Tips Agar Kebiasaan Ngemil Tidak Bikin Berat Badan Naik

Kesehatan

Tips Agar Kebiasaan Ngemil Tidak Bikin Berat Badan Naik

Bagi Anda yang sangat menjaga penampilan dan bentuk tubuh, kenaikan berat badan tentunya menjadi hal yang sangat menyebalkan. Selain dapat merusak penampilan, kenaikan berat badan dapat membuat seseorang merasa tidak nyaman terhadap penampilannya sendiri. Jika Anda termasuk orang yang sangat tidak percaya diri dengan masalah berat badan tapi tidak bisa menghilangkan kebiasaan ngemil malam hari, kali ini PingPoint.co.id akan memberikan sedikit tips makan malam aman yang bisa Anda coba.

[Baca Juga: 5 Camilan Sehat Saat Lapar di Tengah Malam]

Tips Agar Kebiasaan Nyemil Tidak Bikin Berat Badan Naik

1) Latih Kadar Asupan dengan Skala Lapar

Anda bisa mengetahui berapa jumlah makanan yang harus dikonsumsi ketika lapar dengan mengevaluasi rasa lapar secara mudah. Apa itu skala lapar? Skala lapar merupakan perasaan kepuasan yang bisa diatasi dengan mengonsumsi sesuatu. Ketika Anda memakan sesuatu disaat lapar, maka skala kepuasan lapar Anda akan meningkat hingga terpenuhi. Namun kebiasaan makan hingga kekenyangan menjadi salah satu masalah yang dapat menyebabkan berat badan naik.

Dengan demikian, Anda bisa menggunakan skala lapar untuk menahan asupan makanan yang berlebih. Caranya, Anda cukup rasanya perasaan Anda setelah beberapa gigitan atau suapan makanan yang Anda konsumsi. Jika pada beberapa suapan tersebut rasa lapar Anda sudah berkurang atau hilang, maka Anda bisa menghentikan makan.

2) Mengkonsumsi Camilan Berprotein dan Berserat

Melansir dari foodlab.com, beberapa penelitian menyatakan bahwa makanan dengan protein dan serat yang tinggi dapat menimbulkan rasa kenyang yang lebih besar dibanding dengan jenis makanan lain. Ketika Anda mengkonsumsi asupan makanan yang mengandung serat dan protein, maka ada kemungkinan besar tubuh Anda menjadi tidak mudah lapar.

Dengan kata lain, dengan mengkonsumsi makanan berprotein dan berserat, Anda memiliki rentang waktu tidak makan yang lebih panjang dari biasanya, sehingga asupan makan pun dapat berkurang. Adapun jenis makanan yang memiliki protein serta serat yang tinggi antara lain seperti sepotong coklat, keju, segenggam kacang, pisang, selai kacang hingga camilan-camilan yang mengandung gandum.

3) Perhatikan Kebiasaan Ngemil di Malam Hari

Makan camilan favorit di malam hari sambil menonton film kesukaan atau bermain media sosial sebelum tidur memang sangat menyenangkan. Apalagi jika camilan yang santap adalah camilan manis seperti martabak atau coklat. Namun, kebiasaan ini tentunya dapat menjadi pemicu obesitas. Salah satu cara yang paling sederhana untuk menahan kebiasaan ini adalah dengan bijak terhadap asupan. Kembali ke poin pertama, cobalah untuk menakar jumlah asupan camilan agar kadar asupan tidak berlebihan.

[Baca Juga: Pengganti Diet, Ini Cara Turunkan Berat Badan untuk Resolusi Tahun Baru]

Kebiasaan makan makanan kecil atau ngemil mungkin berpotensi menaikkan berat badan. Namun, masalah tersebut tentunya dapat diatasi dengan pola ngemil yang tepat. Tertarik untuk mencobanya, Pointers?


Read More

Artikel Lainnya

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.


Comments


Please Login to leave a comment.