Tips Aman Belanja Bahan Makanan saat Pandemi COVID-19

Properti dan Solusi

Tips Aman Belanja Bahan Makanan saat Pandemi COVID-19

Selama pandemi COVID-19, orang-orang lebih peduli dengan kesehatannya. Caranya, dengan berupaya mengikuti protokol perlindungan dan pedoman kesehatan agar terhindar dari penularan Virus Corona. Anda pun mungkin lebih memilih untuk tetap tinggal di rumah. Namun, untuk mendapatkan kebutuhan sehari-hari, Anda perlu ke luar rumah untuk belanja bahan makanan.

Anda tidak perlu khawatir, ada tips aman saat Anda belanja bahan makanan saat wabah COVID-19, dilansir dari goodhousekeeping.com (13/04/2020).

Tips Aman Belanja Bahan Makanan saat Pandemi COVID-19

1) Belanja Online: Taruh Kantong Belanja di Luar Pintu Rumah

Beritahu ke pengantar belanjaan Anda, entah dari ojol atau ojek online maupun kurirnya langsung untuk menaruh kantong belanjaan Anda di luar pintu rumah. Menjaga jarak perlu dilakukan saat seseorang datang ke rumah Anda termasuk dalam hal ini seorang kurir belanja online Anda. Tidak menutup kemungkinan, Anda atau kurir tersebut terinfeksi COVID-19. Karena kita tidak pernah tahu, apakah carrier atau tidak.

[Baca Juga: Antisipasi COVID-19, Pemprov DKI Fasilitasi Warga Belanja Pangan Online]

Bila Anda ingin memberikan uang tip, sebaiknya berikan lewat nontunai saja. Dan, pastikan Anda mencuci tangan setelah membuka kantong belanjaan. Selain itu, jangan lupa untuk mencuci tangan dengan air dan sabun selama 20 detik. Walaupun para peneliti mengatakan risiko tertular virus dari permukaan yang terkontaminasi, seperti tas belanja dan kemasan itu kecil, tapi tidak salahnya untuk mencuci tangan setelah membuka kantong belanjaan bukan?

Tips Aman Belanja Bahan Makanan saat Pandemi COVID-19

2) Jangan Lupa Pakai Masker

Bila Anda datang ke supermarket, sebaiknya pilih waktu yang tidak terlalu ramai orang berkunjung. Karena Virus Corona dapat dengan mudah tertular melalui kontak dekat dengan orang lain. Salah satu cara efektif untuk menghindari penularan virus, yaitu menerapkan jaga jarak dengan orang lain. Namun, bila Anda terjebak dengan banyaknya orang di supermarket, segeralah cari yang Anda butuhkan dan lekas pulang.

[Baca Juga: DIY Masker: Bahan-bahan Ini Efektif Cegah Penyebaran Virus Corona]

Jangan lupa untuk selalu mengenakan masker bila ke luar rumah. Bila tidak ada masker medis, masker dari bahan kain juga bisa digunakan. Bawalah hand sanitizer untuk membersihkan tangan setelah memegang troli atau keluar dari supermarket. Menggunakan sarung tangan tidak efektif, justru sarung tangan yang Anda pakai, bila tersentuh dengan barang terkontaminasi, mudah mencemari barang yang lainnya. Hindari menyentuh wajah, mata, dan hidung saat di supermarket.

Tips Aman Belanja Bahan Makanan saat Pandemi COVID-19

3) Disinfektan Semua Barang Belanjaan

Anda bisa membersihkan semua kemasan barang belanjaan Anda dengan disinfektan. Anda bisa membuatkan sendiri dengan mencampurkan pemutih dan air. Bersihkan semua kemasan makanan yang baru Anda beli dengan disinfektan biarkan selama 1 menit hingga kering.

Itulah tips aman belanja yang bisa Anda terapkan selama pandemi COVID-19. Sangat penting untuk tidak ke luar rumah agar dapat menghentikan penyebaran Virus Corona ini. Pergilah belanja bila benar-benar perlu dan mendesak saja.


Read More

Artikel Lainnya

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Sasaputri 2 years, 9 months lalu
    sasaputri

    Jangan lewatkan kesempatan menjadi Milyarder ! Caranya sangat mudah, hanya bergabung di poker165.co dengan TCoin Atau ikuti babak kualifikasi untuk memenangkan tiketnya 😎 Untuk info lebih lanjut kunjungi roadto1billion.com