Time Management sebagai Resolusi Tahun Baru 2019 (Part I)

Berita Kawasan

Time Management sebagai Resolusi Tahun Baru 2019 (Part I)

Hanya tinggal menghitung hari saja, maka tahun 2019 akan datang. Di sisi lain, awal tahun kerap dipandang sebagai permulaan untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Karena itu, tidak heran bila orang-orang sudah mempersiapkan resolusi tahun barunya dari jauh-jauh hari, dan ditargetkan untuk direalisasikan pada 1 Januari 2019. Sayangnya, di antara kaum milenial, acap kali resolusi tersebut terputus di tengah jalan.

Lantas, resolusi seperti apa yang sebenarnya bisa dijadikan pegangan kaum milenial yang rata-rata berprofesi sebagai pekerja? Karena itulah, PingPoint.co.id pun berdialog dengan Psikolog Tika Bisono untuk mengulas mengenai resolusi tahun baru yang dapat direalisasikan dan terbilang mudah untuk dilakukan.

Ilustrasi tahun baru.

Agenda sebagai Media Time Management

Tidak bisa dipungkiri, terkadang semangat bekerja dapat menurun setelah libur panjang. Tapi di saat yang bersamaan, kita memang harus kembali ke kantor dan bekerja karena itu sebuah kewajiban. Bila tidak hati-hati, suasana yang berbeda atau lelah usai berlibur ini dapat terbawa ke pekerjaan. Karena itulah, pengaturan waktu atau time management pribadi sangat dibutuhkan untuk membantu kaum milenial dalam beraktivitas di dunia kerja.

[Baca Juga: 3 Kegiatan Ini Bisa Menyehatkan Pekerja Kantoran]

“Sering munculnya waktu yang berlebih di kala liburan membuat diri kita membutuhkan kalender pribadi kerja seperti buku agenda. Ini untuk membiasakan diri Anda menyadari bahwa setelah liburan, Anda [harus] masuk kerja lagi. Ini memang siklus kerja,” ucap Tika Bisono kepada PingPoint.co.id (24/12/2018).

Karena itulah, Tika menjelaskan bahwa resolusi tahun baru 2019 yang paling penting adalah melalui time management. Berbeda dengan resolusi tahun baru yang biasanya hanya diucapkan, pengaturan waktu di kantor membutuhkan media seperti buku jurnal atau buku agenda agar Anda dapat terus menata jadwal kesibukan.

Time-Management-sebagai-Resolusi-Tahun-Baru-3.jpg

“Layaknya perusahaan pada umumnya yang mempunyai kalender fiskal, orang kantoran atau pekerja pun memerlukan hal yang serupa. Dengan buku agenda, Anda dapat menentukan apa yang harus diisi dalam bagian kalender pribadi. Dari Senin sampai Minggu, Anda yang memiliki kontrol penentuan aktivitas agar efektif,” tutur Tika.

[Baca Juga: Bersepeda ke Kantor Demi Ubah Sedentari Jadi Mobilitas Hijau]

Dengan time management sebagai resolusi tahun baru, Tika menyebut seseorang dapat memiliki arti yang lebih baik dalam mengatur kehidupan di dalam dan di luar kantor. Dengan ini, seseorang juga sudah memiliki rencana apa yang akan dikerjakan di kantor atau di kala liburan. Psikolog yang juga berprofesi sebagai dosen itu juga menuturkan, dengan buku jurnal, maka Anda juga bisa untuk meninjau progres dalam pekerjaan.

“Setiap tahun selalu ada yang baru dalam hidup, tapi pada umumnya kebanyakan orang menjalani hal yang serupa dengan tahun-tahun sebelumnya. Jadi (dengan buku jurnal-red) ini bisa menjadi momen yang membuat diri yang lebih baik. Dari mulai mencoba memasukan agenda untuk memberikan ide-ide baru ke atasan, sampai lebih terlibat dalam kegiatan sosial,” ucap Tika.

Selanjutnya

Read More

Artikel Lainnya

Asosiasi Promotor Musik Indonesia Siapkan Inovasi Pertunjukan Berstandar Internasional

Bisnis

Asosiasi Promotor Musik Indonesia Siapkan Pertunjukan dengan Acuan 4 Pilar

31 October 2020, 15:07

APMI, asosiasi formal promotor musik satu-satunya di Indonesia baru saja berdiri. Mereka akan siapkan pertunjukan musik dengan mengacu pada empat pilar.

Elite Race Borobudur Marathon Periksa Kesehatan Pelari, Kru, dan Tamu Undangan

Berita Kawasan

Elite Race Borobudur Marathon Periksa Kesehatan Pelari, Kru, dan Tamu Undangan

31 October 2020, 12:32

Tidak sebatas terhadap atlet pelari, pemeriksaan kesehatan juga akan dilakukan kepada semua kru dan tamu undangan ”Elite Race” Borobudur Marathon.

Waspada Dampak La Nina, Pemkot Bndung Ajak Warga Bersihkah Saluran Air

Berita Kawasan

Waspada Dampak La Nina, Pemkot Bandung Ajak Warga Bersihkah Saluran Air

30 October 2020, 17:22

Saat ini Kota Bandung harus waspada terhadap dampak dari fenomena La Nina yang dapat meningkatkan curah hujan.

Pantai Sakura di Pulu Untung Jawa Akan Bakal Dibuat Makin Ikonik

Berita Kawasan

Pantai Sakura di Pulu Untung Jawa Akan Bakal Dibuat Makin Ikonik

30 October 2020, 14:03

Pantai Sakura ini cukup luas, saat ini baru ada puluhan pohon sakura, Pemkab akan tambah lagi agar semakin rimbun. Diharapkan, Pantai Sakura ini semakin ikonik.


Comments


Please Login to leave a comment.