Tingkatkan Minat Baca, Pemkot Tangerang Gelar Lomba Bertutur

Pendidikan

Tingkatkan Minat Baca, Pemkot Tangerang Gelar Lomba Bertutur

Membaca sebagai jendela peradaban dunia perlu ditanamkan pada anak-anak sejak dini. Budaya membaca perlu didukung oleh pemerintah sehingga mampu menciptakan SDM yang unggul di masa yang akan datang. Salah satu cara untuk menumbuhkan minta tersebut dilakukan oleh Pemerintah Kota Tangerang dengan mengadakan lomba bertutur pada Senin, 15 November 2021.

Pada acara tersebut, Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Tangerang menggelar Lomba Bertutur Tingkat Nasional jenjang SD/MI dan SLTP/MTS yang bertajuk Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Melalui Lomba Bertutur, Semangat Budaya dan Kepahlawanan.

Acara itu juga dihadiri Wali Kota Tangerang H. Arief R. Wismansyah sekaligus membuka acara Lomba Bertutur. Beliau didampingi oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tangerang Meita Bachraeni yang diselenggarakan secara daring dan luring bertempat di Ruang Al - Amanah Pusat Pemerintahan Kota Tangerang.

Tingkatkan Minat Baca, Pemkot Tangerang Gelar Lomba Bertutur

Pada kesempatan itu, Wali Kota Tangerang Arief menyampaikan bahwa bertutur adalah hal yang dianggap mudah tapi sulit dilakukan. "Bertutur ini harus terus dilatih dan harus terus kita kembangkan, apalagi kita semua sebagai masyarakat sosial penting dalam berkomunikasi yang baik," ujar Arief seperti diberitakan tangerangkota.go.id (15/11/2021).

Bukan hanya meningkatkan minat baca, Arif juga mengatakan bahwa pagelaran lomba ini Lebih sekaligus memperingati Hari Pahlawan yang bertujuan supaya anak-anak sebagai generasi penerus bangsa yang akan datang bisa menghargai dan mengingat jasa-jasa pahlawan

"Bukan hanya mengenal Pahlawan Nasional saja tapi juga para pejuang yang ada di Kota Tangerang dan Provinsi Banten, mudah - mudahan dengan membaca dan mengenal sejarah para pejuang kita bisa semakin menumbuhkan kecintaan terhadap Indonesia," ungkap Arief.

[Baca Juga: Wisata yang Mendidik, Wisata Kampung Dongeng Indonesia]

Ia juga menyampaikan harapannya supaya anak-anak dapat terus melatih diri dengan bertutur yang baik dan yang terpenting menumbuhkan semangat membaca.

"Semoga kegiatan ini bisa memotivasi pelajar - pelajar yang ada di Kota Tangerang untuk bisa membangun silaturahmi dengan pelajar - pelajar yang berada di Kabupaten/Kota di Indonesia dan memiliki standar kualitas membaca dan bertutur," harap Wali Kota Tangerang

Pada kesempatan yang sama pula, Meita Bachraeni, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tangerang mengatakan jika Lomba Bertutur Nasional Tahun 2021 sudah dimulai sejak 22 Oktober 2021, yang diikuti oleh tujuh Provinsi yaitu Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Yogyakarta dengan total 104 pelajar perwakilan.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.