Tinggal Bersama Ribuan Tarantula! Ini Kisah si Ratu Tarantula Asal Bandung.jpg

Hobi dan Hiburan

Tinggal Bersama Ribuan Tarantula! Ini Kisah si Ratu Tarantula Asal Bandung

Bila Anda mengetik nama The Ming Cu di Google atau YouTube maka Anda akan mengetahui siapa sosok perempuan asal Kota Bandung ini dan hobi apa yang membuat dirinya dikenal. Karena berbeda dengan perempuan seusianya yang ada di Kota Kembang atau mungkin di Indonesia, The Ming Cu memiliki hobi untuk memelihara tarantula!

Apalagi ini bukan hanya seekor, dua ekor saja tapi ia tinggal bersama ribuan arthropoda berbisa tersebut. Bahkan, The Ming Cu juga berkecimpung dalam bisnis jual-beli tarantula. Ia pun pernah terkena gigitan dari peliharaan yang memiliki tingkat bisa yang tinggi tapi hal tersebut tak melunturkan kecintaannya terhadap tarantula.

Tinggal Bersama Ribuan Tarantula! Ini Kisah si Ratu Tarantula Asal Bandung I.jpg

Di balik ribuan koleksi tarantula yang saat ini tinggal bersama The Ming Cu di rumahnya yang berada di area belakang Jalan Otista 292 No.112 Kota Bandung terdapat cerita awal mengapa ia bisa memelihara mereka. Menurutnya, ini diawali dengan ketertarikannya saat melihat laba-laba yang ada di alam liar, khususnya yang memiliki warna-warna menarik serta berbentuk unik.

Hobi ini pun mulai berkembang dengan dirinya yang gemar mengabadikan mereka melalui foto sampai membaca buku-buku tentang laba-laba. Barulah di tahun 2010, “bibit” untuk memelihara tarantula muncul di benaknya. “Satu kali ada teman di Jakarta dia nawarin mau enggak tarantula? Yaudah saya tertarik kan tarantula itu laba-laba juga. Nah waktu itu saya tertarik dengan jenis Caribena versicolor,” ungkap The Ming Cu kepada PingPoint melalui sambungan WhatsApp (5/4/2021).

[Baca Juga: Apa yang Harus Dilakukan Ketika Terkena Gigitan Ular?]

Dari sana lambat laun, koleksi tarantulanya pun bertambah dari berbagai jenis hingga angkanya pun mencapai ribuan jumlah hewannya. Di mana saat ini jumlahnya mencapai ratusan spesies yang bahkan The Ming Cu mengaku sudah enggan menghitungnya karena sudah terlalu banyak tarantula yang hidup bersamanya.

Namun tentu saja memelihara tarantula memiliki efek negatif yang bisa saja terjadi, dari mulai gatal akibat tendangan bulu spesies golongan new world sampai potensi gigitan dengan bisa yang terbilang memiliki fatalitas tinggi dari golongan old world. Aspek inilah yang pernah membayangi The Ming Cu bahkan sempat membuatnya ragu untuk kembali ke hobinya tersebut. Apalagi ia pernah tergigit hingga sekitar 16 kali oleh peliharaannya . Dari belasan gigitan itu, ada tiga yang didapat dari spesies old world, yakni Poecilotheria formosa, Coremiocnemis Sp. Riau, Lyrognathus giannisposatoi. Jenis gigitan berancun itu menyebabkan dirinya harus masuk rumah sakit.

Tinggal Bersama Ribuan Tarantula! Ini Kisah si Ratu Tarantula Asal Bandung INI YANG GIGIT DOI.jpg

“Justru pernah sampai trauma juga, dulu kan waktu awal-awal saya melihara tarantula itu, saya bukan yang termasuk takut laba-laba, tarantula. Jadi kalau pun takut cuman 10 persen gitu, bukan yang takut berlebihan. Waktu saya kena gigit itu, saya sampai kayak ada fobia sedikit tapi saya tetap harus menghadapi semuanya, tetap hobi saya harus jalan. Jadi mau enggak mau, saya megang tarantula lagi walaupun saya takut kena gigit yang ke berapa belas gitu yang kena sama Poecilotheria formosa. Jadi pulang dari rumah sakit, aduh perjuangannya itu memecahkan ketakutan,” jelasnya.

Akhirnya, The Ming Cu berupaya menghilangkan fobia dan tetap berusaha memelihara ribuan koleksinya. Lambat laun rasa takutnya pun dapat terobati dengan merawat tarantula miliknya dan hingga kini ia masih tetap mencintai hewan-hewan tersebut bahkan tak segan untuk terus menambah jumlah koleksi.


Read More

Artikel Lainnya

UTBK di ITB Capai 23.705 Orang 3.jpg

Pendidikan

Sebanyak 23.705 Orang Ikuti UTBK di Institut Teknologi Bandung

15 April 2021, 09:00

Pelaksanaan UTBK di ITB terdapat di beberapa lokasi, yakni di Kampus ITB dan di sejumlah sekolah menengah

pusdai3.jpg

Berita Kawasan

Kasus Terkonfirmasi COVID-19 Menurun, Masjid Pusdai Bandung Gelar Salat Tarawih Berjamaah

15 April 2021, 08:30

Kota Bandung menunjukan grafik menurun, sehingga beberapa Masjid besar di Kota Bandung sudah diizinkan untuk melakukan salat tarawih berjamaah.

Vaksinasi UPi 3.jpg

Kesehatan

Universitas Pendidikan Indonesia Lakukan Vaksinasi untuk Ribuan Dosen dan Tenaga Kependidikan

15 April 2021, 08:00

Sebanyak 2.000 Dosen dan Tenaga Kependidikan melakukan vaksinasi di Gymnasium UPI pada 5-7 April kemarin. Vaksinasi kali ini mayoritas diperuntukan bagi dosen dan tenaga pendidikan UPI yang berusia di bawah 60 tahun.

Dekan Psikologi Undip

Pendidikan

Prof. Dian Ratna Sawitri, Sosok di Balik Prodi Terfavorit UNDIP

14 April 2021, 06:30

Prodi paling Favorit yang banyak diminati calon mahasiswa pada SBMPTN tahun 2021 di Universitas Diponegoro adalah Prodi Psikologi. Prodi ini memiliki peminat mencapai 3.538 orang.


Comments


Please Login to leave a comment.