Time-Management-sebagai-Resolusi-Tahun-Baru-2019.jpg

Berita Kawasan

Time Management sebagai Resolusi Tahun Baru 2019 (Part II)

Psikolog Tika Bisono menuturkan, resolusi tahun baru kerap dipandang sebelah mata oleh banyak orang di Indonesia. Menurut pandangannya, tanpa resolusi yang dapat dijadikan pegangan, maka tahun baru 2019 Anda akan terasa sama dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Semua orang perlu resolusi, dan dengan menjadikan time management sebagai resolusi tersebut, maka Anda memiliki semacam target achievement yang berusaha dikejar. Dengan agenda, Anda terbiasa untuk memiliki hari-hari yang tertata dan kegiatan di kantor pun lebih efektif,” jelasnya kepada PingPoint.co.id (24/1/2018).

[Baca Juga: Catat! UMP DKI Siap Naik di 2019]

Time management ini juga dapat berpengaruh dengan kesehatan. Karena menurut Tika, agenda kegiatan di kantor yang tercatat di dalam buku jurnal membuat Anda tetap berusaha sehat karena ada target yang berusaha dicapai.

Time-Management-sebagai-Resolusi-Tahun-Baru-4.jpg

“Jadi semacam enggan sakit karena tahu ada pekerjaan yang harus diselesaikan, atau ada meeting yang harus dihadiri. Anda bisa memasukan juga di buku agenda untuk mengingatkan minum vitamin dan madu agar terhindar dari sakit. Saat masuk ke hari libur maka bisa rehat, karena memang sudah tercatat di agenda. Jadi ketika kembali kerja sudah memiliki semangat baru,” sambungnya.

Menariknya, bila Anda memang ingin menjadikan time management sebagai resolusi tahun baru 2019, Tika Bisono menyarankan agar tetap menggunakan buku jurnal dan menghindari penggunaan gadget untuk mencatatnya. Sebenarnya, ini terbilang sejalan dengan realitas kaum milenial yang acap kali terjebak dengan kegiatan proskratinasi.

Sekadar informasi, proskratinasi merupakan tindakan menunda-nunda tugas penting dengan melakukan kegiatan yang memiliki kepentingan rendah. Sebagaimana dilansir dari forbes.com, salah satu cara menekan proskratinasi dengan mematikan ponsel Anda dan menetapkan batas waktu yang cukup untuk menyelesaikan tugas yang ada di depan mata.

[Baca Juga: 3 Kegiatan Ini Bisa Menyehatkan Pekerja Kantoran]

Time-Management-sebagai-Resolusi-Tahun-Baru-6.jpg

Hal ini dipandang agar diri Anda lebih terbiasa untuk fokus tanpa terganggu dengan hal-hal seperti media sosial atau bermain game di ponsel. “Lepaskan pengaruh gadget, jadi penting untuk time management menggunakan buku agenda,” ucap Tika.

Jadi di balik kembang api, terompet, dan teriakan hitung mundur untuk memasuki tahun baru 2019, Anda masih memiliki beragam kewajiban yang tetap harus dijalani--baik itu di kantor atau di rumah. Dengan time management sebagai resolusi, maka Anda sudah mengambil langkah kecil untuk mengejar goal yang ditargetkan. Jadi, ambilah buku jurnal dan mulailah mencatat apa kegiatan yang Anda rencanakan untuk dilakukan di kantor.

Sebelumnya

Read More

Artikel Lainnya

Java Aquatic, Hobi Biota Laut yang Dikembangkan Jadi Bisnis   .jpg

Bisnis

Java Aquatic, Hobi Biota Laut yang Dikembangkan Jadi Bisnis

28 September 2020, 20:19

Berkat hobi biota laut, Nico dan rekannya berhasil dirikan toko Java Aquatic yang berlokasi di kawasan Kebayoran Lama Jakarta Selatan

Cegah Banjir, Pemkot Jakarta Utara Gelar Gerebek Lumpur.jpg

Berita Kawasan

Cegah Banjir, Pemkot Jakarta Utara Gelar Gerebek Lumpur

28 September 2020, 16:55

Pada akhir pekan kemarin, Pemkot Jakarta Utara memanfaatkannya untuk mengadakan kegiatan demi mencegah terjadinya banjir di musim hujan.

Setelah Viral di Medsos, Kafe di Galaxy Bekasi Disegel.jpg

Berita Kawasan

Setelah Viral di Medsos, Kafe di Galaxy Bekasi Disegel

28 September 2020, 14:41

Pada akhir pekan kemarin, jagat medsos Jabodetabek dihebohkan dengan pengunjung kafe di area Galaxy Kota Bekasi yang ramai berjoget tanpa mengindahkan protokol kesehatan.

Gantikan Mohammad Idris, Dedi Supandi Jabat Pjs Wali Kota Depok.jpg

Berita Kawasan

Gantikan Mohammad Idris, Dedi Supandi Jabat Pjs Wali Kota Depok

28 September 2020, 13:43

Resmi mulai menjalani cuti untuk Pilkada Depok 2020, jabatan Mohammad Idris untuk sementara digantikan Dedi Supandi.


Comments


Please Login to leave a comment.