Time Management sebagai Resolusi Tahun Baru 2019 (Part I)

Berita Kawasan

Time Management sebagai Resolusi Tahun Baru 2019 (Part I)

Hanya tinggal menghitung hari saja, maka tahun 2019 akan datang. Di sisi lain, awal tahun kerap dipandang sebagai permulaan untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Karena itu, tidak heran bila orang-orang sudah mempersiapkan resolusi tahun barunya dari jauh-jauh hari, dan ditargetkan untuk direalisasikan pada 1 Januari 2019. Sayangnya, di antara kaum milenial, acap kali resolusi tersebut terputus di tengah jalan.

Lantas, resolusi seperti apa yang sebenarnya bisa dijadikan pegangan kaum milenial yang rata-rata berprofesi sebagai pekerja? Karena itulah, PingPoint.co.id pun berdialog dengan Psikolog Tika Bisono untuk mengulas mengenai resolusi tahun baru yang dapat direalisasikan dan terbilang mudah untuk dilakukan.

Ilustrasi tahun baru.

Agenda sebagai Media Time Management

Tidak bisa dipungkiri, terkadang semangat bekerja dapat menurun setelah libur panjang. Tapi di saat yang bersamaan, kita memang harus kembali ke kantor dan bekerja karena itu sebuah kewajiban. Bila tidak hati-hati, suasana yang berbeda atau lelah usai berlibur ini dapat terbawa ke pekerjaan. Karena itulah, pengaturan waktu atau time management pribadi sangat dibutuhkan untuk membantu kaum milenial dalam beraktivitas di dunia kerja.

[Baca Juga: 3 Kegiatan Ini Bisa Menyehatkan Pekerja Kantoran]

“Sering munculnya waktu yang berlebih di kala liburan membuat diri kita membutuhkan kalender pribadi kerja seperti buku agenda. Ini untuk membiasakan diri Anda menyadari bahwa setelah liburan, Anda [harus] masuk kerja lagi. Ini memang siklus kerja,” ucap Tika Bisono kepada PingPoint.co.id (24/12/2018).

Karena itulah, Tika menjelaskan bahwa resolusi tahun baru 2019 yang paling penting adalah melalui time management. Berbeda dengan resolusi tahun baru yang biasanya hanya diucapkan, pengaturan waktu di kantor membutuhkan media seperti buku jurnal atau buku agenda agar Anda dapat terus menata jadwal kesibukan.

Time-Management-sebagai-Resolusi-Tahun-Baru-3.jpg

“Layaknya perusahaan pada umumnya yang mempunyai kalender fiskal, orang kantoran atau pekerja pun memerlukan hal yang serupa. Dengan buku agenda, Anda dapat menentukan apa yang harus diisi dalam bagian kalender pribadi. Dari Senin sampai Minggu, Anda yang memiliki kontrol penentuan aktivitas agar efektif,” tutur Tika.

[Baca Juga: Bersepeda ke Kantor Demi Ubah Sedentari Jadi Mobilitas Hijau]

Dengan time management sebagai resolusi tahun baru, Tika menyebut seseorang dapat memiliki arti yang lebih baik dalam mengatur kehidupan di dalam dan di luar kantor. Dengan ini, seseorang juga sudah memiliki rencana apa yang akan dikerjakan di kantor atau di kala liburan. Psikolog yang juga berprofesi sebagai dosen itu juga menuturkan, dengan buku jurnal, maka Anda juga bisa untuk meninjau progres dalam pekerjaan.

“Setiap tahun selalu ada yang baru dalam hidup, tapi pada umumnya kebanyakan orang menjalani hal yang serupa dengan tahun-tahun sebelumnya. Jadi (dengan buku jurnal-red) ini bisa menjadi momen yang membuat diri yang lebih baik. Dari mulai mencoba memasukan agenda untuk memberikan ide-ide baru ke atasan, sampai lebih terlibat dalam kegiatan sosial,” ucap Tika.

Selanjutnya


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.