Tips Agar Kebiasaan Ngemil Tidak Bikin Berat Badan Naik

Kesehatan

Tips Agar Kebiasaan Ngemil Tidak Bikin Berat Badan Naik

Bagi Anda yang sangat menjaga penampilan dan bentuk tubuh, kenaikan berat badan tentunya menjadi hal yang sangat menyebalkan. Selain dapat merusak penampilan, kenaikan berat badan dapat membuat seseorang merasa tidak nyaman terhadap penampilannya sendiri. Jika Anda termasuk orang yang sangat tidak percaya diri dengan masalah berat badan tapi tidak bisa menghilangkan kebiasaan ngemil malam hari, kali ini PingPoint.co.id akan memberikan sedikit tips makan malam aman yang bisa Anda coba.

[Baca Juga: 5 Camilan Sehat Saat Lapar di Tengah Malam]

Tips Agar Kebiasaan Nyemil Tidak Bikin Berat Badan Naik

1) Latih Kadar Asupan dengan Skala Lapar

Anda bisa mengetahui berapa jumlah makanan yang harus dikonsumsi ketika lapar dengan mengevaluasi rasa lapar secara mudah. Apa itu skala lapar? Skala lapar merupakan perasaan kepuasan yang bisa diatasi dengan mengonsumsi sesuatu. Ketika Anda memakan sesuatu disaat lapar, maka skala kepuasan lapar Anda akan meningkat hingga terpenuhi. Namun kebiasaan makan hingga kekenyangan menjadi salah satu masalah yang dapat menyebabkan berat badan naik.

Dengan demikian, Anda bisa menggunakan skala lapar untuk menahan asupan makanan yang berlebih. Caranya, Anda cukup rasanya perasaan Anda setelah beberapa gigitan atau suapan makanan yang Anda konsumsi. Jika pada beberapa suapan tersebut rasa lapar Anda sudah berkurang atau hilang, maka Anda bisa menghentikan makan.

2) Mengkonsumsi Camilan Berprotein dan Berserat

Melansir dari foodlab.com, beberapa penelitian menyatakan bahwa makanan dengan protein dan serat yang tinggi dapat menimbulkan rasa kenyang yang lebih besar dibanding dengan jenis makanan lain. Ketika Anda mengkonsumsi asupan makanan yang mengandung serat dan protein, maka ada kemungkinan besar tubuh Anda menjadi tidak mudah lapar.

Dengan kata lain, dengan mengkonsumsi makanan berprotein dan berserat, Anda memiliki rentang waktu tidak makan yang lebih panjang dari biasanya, sehingga asupan makan pun dapat berkurang. Adapun jenis makanan yang memiliki protein serta serat yang tinggi antara lain seperti sepotong coklat, keju, segenggam kacang, pisang, selai kacang hingga camilan-camilan yang mengandung gandum.

3) Perhatikan Kebiasaan Ngemil di Malam Hari

Makan camilan favorit di malam hari sambil menonton film kesukaan atau bermain media sosial sebelum tidur memang sangat menyenangkan. Apalagi jika camilan yang santap adalah camilan manis seperti martabak atau coklat. Namun, kebiasaan ini tentunya dapat menjadi pemicu obesitas. Salah satu cara yang paling sederhana untuk menahan kebiasaan ini adalah dengan bijak terhadap asupan. Kembali ke poin pertama, cobalah untuk menakar jumlah asupan camilan agar kadar asupan tidak berlebihan.

[Baca Juga: Pengganti Diet, Ini Cara Turunkan Berat Badan untuk Resolusi Tahun Baru]

Kebiasaan makan makanan kecil atau ngemil mungkin berpotensi menaikkan berat badan. Namun, masalah tersebut tentunya dapat diatasi dengan pola ngemil yang tepat. Tertarik untuk mencobanya, Pointers?


Read More

Artikel Lainnya

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YP K.jpg

Pendidikan

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YPK

24 June 2022, 16:06

Bertajuk Archipelago, puluhan karya seni dari mahasiswa ISBI dipamerkan di Galeri YPK Kota Bandung hingga 30 Juni 2022.

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif.jpg

Bisnis

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif

24 June 2022, 14:04

Dengan brand Newhun, warga di Kota Bandung berhasil mengolah limbah sampah plastik bisa menjadi produk jam tangan.

Terintegrasi dari MRT Hingga Ojol di Ibu Kota, Masyarakah Diajak Unduh Apps JakLingk o.jpg

Berita Kawasan

MRT Hingga Ojol Ibu Kota Terintegrasi, Warga Diajak Unduh Apps JakLingko

24 June 2022, 11:02

Pemprov DKI mengajak masyarakat Ibu Kota mengunduh apps JakLinko guna mempermudah serta menghemat waktu untuk memanfaatkan berbagai transportasi di Jakarta bahkan termasuk mendapatkan tiket malam puncak HUT Jakarta ke-495.


Comments


Please Login to leave a comment.