Meningkatkan Kualitas Kesehatan Semarang, Unwahas Bangun Rumah Sakit Pendidikan

Pendidikan

Tingkatkan Kualitas Kesehatan Semarang, Unwahas Bangun RS Pendidikan

Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang membangung rumah sakit pendidikan di kompleks kampus Fakultas Kedokteran di Gunung Pati. “Adanya rumah sakit ini menjadikan kualitas kesehatan di Kota Semarang meningkat. Pengangguran juga berkurang karena rumah sakit membuka lapangan pekerjaan. Yang paling penting masyarakat sekitar ikut mendapatkan pelayanan kesehatan,” kata Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi berdasarkan keterangan tertulis yang diterima oleh tim redaksi PingPoint.co.id, Minggu (12/9/2021).

Hendi menyoroti jumlah tenaga kesehatan di Indonesia yang masih sangat sedikit, yakni 0,4 tenaga kesehatan dari 1.000 penduduk atau dengan kata lain 4 tenaga kesehatan mengurusi 10.000 penduduk. Oleh karena itu, Hendi mengapresiasi supaya Unwahas untuk mencetak lebih banyak tenaga kesehatan dari Fakultas Kedokteran yang nantinya akan dilatih di rumah sakit tersebut. “Apa yang dilakukan Unwahas, saya sebagai tidak hanya wali kota, tetapi juga warga NU mendukung sepenuhnya dengan memberikan perizinan yang ada,” ujar Hendi.

Sementara itu, Ketua Yayasan Wahid Hasyim Semarang Prof Noor Achmad mengatakan, di tahap pertama ini disediakan lahan seluas satu hektare terlebih dahulu. Lahan itu nantinya untuk klinik sebelum dibangun rumah sakit. “Kami kembangkan klinik dulu, setelah itu mencoba memasyarakatkan ada klinik dan rumah sakit agar masyarakat tahu. Nantinya rumah sakit tidak hanya untuk pendidikan, tetapi juga masyarakat umum,” jelas Prof Noor Achmad

Prof Noor Achmad berharap rumah sakit milik Unwahas itu punya peralatan modern. Kemudian, bisa menjadi pusat informasi kesehatan. Pusat informasi kesehatan tersebut untuk melawan sebaran berita bohong atau hoax soal kesehatan, apalagi saat pandemi ini. Prof Noor Achmad menargetkan klinik selesai dibangun tahun ini sehingga di awal 2022 pembangunan rumah sakit sudah bisa dimulai. “Tenaga medis, dokter, dan fasilitas kesehatan seperti rumah sakit masih kurang. Adanya rumah sakit dan fakultas kedokteran bisa memenuhi ketimpangan rasio penduduk dan tenaga kesehatan. Literasi kesehatan dan informasi juga harus baik, tidak terbuai dan terjerumus informasi tidak benar,” ucap Prof Noor Achmad.

Meningkatkan Kualitas Kesehatan Semarang, Unwahas Bangun Rumah Sakit Pendidikan

Sedangkan pembangunan rumah sakit pendidikan Unwahas sendiri ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Wali Kota Semarang, pengurus Yayasan Wahid Hasyim Semarang (YWHS), pimpinan Unwahas, dan para kiai NU. Rumah sakit itu nantinya juga akan dinamakan RS Wahid Hasyim. Kehadiran rumah sakit tersebut merupakan bagian dari rangkaian panjang cita- cita para kiai NU di Jateng untuk memiliki berbagai fasilitas layanan pendidikan, kesehatan, dakwah, dan sebagainya yang didedikasikan untuk masyarakat.

Berdasarkan hasil penelusuran laman unwahas.ac.id jika Unwahas Semarang secara resmi membuka Fakultas Kedokteran dan menerima mahasiswa baru program studi Pendidikan Dokter dan Profesi pada tahun 2016 setelah diterimanya SK Pendirian dari Menristek Dikti RI dengan No. 127/ KPT/1/2016.

Sedangkan Rumah Sakit Pendidikan adalah rumah sakit yang mempunyai fungsi sebagai tempat pendidikan, penelitian, dan pelayanan kesehatan secara terpadu dalam bidang pendidikan kedokteran dan/ atau kedokteran gigi, pendidikan berkelanjutan, dan pendidikan kesehatan lainnya secara multiprofesi.

Meningkatkan Kualitas Kesehatan Semarang, Unwahas Bangun Rumah Sakit Pendidikan

Untuk Kota Semarang, rumah sakit pendidikan telah didirikan oleh Universitas Dipenegoro dan diberi nama Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND). RSND memiliki 19 klinik rawat jalan dan mengoperasikan 100 tempat tidur dari total 300 tempat tidur yang dimiliki. RSND melayani gawat darurat, rawat inap, ICU, klinik rawat jalan, apotek, radiologi, laboratorium, rehabilitasi medis, kateterisasi jantung, cuci darah, dan Ambulans 24 Jam.


Read More

Universitas Wahid Hasyim

Universitas Swasta

+62248505680
None

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.