Tingkatkan Kepedulian Sungai di Jakarta, Festival Dayung Ciliwung 2022 Digelar.jpg

Berita Kawasan

Tingkatkan Kepedulian Sungai di Jakarta, Festival Dayung Ciliwung 2022 Digelar

Pada 4 Desember 2022, Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia atau PB PODSI berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam rangka menggelar Festival Dayung Ciliwung 2022. Di mana event ini juga turut diikuti Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang juga menjabat sebagai Ketua Umum PB PODSI. Festival yang mengarungi rute di atas Sungai Ciliwung ini disebut digelar dalam rangka untuk memopulerkan olahraga dayung di Ibu Kota sekaligus untuk meningkatkan kesadaran publik dalam menjaga lingkungan sungai.

Festival Dayung Ciliwung 2022 ini melibatkan 80 perahu kano yang mengarungi sungai dari area Rusun Pasar Rumput hingga ke dermaga di Stasiun BNI City. Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono terlihat ikut berdayung di perahu bersama Menteri PUPR dan ia terlihat antusias dengan aksi mengarungi Sungai Ciliwung tersebut apalagi tujuan utamanya berhubungan dengan upaya menjaga kondisi sungai di Ibu Kota itu.

Tingkatkan Kepedulian Sungai di Jakarta, Festival Dayung Ciliwung 2022 Digela r.jpg

“Di sini yang terpenting, saya imbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai. Sungai Ciliwung adalah aset milik kita, harus dijaga. Saya berharap, melalui Festival Dayung di Sungai Ciliwung dapat menyadarkan masyarakat untuk menjaga kebersihan sungai. Sungai yang bersih dapat dimanfaatkan untuk banyak kepentingan masyarakat, termasuk di dalamnya sebagai sarana olahraga dan wisata air," tutur Heru, sebagaimana dikutip dari rilis yang diunggah di laman PPID.Jakarta.go.id (4/12/2022).

Heru melanjutkan, Sungai Ciliwung sebenarnya memiliki peranan yang penting bagi DKI Jakarta. Dari mulai sebagai saksi bisu perkembangan Ibu Kota sedari dulu hingga menjadi sumber air bagi masyarakat. Kemudian di sisi lain, sungai ini berpotensi dimanfaatkan untuk olahraga dayung sehingga penting bagi semua pihak di Jakarta memeliharanya apalagi bila ditangani secara tepat, Sungai Ciliwung juga bisa menjadi bagian dari langkah penanganan banjir Ibu Kota.

[Baca Juga: Aksi Bersih-bersih & Komik Edukatif, Cara KCD Peringati Hari Ciliwung]

Selain Heru, Menteri PUPR juga antusias dengan kegiatan ini dan sangat mendukung upaya peningkatan kesadaran menjaga lingkungan Sungai Ciliwung. “Saya tadi bersama Pak Pj Gubernur menyusuri Sungai Ciliwung. Walaupun hanya 2 kilometer, tapi tujuan kami bukan untuk mempopulerkam olahraga dayung tetapi juga untuk selalu memelihara Ciliwung. Kita (juga) bersih-bersih Ciliwung supaya satu-satunya sungai yang besar melewati Jakarta bisa dipakai oleh masyarakat dan sangat bermanfaat untuk kita. (Semoga) pemeliharaan Ciliwung ini bisa menjadi barometer dalam menjaga sungai-sungai di seluruh Indonesia," tambah Basuki.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.