Tingkatkan Literasi Statistik di Kampusnya, Unpad Resmikan Fasilitas Ini.jpg

Pendidikan

Tingkatkan Literasi Statistik di Kampusnya, Unpad Resmikan Fasilitas Ini

Tak sedikit orang yang memandang data statistik dengan sebelah mata padahal bagi sivitas akademika. Contohnya adalah data di statistik yang dimunculkan nantinya dapat diolah menggunakan ilmu statistika untuk mahasiswa yang ke depannya akan membuat penelitian skripsi menggunakan metode kuantitatif. Dari sinilah mengapa Universitas Padjadjaran (Unpad) memandang perlunya penguatan literasi statistik bagi sivitas akademika di kampusnya dan ini direalisasikan melalui pendekatan dihadirkannya Pojok Statistik Unpad.

Fasilitas yang bertempat di Lantai 2 Gedung Perpustakaan Pusat Unpad Kampus Jatinangor ini disebut hasil kolaborasi antara Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan (FMIPA) Unpad dengan Badan Pusat Statistik (BPS). Peresmian Pojok Statistik Unpad digelar pada 7 September 2022 kemarin dengan Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti serta Kepala BPS RI Dr. Margo Yuwono, M.Si yang hadir untuk meresmikannya.

Tingkatkan Literasi Statistik di Kampusnya, Unpad Resmikan Fasilitas In i.jpg

Prof. Rina mengungkapkan, Pojok Statistik ini pada dasarnya menjadi bagian dari upaya Unpad untuk melatih sivitas akademikanya agar dapat menggunakan data secara benar serta akurat. Dari tujuan inilah mengapa Pojok Statistik Unpad memberikan layanan promosi terkait statistik, konsultasi statistik, edukasi statistik, hingga ruang baca. Menurut Rektor Unpad, fasilitas hasil kolaborasi dengan BPS ini menyimpan harapan dalam menjawab tantangan yang ada di perguruan tinggi negeri itu terkait statistik.

[Baca Juga: Unpad Hadirkan Program MOOC untuk Perluas Akses Pendidikan]

“Tantangannya di Pojok Statistik adalah bagaimana memberikan juga konsultasi membaca, mengolah, dan membunyikan data. Jadi Pojok Statistik tidak hanya menyediakan data, tetapi sekaligus hadir di sana nanti konsultan atau pun teman-teman dari Program Studi Statistik, dosen dan mahasiswa yang akan membantu kita semua memaknai data itu sendiri,” ungkapnya, sebagaimana dikutip dari Unpad.ac.id (7/9/2022). Di sisi lain, Prof. Rina menyebut, Pojok Statistik juga dipandang dapat turut berperan dalam pengembangan multidisiplin, khususnya terkait data, teknologi, serta literasi manusia.

Kepala BPS RI menyebut, Pojok Statistik ini menjadi yang perdana di wilayah Jawa Barat yang diharapkan dapat membantu perkembangan berbagai penelitian di Unpad. Margo menambahkan, ke depannya fasilitas ini juga nantinya akan dibangun di sejumlah perguruan tinggi lainnya.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.