Tingkatkan Budaya Membaca, Bogor Buka Festival Arsip dan Literasi

Pendidikan

Tingkatkan Budaya Membaca, Bogor Buka Festival Arsip dan Literasi

Untuk meningkatkan minat baca masyarakat, Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bogor menggelar Festival Arsip dan Literasi pada 10 – 11 Desember 2019 lalu di kantor Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bogor. Kegiatan tersebut dibuka Wakil Bupati (Wabup) Bogor Iwan Setiawan.

Tingkatkan Budaya Membaca, Bogor Buka Festival Arsip dan Literasi

Iwan menyebutkan kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan indeks membaca di Bogor serta meningkatkan bukti akuntabilitas kinerja pemerintah daerah dan arsip dan perpustakaan yang merupakan hal yang wajib ditangani oleh pemerintah.

Festival Arsip dan Literasi tahun 2019 bertemakan Arsip dan Literasi Menyonsong Era 4.0. Iwan menyebutkan, upaya meningkatkan indeks membaca ini berkaitan dengan peningkatan kegemaran dan pembudayaan membaca masyarakat

[Baca Juga: Ekosistem Literasi di Jakarta Makin Subur dengan LitBeat Literaction]

Oleh karena itu, dibutuhkan peran dan tanggung jawab bersama untuk meningkatkan minat baca, mulai dari peran sebagai orang tua, masyarakat, sekolah, hingga Pemerintah, karena kegiatan membaca merupakan kegiatan belajar yang bersifat integral dari kegiatan pendidikan.

“Dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Peran pemerintah dalam upaya membangun kualitas hidup masyarakat sangat penting,” ujar Iwan.

Melansir dari bogorkab.go.id (12/12/2019) Kepala DAP Kabupaten Bogor TB Luthfie Syam menyebutkan dalam kegiatan ini juga diluncurkan pula e-Library (perpustakaan digital). Program ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat Kabupaten Bogor untuk membaca, karena semua materi perpustakaan ada dalam genggaman.

Tingkatkan Budaya Membaca, Bogor Buka Festival Arsip dan Literasi

Program tersebut dijalankan untuk menumbuhkan minat baca di luar sekolah, beliau mengharapkan anak-anak memanfaatkan waktu luangnya untuk membaca dibandingkan bermain. Luthfie menyebutkan, dalam aplikasi iBogorKab, masyarakat bisa menemukan dan membaca buku mengenai banyak hal mulai dari cara beternak hingga bercocok tanam. “Dalam aplikasi itu, ada buku-buku soal pengetahuan usaha, seperti cara beternak, bercocok tanam yang bisa dimanfaatkan masyarakat di wilayah untuk berwirausaha,” kata Luthfie.

[Baca Juga: Kegiatan Literasi di Taman Suropati Tingkatkan Minat Baca]

Luthfie menyebutkan, indeks membaca di Kabupaten hanya berkisar 52,96 pada tahun 2019 dan ditargetkan meningkat hingga 53,01 pada 2020. Bunda Literasi Kabupaten Bogor Halimatu Sadiah mengungkapkan, salah satu cara meningkatkan minat baca warga Bumi Tegar Beriman yakni menyiapkan perpustakaan keliling yang bisa mendatangi setiap kecamatan untuk mendekatkan bacaan ke masyarakat.


Read More

Artikel Lainnya

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utar a.jpg

Pendidikan

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utara

09 December 2022, 15:51

Pemkot Jakarta Utara memiliki program bernama Karedok yang pada dasarnya menggabungkan kegiatan edukatif seru untuk menguatkan literasi bagi anak-anak sekolah di wilayahnya.

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Sol o.jpg

Berita Kawasan

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Solo

09 December 2022, 13:49

Sejak awal Desember 2022, suasana perayaan Natal sudah bisa dilihat di Kota Solo dengan lampu-lampu yang menghiasi jalan bahkan dibentuk ala pohon Natal.

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaa n.jpg

Bisnis

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaan

09 December 2022, 11:46

Infinix Indonesia pada pekan ini secara resmi meluncurkan Note 12 2023 dan sudah bisa dibeli dalam momen first sale pada hari ini 9 Desember 2022.

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gem pa.jpg

Kesehatan

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gempa

08 December 2022, 15:41

Selama tiga hari, relawan dari Fakultas Keperawatan Unpad berada di lokasi posko korban gempa Cianjur untuk memberikan layanan kesehatan fisik dan mental bagi para korban.


Comments


Please Login to leave a comment.