Tingkatkan Literasi, Disarpus Kota Bandung Sosialisasikan e-Pustaka.jpg

Pendidikan

Tingkatkan Literasi, Disarpus Kota Bandung Sosialisasikan e-Pustaka

Disarpus atau Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Bandung terus berinovasi dan berkolaborasi secara berkelanjutan dalam meningkatkan literasi warganya. Salah satunya dengan menggandeng Kelompok Kerja Literasi Kota Bandung untuk menyosialisasikan aplikasi e-Pustaka di Aula Disarpus Kota Bandung. Kegiatan tersebut berlangsung secara hybrid yang diikuti Pokja Literasi dari 30 kecamatan dan 151 kelurahan se-Kota Bandung.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Disarpus Kota Bandung A. Maryun pada Kamis (3/6/2021). Beliau mengatakan bahwa tujuan dibuatnya layanan e-Pustaka ini agar literasi warga Kota Bandung meningkat. Hal lain dikarenakan adanya pandemi COVID-19 layanan perpustakaan Disarpus masih tutup sementara.

Tingkatkan Literasi, Disarpus Kota Bandung Sosialisasikan e-Pustaka 2.jpg

ePustaka merupakan aplikasi perpustakaan online, pemustaka dapat meminjam buku secara digital yang dapat diakses melalui ponsel pintar di mana pun dan kapan pun. Aplikasi e-Pustaka ini meningkatkan pemustaka (pengguna atau pemakai perpustakaan) mengakses buku secara digital.

Menurut A. Maryun, ketergantungan gadget pada generasi muda memang sulit untuk dihilangkan, maka dengan adanya e-Pustaka ini, diharapkan warga dapat mempergunakannya dengan baik. "Jadi ketergantungan terhadap gadget saat ini yang semakin meningkat diharapkan dapat mengarah kepada hal-hal yang positif," katanya, dikutip dari laman resmi humas.bandung.go.id pada (7/6/2021).

[Baca Juga: Dinas Arsip dan Perpustakaan Tasikmalaya Support Taman Baca Masyarakat]

Lebih lanjut A. Maryun menjelaskan bahwa dalam aplikasi tersebut terdapat beragam informasi yang akan Anda dapatkan. "Beragam informasi yang tersedia dalam koleksi buku digital (dalam e-Pustaka) diharapkan mampu memenuhi kebutuhan informasi, terutama berkaitan dengan upaya memberi atau memenuhi kebutuhan pembelajaran," tambahnya.

Perlu diketahui, pada 2020 lalu, Disarpus Kota Bandung melakukan kajian indeks baca pada masyarakat Kota Bandung. Hasilnya, 74,76 dalam artian kategori cukup dan dinilai baik. Meski begitu, peningkatan literasi masih harus terus dilakukan.

Dengan bantuan Pokja Literasi, Maryun berharap, mereka bisa menjadi alternatif melalui keberadaan para Pegiat Pokja Literasi. Yaitu dengan mendorong setiap unsur masyarakat di Kota Bandung untuk menggunakan aplikasi e-Pustaka. Semoga ke depannya tingkat literasi di Kota Bandung dapat terus meningkat. "Saya harap e-Pustaka dapat digunakan dengan optimal oleh masyarakat melalui Pokja Literasi, GPMB (Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca), serta berbagai komunitas yang ada di Kota Bandung," katanya.


Read More

Artikel Lainnya

Picu Tsunami COVID-19 Akibat Varian Virus Baru Corona B1617

Kesehatan

COVID-19 Varian Delta Sudah Masuk, Pemda Belum Bisa Bedakan Antar Varian Baru

17 June 2021, 21:09

Salah satu varian Delta yang memberi andil besar terjadinya lonjakan kasus COVID-19 di Kudus Jawa Tengah.

Rekomendasi Tempat Makan Steak di Bandung 4.jpg

Kuliner

Rekomendasi Tempat Makan Steak di Bandung

17 June 2021, 19:07

Restoran steak di Bandung tersebar di mana-mana, mulai dari yang harganya terjangkau hingga tempat yang unik.

Wisma Makara UI Resmi Jadi Lokasi Isolasii OTG di Depok .jpg

Berita Kawasan

Kasus COVID-19 di Depok Mengalami lonjakan, Wisma Makara UI Penuh

17 June 2021, 18:30

Kasus COVID-19 mengalami peningkatan signifikan yang terjadi selama kurang lebih tiga pekan terakhir.

D'Lumpang

Kuliner

Menikmati Suasana Asri dan Hawa Dingin Kota Batu di Café D’Lumpang

17 June 2021, 18:06

Berlokasi di Jalan Anjasmoro, Bumiaji, Kota Batu, Café D’Lumpang menjadi salah satu pilihan café di Kota Batu yang menawarkan pemandangan yang indah.


Comments


Please Login to leave a comment.