Timsus Penindak Pelanggar COVID-19 Siap Bertugas di Kepulauan Seribu

Berita Kawasan

Timsus Penindak Pelanggar COVID-19 Siap Bertugas di Kepulauan Seribu

Guna mencegah penyebaran COVID-19 di Jakarta, Unsur tiga pilar yang terdiri dari Polres, Koramil dan Satpol Kepulauan Seribu membentuk Tim khusus Penindak Pelanggar Protokol Kesehatan COVID-19 Kepulauan Seribu. Timsus ini sendiri diresmikan langsung oleh Kapolres Kepulauan Seribu AKBP Morry Ermond, di dermaga 16 Marina Ancol, Jakarta pada Rabu, 23 September 2020.

Dalam peresmian ini juga dihadiri Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Kepulauan Seribu Eric Pahlevi Zakaria Lumbun, Danramil Kepulauan Seribu Mayor Inf Ali Anwar Faola, Wakapolres Kepulauan Seribu Kompol Asep Alhuda, S.T, Kasatpol PP Kepulauan Seribu Rahmat Lubis, perwakilan Koramil, dan Komunitas Nelayan.

Timsus Penindak Pelanggar COVID-19 Siap Bertugas di Kepulauan Seribu

Tercatat dalam kegiatan ini Kapolres Kepulauan Seribu AKBP Morry Ermond melakukan penyematan rompi kepada anggota Timsus Penindak Pelanggar Prokes COVID-19, pemasangan rompi kepada anggota penegak disiplin berbasis komunitas, dan melepas keberangkatan 5 kapal Timsus ke wilayah Kepulauan Seribu.

“Pembentukan timsus ini sesuai arahan Kapolda Metro Jaya dengan melibatkan tiga unsur yaitu Polri, TNI dan Satpol-PP. Nantinya Timsus ini bertugas melakukan penindakan terhadap para pelanggar protokol kesehatan COVID-19, yaitu berupa teguran, sanksi sosial hingga denda. Dimana sasarannya adalah warga yang berada di pemukiman dan nelayan yang sedang melaut, kita juga lakukan sidang di tempat," kata Kapolres Kepulauan Seribu AKBP Morry Ermond seperti diberitakan pulauseribu.jakarta.go.id (23/9/2020).

[Baca Juga: Begini Langkah Pemkab Kepulauan Seribu Tangani COVID-19 dan DBD]

AKBP Morry Ermond berharap dengan pembentukan timsus ini, dapat memberikan pelajaran kepada warga Kepulauan Seribu untuk membiasakan pola hidup baru seperti menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan ditengah suasana pandemi COVID-19. "Unsur tiga pilar ini juga berupaya semaksimal mungkin menekan pandemi COVID-19 khususnya yang ada di wilayah Kepulauan Seribu," tambahnya.

Pelanggar Dijaring

Dalam kesempatan berbeda diberitkan, sebanyak 98 orang terjaring Operasi Yustisi Pencegahan COVID-19 dalam PSBB Pengetatan di Kabupaten Administrasi Jakarta Kepulauan Seribu. Menurut Kepala Satpol PP Kepulauan Seribu, Rahmat Lubis, puluhan pelanggar tersebut terjaring hasil kegiatan operasi yustisi yang dilakukan sejak 14-20 September.

"Ada sekitar 98 orang yang sudah kita lakukan tindakan tegas dan secara persuasif serta humanis, dengan rincian 96 orang sanksi sosial dan 2 orang sanksi administrasi yang dibayarkan melalui Bank DKI," kata Rahmat Lubis masih dari sumber yang sama.

[Baca Juga: Prodi TICK-PNJ Bantu Warga Kepulauan Seribu Terdampak COVID-19]

Rahmat menjelaskan, wilayah yang paling tinggi melakukan penindakan adalah Kelurahan Pulau Panggang, diikuti Kelurahan Pulau Harapan dan Kelurahan Pulau Kelapa di wilayah Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, sedangkan di Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan adalah Kelurahan Pulau Pari. "Paling tinggi adalah di Kelurahan Pulau Panggang yaitu 28, kemudian permukiman Pulau Harapan 23 orang, Pulau Kelapa 18 orang dan Pulau Pari 14 orang," tuturnya.

Selama operasi yustisi pelanggar yang memilih sanksi sosial diminta untuk menyapu jalan, memungut sampah dan menyebutkan butir Pancasila.

Read More

Artikel Lainnya

Ideafest Kala Pandemi COVID-19 Jadi Momentum Evaluasi Industri Kreatif

Bisnis

Ideafest Kala Pandemi COVID-19 Jadi Momentum Evaluasi Industri Kreatif

29 October 2020, 18:06

Ideafest yang diselenggarakan secara virtual pada 5-15 November 2020 ini dapat memantik ide, kreativitas, dan inovasi pelaku usaha pada masa pandemi.

3 Film Indonesia Meraih Penghargaan Asian Academy Creative Awards 2020

Hobi dan Hiburan

3 Film Indonesia Meraih Penghargaan Asian Academy Creative Awards 2020

29 October 2020, 15:05

Dari ketiga film tersebut, Viu mendapatkan 14 gelar Juara Nasional dari 40 kategori, sehingga berhak mengikuti babak internasional pada bulan Desember .

UMN Kembangkan Prototipe Aplikasi Koreksi Penulisan U-Tapis

Pendidikan

UMN Kembangkan Prototipe Aplikasi Koreksi Penulisan U-Tapis

29 October 2020, 10:55

Universitas Multimedia Nusantara mengembangkan prototipe aplikasi koreksi penulisan dalam bahasa Indonesia bernama U-Tapis.

Acara Luring Pertama Selama Pandemi, Galeri Nasional gelar Pameran Imersif Affandi

Hobi dan Hiburan

Acara Luring Pertama Selama Pandemi, Galeri Nasional gelar Pameran Imersif Affandi

28 October 2020, 16:31

Melalui pameran itu, tidak hanya ketokohannya karya-karya Affandi yang luar biasa juga dapat menjadi inspirasi bagi banyak seniman.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Anisa 1 month lalu
    anisa

    QQHarian merupakan Situs Slot Game Online Indonesia Terbaik, Terpopuler & Terbesar. Yang di dukung berbagai PROVIDER Ternama Dan menyajikan berbagai bonus terbesar yang menanti anda. info lebih lanjut bisa buka link nya ( biolinky.co/qqharian ) atau cukup ( <a href="https://qqharian.org/" title="Link Alternatif Agen Slot Game Online Indonesia" rel="nofollow">Click Disini</a> ) guys.!!