginkan ponsel pintar dengan harga terjangkau dan kali ini hal itu direalisasikan melalui produk realme C30.

Tiga Mahasiswi ITB Menangi L’Oréal Brandstorm 2022 Global Tech Track

Pendidikan

3 Mahasiswi ITB Ini Berhasil Sabet Juara L’Oreal Brandstorm 2022 'Tech Track'

05 July 2022, 11:44

Para mahasiswi ITB berhasil membanggakan almamaternya usai meraih gelar juara di salah satu kategori kompetisi tingkat global L’Oreal Brandstorm 2022.

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri.jpg

Berita Kawasan

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri

04 July 2022, 15:35

Pada pekan kemarin warga Kota Medan melihat langsung berbagai rangkaian perayaan HUT ke-432 Kota Melayu Deli yang berisi hiburan, termasuk menyaksikan langsung wali kotanya manggung!


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Hanna56 1 year, 11 months lalu
    hanna56

    Game dengan kemenangan tiada batas, Game dengan penghasilan terbesar, Game dengan sensasi yang luar biasa. Kekayaan menanti anda..... Daftarkan diri anda dan bergabunglah hanya di bola165