Tingkatkan Sektor Pertanian Tangsel, Disperindag Awasi Distributor Pupuk

Berita Kawasan

Tingkatkan Pertanian Tangsel, Disperindag Awasi Distributor Pupuk

Kota Tangerang Selatan memiliki kepadatan penduduk yang tinggi. Oleh karena itu, pembangunan dalam sektor pertanian di kota tersebut juga memiliki hambatan. Pada umumnya, pertanian kota melakukan kegiatan budidaya, pengolahan, serta distribusi tanaman pangan dan non-pangan.

Dalam meningkatkan pertanian di Kota Tangerang Selatan, untuk itulah peran utama Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel) dibutuhkan untuk membantu pendanaan, meningkatkan sumber daya manusia, menyediakan sarana dan prasarana warganya. Seperti halnya dengan ketersediaan pupuk dan pestisida dalam mendukung peningkatan pertanian di Tangsel sangat penting. Terlebih, pengembangan pertanian di Tangsel dapat mewujudkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat kota tersebut.

Tingkatkan Sektor Pertanian Tangsel, Disperindag Awasi Distributor Pupuk

Dalam mewujudkan hal itu, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tangsel melakukan sosialisasi pengawasan penyebaran pupuk bersubsidi di Kota Tangsel yang dilakukan di Aula lantai 3A Gedung 1 Puspemkot Tangsel, Ciputat, Rabu pada 10 Juli 2019.

Melansir laman berita.tangerangselatankota.go.id (11/07/2019). Kepala Bidang Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Disperindag Tangsel R Gunara Wubiksana mengungkapkan, sosialisasi ini dilakukan kepada para petani, pengecer pupuk yang ada di Tangsel. “Pengawasan penyebaran pupuk bersubsidi di Tangsel harus dilakukan oleh semua pihak, termasuk penyuluh pertanian. Jika penyaluran pupuk bersubsidi berjalan sesuai dengan prosedur, masalah pupuk bagi petani tidak akan terjadi,” ungkapnya.

[Baca Juga: Dunia Internasional Apresiasi Pertanian Perkotaan di Jakarta]

Pengembangan pertanian di Kota Tangsel demi mewujudkan peningkatan kesejahteraan warganya, program dan kegiatan yang telah berjalan perlu ditingkatkan.

Menurut Gunara, sosialisasi tersebut untuk menyampaikan kebijakan pemerintah tentang pupuk, selama ini pupuk bersubsidi di Tangsel sebanyak 10 ton namun yang terealisasi hanya 1 ton. “Untuk itu pihaknya ingin mengetahui masalah yang dihadapi dalam penyebaran pupuk bersubsidi ini,” singkatnya.

[Baca Juga: Puluhan Kedai di Kota Tangerang Ikut Program Sedekah Ampas Kopi]

Kepala Seksi Pupuk Pestisida Provinsi Banten Nurdin, menjelaskan, penyaluran pupuk bersubsidi kepada para petani yang disalurkan distributor harus mendapat pengawasan, agar penyalurannya tepat sasaran. “Kebutuhan pupuk di Tangsel tinggi, namun apakah petani di Tangsel sudah tidak butuh pupuk bersubsidi atau jarak pengambilan terlalu jauh, sehingga ini perlu dievaluasi, dikarenakan masih banyak sisa yang tidak dimanfaatkan oleh petani Tangsel,” ungkapnya.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.