Tinjau Persiapan Pembelajaran Tatap Muka di Solo, Ini Pesan Ganjar Kepada Gibr an.jpg

Pendidikan

Tinjau Persiapan Pembelajaran Tatap Muka di Solo, Ini Pesan Ganjar Kepada Gibran

Jika sesuai rencana, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah akan memulai melakukan uji coba metode Pembelajaran Tatap Muka atau PTM di wilayahnya pada 5 April 2021 secara serentak. Oleh karena itulah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kerap mengunjungi wilayah di Jawa Tengah yang tengah melakukan persiapan PTM untuk melihat bagaimana pelaksanaannya sekaligus memastikan bahwa guru serta siswa aman dari potensi penyebaran COVID-19. Salah satu yang baru-baru ini dikunjungi Ganjar adalah Kota Solo dan ia memiliki pesan kepada Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka terkait hal ini.

Kunjungan orang nomor satu di Jawa Tengah ini digelar pada 29 Maret 2021 dan sekolah yang ditinjau pada awal pekan ini tersebut adalah SMAN 1 dan MAN 1 Surakarta. Saat berada di lokasi, Ganjar berkeliling guna memastikan persiapan sarana dan prasarana di kedua sekolah tersebut memang sesuai dengan Standar Operasional Prosedur atau SOP di masa pandemi COVID-19. Aspek yang masuk ke dalam SOP ini adalah dari mulai siswa berangkat menuju sekolah, saat berada di kelas, serta sampai mereka pulang dari sekolah.

Setelah memastikan SOP-nya, Gubernur Jawa Tengah juga melihat bagaimana persiapan guru dan tenaga pendidik di sekolah. Karena menurutnya, aspek keberhasilan menggelar sekolah tatap muka saat pandemi COVID-19 sebenarnya tergantung kepada pemerintah daerah, dalam hal ini adalah Pemerintah Kota Solo, dan pihak sekolah sendiri.

Tinjau Persiapan Pembelajaran Tatap Muka di Solo, Ini Pesan Ganjar Kepada Gibran.jpg

Dalam peninjauan itu, ia juga melihat langsung simulasi sistem pembelajaran kelas di masa pandemi COVID-19 yang harus dilengkapi dengan kepatuhan protokol kesehatan. Oleh karena itulah, Ganjar pun menitipkan pesan kepada Wali Kota Solo agar tetap tegas untuk memastikan protokol kesehatan dipatuhi serta terus melakukan simulasi sebagai langkah persiapan PTM.

“Yang penting itu praktiknya. Maka saya katakan ini butuh latihan. Kalau latihan, agak galak sedikit tidak apa-apa. Saya titip ke pak Wali Kota Surakarta agar mengawasi. Wali kota bisa masuk ke kiri, kanan, dan ke semua sekolah. Saya minta tegas saja, kalau tidak nanti tidak disiplin,” pesan Ganjar kepada Gibran, sebagaimana dikutip dari humas.jatengprov.go.id (29/3/2021).

Dari sisi Wali Kota Solo sendiri, dirinya menyampaikan telah berkoordinasi dengan pihak sekolah yang mengadakan metode pembelajaran tatap muka dalam penyusunan SOP. Salah satunya adalah terkait pulang-pergi siswa. Di mana orangtua wajib untuk mengantar dan menjemput kembali putra-putrinya jika mereka mengizinkan anaknya untuk mengikuti PTM.

[Baca Juga: Singgung Mutasi Baru COVID-19, Ganjar Minta Warga Jateng Tetap Tenang]

Selain SOP untuk siswa dan orangtua, guru serta tenaga pendidik turut disorot dalam hal ini. Karena dalam peninjauan pada awal pekan ini tersebut, ada pemandangan yang membuat Ganjar dan Gibran agak gusar saat berada di SMAN 1 Surakarta, yaitu adanya guru yang yang berbicara tanpa menjaga jarak serta tak menggunakan masker. “Nanti ada SOP-nya. Kalau ada yang melanggar, nanti kami tegur. Pokoknya nanti waktu sudah jalan, semuanya harus mematuhi SOP yang ada,” tambah Wali Kota Solo itu.


Read More

Artikel Lainnya

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan.jpg

Hobi dan Hiburan

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan

08 August 2022, 17:15

Tak hanya para seniman serta band konvensional atau yang sudah memiliki nama saja yang diundang Pemko Medan ke Beranda Kreatif Medan, ternyata musisi jalanan juga turut digandeng.

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga.jpg

Hobi dan Hiburan

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga

08 August 2022, 14:14

Mengenang wafatnya senimaan kenamaan di arean Jalan Braga Kota Bandung, pameran Pulau Emas digelar di Galeri Seni Ropih.

Produk Jakpreneur Diboyong ke Pujafest 2022 di Candi Prambanan.jpg

Bisnis

Produk Jakpreneur Diboyong ke Pujafest 2022 di Candi Prambanan

08 August 2022, 11:12

: Dalam upaya membantu pemasaran produk wirausaha di wilayahnya, Pemprov DKI Jakarta baru-baru ini mengikutsertakan produk Jakpreneur di event Pujafest 2022 di Candi Prambanan.

Gratis! Pameran Filateli Internasional Digelar di Jiexpo Kemayoran Hingga 9 Agustus 202 2.jpg

Hobi dan Hiburan

Gratis! Pameran Filateli Internasional Digelar di Jiexpo Kemayoran

05 August 2022, 17:28

Pameran sekaligus kompetisi filateli tingkat internasional saat ini tengah digelar di Jiexpo Kemayoran dan bisa Anda kunjungi tanpa biaya sepeser pun.


Comments


Please Login to leave a comment.