Air Bersih.jpg

Properti dan Solusi

Tingkatkan Fasilitas Air Bersih, IPA Sitanala Mulai Dibangun

Kehidupan masyarakat urban atau perkotaan tidak bisa lepas dari permasalahan ketersediaan kebutuhan air bersih. Mengantisipasi permasalahan yang ada, Kota Tangerang melakukan pembenahan dengan memulai proses upgrading pembangunan fasilitas air bersih yang ada. Berangkat dari sana, upgrading fasilitas yang ada dimulai dengan membangun Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sitanala pada Kamis, 7 Oktober 2021, kemarin.

Proses pembangunan tersebut diinisiasi oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Kota Tangerang beserta bantuan kerja sama dari pemerintah pusat, yakni Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Banten. Pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) berskala besar ini bertujuan menciptakan fasilitas yang mampu menjamin kebutuhan air bersih dan sehat layak konsumsi bagi masyarakat Kota Tangerang. Mengingat jumlah pertumbuhan populasi yang semakin besar, ditandai munculnya pemukiman-pemukiman baru di Kota Tangerang, keberadaan Instalasi Pengolahan Air (IPA) dengan kapasitas lebih besar harus secepatnya direalisasikan.

Proses pembangunan ini sudah resmi mulai dilaksanakan. Diawali dengan kegiatan groundbreaking atau peletakan batu pertama oleh beberapa pimpinan atau perwakilan pihak terkait, pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sitanala ini akan memakan waktu kurang lebih 390 hari ke depan untuk tahap pertama, dan akan dilanjutkan proyek lanjutan untuk menambah kapasitas di tahap kedua.

UP 1.jpeg

“Pembangunan IPA Sitanala tahap satu ditargetkan selesai dalam jangka waktu 390 hari atau 13 bulan ke depan. Semoga pengerjaannya lancar tanpa hambatan. Untuk tahap satu ini, kita upayakan IPA dengan kapasitas 500 liter/detik terlebih dahulu, lalu di tahun 2023 kami akan upgrade kapasitasnya menjadi 1000 liter/detik.” Ujar Anang Muchlis, Direktur SPAM Kementerian PUPR, ketika memberikan informasi di saat proses groundbreaking atau peletakan batu pertama, Kamis, (7/10/2021).

Keberadaan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sitanala ini berada di lokasi zona dua wilayah Kota Tangerang. Mencakup lima kecamatan yang ada, yakni Karawaci, Cibodas, Jatiuwung, Periuk, dan Neglasari, nantinya akan memfasilitasi kebutuhan air bersih di 50 ribu lebih rumah-rumah yang tersambung di wilayah zona dua ini.

“Adapun jumlah sambungan rumah yang tersedia dari IPA Sitanala sebanyak 50 ribu sambungan. Dengan begitu, sebanyak 200 ribu jiwa akan terlayani oleh IPA Sitanala. Untuk ke depannya, pengolahan air di IPA Sitanala akan diserahkan (dikelola) kepada PDAM Kota Tangerang.” Lanjutnya.

UP 3.jpeg

Proyek pembangunan ini dilakukan sesuai data kebutuhan yang telah diobservasi dan dikonfirmasi sebelumnya. Menurut data yang telah diproses oleh pihak Pemkot Tangerang, total seluruh kebutuhan air bersih di wilayah zona dua Kota Tangerang dapat terjamin dengan keberadaan Instalasi Pengolahan Air (IPA) yang berkapasitas 1000 liter/detik. Oleh karenanya, Pemkot Tangerang beserta pihak-pihak terkait yang bertanggung jawab dalam proyek pembangunan ini berharap dapat berjalan secara lancar dan secepatnya mampu difungsikan untuk menjawab problematika kebutuhan air bersih yang ada di masyarakat.


Read More

IPA Sintanala Kota Tangerang

Kantor Pemerintah

None
None

Artikel Lainnya

ITB Luluskan 2.596 Wisudawan dengan Menggelar Wisuda Hybrid, Wisudawan Program Magister dan Doktor Raih IPK Tertinggi.jpg

Pendidikan

ITB Luluskan 2.596 Wisudawan dengan Menggelar Wisuda Hybrid

26 October 2021, 15:32

ITB menggelar wisuda periode Oktober Tahun Akademik 2021/2022 secara Hybrid. Pelaksanaan tersebut berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya.

Romaldi 1.jpg

Kesehatan

Ini Klinik yang Banyak Dituju Warga Bumiaji di Giripurno

26 October 2021, 15:01

Dengan biaya pemeriksaan mulai dari Rp10.000 dan selebihnya harga proses pengobatan tergantung jenis produk yang dipakai, klinik ini menjadi acuan bagi warga Bumiaji.

Grab dan ViarOK.jpg

Bisnis

Kurangi Emisi Karbon, Grab Pesan 6.000 Unit Motor Listrik VIAR

26 October 2021, 14:32

Kolaborasi yang salah satu tujuannya adalah untuk mengurangi ketergantungan akan BBM ini akan dilanjutkan dengan mempersiapkan 6.020 kendaraan listrik yang siap didistribusikan di akhir tahun 2021 di seluruh Indonesia.

rshOK2.jpg

Berita Kawasan

Pertama di Semarang! Bonbin Mangkang Akan Miliki Rumah Sakit Hewan

26 October 2021, 14:02

Rumah Sakit Hewan yang akan dibangun ini merupakan rumah sakit pertama yang ada di Kota Semarang karena belum pernah ada rumah sakit hewan di kota Atlas ini sebelumnya.


Comments


Please Login to leave a comment.