Geliatkan Minat Muridnya di Bidang AI, SIT Nurul Fikri Gandeng AiCI FMIPA UI.jpg

Pendidikan

Tingkatkan Minat di Bidang AI, SIT Nurul Fikri Gandeng AiCI FMIPA UI

Dengan semakin majunya perkembangan teknologi dan informasi maka kebutuhan generasi muda dengan keterampilan di bidang ini semakin meningkat apalagi jelang industri 4.0. Di mana salah satu bidang yang masuk ke dalam cakupan ini adalah kecerdasan buatan alias Artificial Intelligence atau AI. Dalam mempersiapkan para siswa-siswinya menghadapi era ini maka Sekolah Islam Terpadu (SIT) Nurul Fikri baru-baru sepakat menandatangani kerjasama dengan lembaga Artificial Intelligence Center Indonesia (AiCI) yang berada di bawah naungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (FMIPA UI).

Sekadar informasi, AiCI merupakan lembaga yang fokus sebagai pusat pembelajaran, penelitian, dan konsultasi di bidang kecerdasan buatan. Di mana lembaga ini hadir atas kerjasama FMIPA UI dengan venture builder UMG Idealab. Penandatanganan kerjasama antara AiCI FMIPA UI dengan SIT Nurul Fikri digelar pada 28 September 2021 di Gedung Laboratoium Riset Multidisiplin FMIPA UI-PT Pertamina di Kampus UI Depok.

Geliatkan Minat Muridnya di Bidang AI, SIT Nurul Fikri Gandeng AiCI FMIPA UI .jpg

Kolaborasi in disebut ditargetkan untuk meningkatkan kompetisi siswa-siswi di tingkat Sekolah Dasar Islam Terpadu, Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu, dan Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu di SIT Nurul Fikri. Sebelum mencapai tahap ini, kolaborasi antara AiCI FMIPA UI dan SIT Nurul Fikri sudah dimulai sejak tahun 2020, namun sempat tertunda akibat pandemi COVID-19.

“Setelah itu berlanjut dengan penandatanganan MoU antara Direktur AiCI, Dr. Djati Handoko dan Rahmat Syehani, M.Pd selaku Ketua Bidang Pendidikan YPPU Nurul Fikri pada tanggal 10 Maret 2021. Setelah itu dilanjutkan pada tanggal 6 Juli 2021 dengan kegiatan Webinar tentang pembelajaran AI dan Computational Thinking, kegiatan ini melibatkan guru-guru Nurul Fikri dari semua unit sekolah,”tutur Wakil Direktur AiCI Baiq Hana Susanti, sebagaimana dikutip dari rilis yang diterima PingPoint.co.id (28/9/2021).

[Baca Juga: Tingkatkan Kemampuan Deteksi COVID-19, Kecerdasan Buatan GeNose Diperbarui]

“Dari evaluasi kegiatan ini terlihat bahwa respon guru-guru dan pihak yayasan Nurul Fikri sangat baik. Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan site visit dari pihak Yayasan Nurul Fikri dan Kepala Unit serta perwakilan komite SIT Nurul Fikri ke AiCI pada hari Senin 13 September 2021, setelah PPKM di wilayah Depok turun ke level 3,” sambungnya.

Dari sisi implementasi kolaborasi ini adalah pihak AiCI membantu SIT Nurul Fikri dalam penyusunan kurikulum serta program pembelajaran mengenai AI. Kemudian lembaga di bawah naungan FMIPA UI itu juga turut membimbing dan memberikan pelatihan kepada para siswa demi memperkuat minat mereka di bidang kecerdasan buatan bahkan termasuk memandu para murid SIT Nurul Fikri mengikuti kegiatan yang berhubungan dengan AI, baik di dalam dan luar negeri.


Read More

SIT Nurul Fikri

Sekolah Islam Terpadu

https://sdit.nurulfikri.sch.id/
None

Artikel Lainnya

Sambut Momen Akhir Tahun, realme Gelar Promo Golden Carnival.jpg

Bisnis

realme Gelar Promo Golden Carnival di Momen Akhir Tahun 2022

30 November 2022, 14:25

Dalam rangka mendekatkan diri dengan realme Fans, realme akan menggelar promo serta event dengan tema Let It Gold dalam rangka menyambut momen akhir tahun 2022.

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery.jpg

Bisnis

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery

30 November 2022, 14:24

Dalam rangka mendukung UMKM di ranah budidaya ikan, Amartha bekerjasama dengan perusahaan eFishery untuk membantu memberikan akses peminjaman modal usaha.

Cianjur Berduka, Dari Donasi Hingga Terus Bergerak di Lapangan Dilakukan Relawan Unpa d.jpg

Pendidikan

Cianjur Berduka, Donasi dan Bantuan Terus Berdatangan dari Relawan Unpad

30 November 2022, 11:22

Sejak H+1 gempa cianjur hingga saat ini, para relawan Unpad terus bergerak demi membantu korban bencana alam tersebut.

Selain One Republic, Dean Lewis dan Padi Reborn Siap Manggung di WUF 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Selain OneRepublic, Dean Lewis dan Padi Reborn Siap Manggung di WUF 2023

29 November 2022, 15:46

Setelah mengumumkan OneRepublic dan Man With A Mission di line up pertama WUF 2023, penyelenggara kembali mengumumkan para musisi di line up fase kedua di konser yang akan digelar pada akhir Februari 2023 nanti.


Comments


Please Login to leave a comment.